Thursday, November 30, 2017

Hakikat bahasa komunikasi ilmiah

1.      Hakikat bahasa komunikasi ilmiah terdiri dari tiga variabel yaitu :
a.       Kemampuan berpikir kritis (critical thinking)
Dalam menyampaikan bahasa sebagai sarana komunikasi ilmiah didukung oleh kemampuan berpikir kritis seseorang. Dengan memiliki kemampuan berpikir kritis maka kemampuan bahasa dalam upaya berkomunikasi secara ilmiah akan dapat berjalan dengan baik.
b.      Penguasaan bahasa
Dalam komunikasi ilmiah dibutuhkan penguasaan bahasa yang memadai oleh seseorang. Dengan memiliki kemampuan bahasa yang baik maka komunikasi ilmiah yang dilakukan akan berjalan dengan baik.
c.       Pengetahuan umum yang luas
Dalam berkomunikasi ilmiah yang diungkapkan dalam bentuk bahasa membutuhkan pengetahuan umum yang luas. Dengan memiliki pengetahuan yang luas maka komunikasi yang dilakukan akan berlangsung dengan baik.

2.      Bahasa memiliki tiga fungsi yaitu simbolik, emotif, dan afektif.
Fungsi simbolik artinya bahasa berfungsi sebagai simbol dari sesuatu hal atau benda sehingga sesuatu hal tersebut dapat dikenal dan disepakati oleh pemakai bahasa.Misalnya air yang turun dari langit dinamakan hujan.
Fungsi emotif artinya bahasa berfungsi dalam menyampaikan keadaan emosi dari seseorang yang diungkapkan baik secara verbal maupun non verbal
Fungsi afektif artinya bahasa berfungsi dalam mengungkapkan suatu perilaku yang dilakukan oleh seseorang.


3.      Komunikasi ilmiah merupakan salah satu jenis komunikasi dalam kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan komunikasi dengan yang lainnya. Hal ini karena manusia membutuhkan bantuan dari orang lain dalam upaya memenuhi kebutuhannya. Manusia juga diberi anugerah berupa akal pikiran yang memungkinkan manusia memiliki kemampuan untuk berpikir secara ilmiah. Untuk menyampaikan dan mengungkapkan potensi dan hasil berpikir ilmiah yang dimilikinya maka manusia membutuhkan sarana dalam penyampaiannya. Alat yang berfungsi sebagai sarana tersebut yaitu berupa bahasa. Jadi bahasa digunakan sebagai alat dalam berkomunikasi secara ilmiah antara manusia yang satu dengan manusia yang lain.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive