Wednesday, November 29, 2017

PROSES BERMAIN DAN LAGU YANG DAPAT DIGUNAKAN PADA KELOMPOK PAUD


TUJUAN :
MEMBERIKAN RANGSANGAN KEPADA ANAK DIDIK AGAR KECERDASAN JAMAKNYA BERKEMBANG OPTIMAL  BAAIK SECARA INTELEKTUAL, EMOSIONAL, DAN SPIRITUAL SEHINGGA DAPAT DIHARAPKAN MENJADI INSAN INDONESIA YANG CERDAS KOMPREHENSIF DAN KOMPETITIF.
LANGKAH PERTAMA
PENDIDIK TELAH MERENCANAKAN DAN MENATA LINGKUNGAN H-1 DAN SEBELUM ANAK DATANG
BERAPA TEMPAT MAIN ? MINIMAL SETENGAH JUMLAH ANAK PLUS SATU. UNTUK ANAK 10, ADA MINIMAL (½ X 10) + 1 = 6 TEMPAT MAIN.
SAAT ANAK KITA DATANG - SAMBUT ANAK DENGAN 5 S : SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN.
BERMAIN DI HALAMAN JELANG MASUK RUANGAN :
-          VARIASI SETIAP HARI DG BERBARIS, BERMAIN LINGKARAN, BERMAIN FANTASI
-          CONTOH MAIN FANTASI BERJALAN-JALAN DI PEMATANG SAWAH DG LAGU, A.L.
o   ORAY-ORAYAN
o   HAYU URANG JALAN-JALAN
Hayu urang jalan-jalan
Mapai sawah jeung galengan
Tuh tingali hey, aya buruy ngojai
Duh lucu . . . ku gubay geboy
Hayu urang jalan-jalan
Mapai sawah jeung galengan
Tuh tingali hey, lobaa keongna
Eta the, tutut namina.
Dst sesuai imajinasi anak, dimana aaak  diajak jalan-jalan.
o   SAKADANG BURUY, DLL.
Sakadang buruy, di sisi walungan
Kokojaian. gubay geboy – gubay, geboy
Bijil suku tukang, bijil suku harep
Lila lila jadi bangkong
Gubay geboy, gubay geboy
Gubay geboy . . . , sakadang buruy
Bijil suku tukang, bijil suku harep
Lila lila jadi bangkong

SEBAGAI sarana stimulasi kecerdasan jamak, pendidik mengajak anak berimaginasi dengan aneka lagu dan gerakan yang menyenangkan.
Sebelum masuk kelas, pendidik mengajak anak antri ke kamar mandi,  bersihkan tangan, dan pipis. Dilanjutkan masuk kelas dan minum.

 LANGKAH KEDUA
SEBELUM BERMAIN
MASUK KELAS DG LINGKUNGAN YANG TELAH DISIAPKAN ANEKA TEMPAT MAIN BERBEDA. DENSITAS/RAGAM MAIN ½ JUMLAH ANAK + 1 ,
SAAT LINGKARAN – LK 15 MENIT : SUASANA SANTAI, DUDUK DI LANTAI DALAM LINGKARAN YG DAPAT SALING BERTATAP PANDANG.
MEMANGGIL ANAK UNTUK BERKUMPUL DI LINGKARAN DG LAGU :
Marilah kawan kemari
Duduk di sini sambil bernyanyi
Tra la la la la, tri li li, tri li li
Semua riang berseri.
Badan sehat, kuat, hati gembira
Badan sehat kuat, cerdas ceria
Anak usia dini : SEHAT, CERDAS, CERIA, BERAKHLAK MULIA . .

KEGIATAN DALAM/SAAT LINGKARAN (CIRCLE TIME):
-          ANAK DIAJAK BERGILIRAN MEMIMPIN DOA – lk 2 menit
-          PENDIDIK MENGINFORMASIKAN TATA ACARA HARI INI DG BEBERAPA KOSA KATA 3 – 4”
-          PENDIDIK BERCERITA PETIKAN INTI TEMA/SUB TEMA – 5-7”
-          PENDIDIK MENDEMONSTRASIKAN 1 KEGIATAN INTISARI YANG MENARIK.2-4’
o   MIS. Anak-anak diajak melihat bagaimana warna-warna dasar di”sulap” campur menjadi warna warni yang insah. Puji syukur, alhamdulillah. Kita telah diberi kepandaian MENEMUKAN WARNA BARU.
-          PENDIDIK MENAWARKAN TEMPAT-TEMPAT MAIN YG TELAH DITATA, DAN MENGINGATKAN SOP – STANDAR PROSEDUR OPERASI/ ATURAN YG TELAH DISEPAKATI : 1. PILIH MAINAN, 2. MAINKAN, 3. CERITAKAN, 4. BERES-BERES.





LANGKAH KETIGA

SAAT BERMAIN

KEGIATAN BERMAIN INTI DI TEMPAT-TEMPAT MAIN YANG TELAH DISIAPKAN - DURASI MAIN LK 60 MENIT
SECARA TEORI KESEMPATAN MAIN  3 X JUMLAH ANAK, DALAM PRAKTEK LEMBAGA PAUD MENYESUAIKAN DENGAN KEMAMPUANNYA.
ANAK-ANAK MENYEBAR DENGAN PRIORITAS PILIHAN TEMPAT MAIN SESUAI MINATNYA. MENDAPAT KESEMPATAN MENEMUKAN PENGETAHUANNYA SENDIRI MELALUI EKSPLORASI BERMAIN.PERPINDAHAN TEMPAT MAIN DIIJINKAN MENGIKUTI SOP YG TELAH DISEBUTKAN.
DIANJURKAN PADA SAAT BERMAIN INTI, ANAK-ANAK DAPAT MENDENGARKAN MUSIK RIANG PENDUKUNG TEMA/SUB TEMA YANG SESUAI DAN LAGU PEMBANGUN KARAKTER: A.L.
Suka Membaca:
Aku pandai karena suka membaca, suka membaca, suka membaca
Aku pandai karena suka membaca,
Aku suka membaca

Aku Sayang Ibu:
Satu-satu aku sayang Ibu
Dua-dua juga sayang Ayah
Tiga-tiga sayang adik kakak
Satu, dua, tiga sayang semuanya

Dan lain-lain

PENILAIAN DILAKUKAN GURU SEPANJANG WAKTU PADA SAAT ANAK BERADA DI TAMAN BERMAINNYA, TERUTAMA SAAT ANAK-ANAK ASYIK BERMAIN DI TEMPAT-TEMPAT MAIN YANG DISEDIAKAN.

 BILA WAKTU HAMPIR HABIS (LK 5-10 MENIT SEBELUM HABIS), ANAK-ANAK DIBERI ISYARAT DG LAGU YANG DILAKUKAN SAMBIL BERSAMA-SAMA BERES-BERES.
Beres beres waktu telah tiba
Simpan mainan di tempatnya lagi
Simpan yo simpan, simpan yang rapi
Itu tandanya pandai terpuji
 Simpan yo simpan, simpan yang rapi
Itu tandanya bertanggung jawab

BERSAMA  ANAK PENDIDIK BEKERJA MENATA MAINAN DI TEMPAT/ RAK-RAK NYA.

LANGKAH KEEMPAT

SETELAH  BERMAIN
KEMBALI ANAK DIPANGGIL DENGAN LAGU UNTUK BERKUMPUL KEMBALI DI LINGKARAN PADA LANGKAH KEDUA.

KEGIATAN PENUTUP – DURASI 30 MENIT

EVALUASI DAN MENGINGAT KEMBALI/RECALLING.

PENDIDIK MEMANDU ANAK MENCERITAKAN APA YANG TELAH DILAKUKAN DAN DITEMUKAN MEREKA, SERAYA MERANGSANG KECERDASAN JAMAK, EMOSI, DAN SPIRITUAL ANAK.

ANAK TERUS DIDORONG UNTUK TEKUN MENELITI DAN DIAJAK SALING SAYANG MENYAYANGI DAN SALING MENGHARGAI SESAMA.
 
Doa syukur, dan mencuci tangan untuk makan bersama.

Sebelum kita makan, cuci tanganmu dulu
Menjaga kebersihan, untuk kesehatanmu
Banyak-banyak makan, jangan ada sisa
Mari makan bersama

4 Sehat 5 Sempurna

Sepiring nasi sehari tiga kali
Itu baru cukup kalori
Lauk pauknya
Yang sederhana
Cukup gizi dapatlah terbeli
Buah-buahan paling banyak di sini
Indonesia tak tertandingi
Sayuran segar semangat mekar
Berseri ceria setiap hari
Empat sehat lima sempurna
Tuk masa depan kita
Nasi, laauk, sayur, daan buah
Lebih baik ditambah susu.


PADA SAAT MAKAN BERSAMA, PENDIDIK IKUT MAKAN SAMBIL MELAKSANAKAN PEMBIASAAN ADAB DAN DOA MAKAN, PENANAMAN PENTINGNYA MAKANAN HALAL DAN BERGIZI, PENGENALAN ZAT GIZI MAKRO DAAN MIKRO DAN MANFAATNYA BAGI KESEHATAN, AGAR ANAK KITA MAKAN DENGAN KADAR GIZI SEEIMBANG, DST.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive