1.
– Penelitian ilmiah : suatu penyelidikan secara sistematis, atau dengan
giat dan berdasarkan ilmu pengetahuan mengenai sifat-sifat daripada kejadian
atau keadaan-keadaan dengan maksud untuk akan menetapkan faktor-faktor pokok
atau akan menemukan paham-paham baru dalam mengembangkan metode-metode baru.
- Penelitian Tindakan Kelas : penelitian yang oleh seorang guru yang dilakukan secara
kolaboratif antara guru lain dengan tujuan memperbaiki kegiatan pembelajaran di
kelas.
- Sampel
representatif : objek penelitian yang diambil dari sebagian populasi yang
dianggap mewakili dari populasi objek penelitian tersebut.
- Angket : suatu daftar yang berisi pertanyaan yang
harus dijawab atau dikerjakan oleh orang/anak yang ingin diselidiki atau
repomden.
- Hipotesis
tindakan :berupa pertanyaan bahwa solusi yang ditawarkan benar-benar dapat
menyelesaikan masalah.
- Langkah-langkah
penelitian tindakan kelas :
1.
Perencanaan
tindakan.
2.
Pelaksanaan
tindakan
3.
Observasi.
4.
Refleksi.
Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan beberapa siklus sesuai dengan
kebutuhan.
- Statistik
inferensial : bidang dari statistik yang mempelajari tata cara penarikan
kesimpulan mengenai keseluruhan populasi berdasarkan data yang ada dalam suatu
bagian dari populasi (sampel) di dalamnya berisi estimasi, uji hipotesis,
prediksi dan perhitungan derajat asosiasi antara variabel-variabel.
- Instrumen penelitian : Instrument penelitan adalah alat yang
digunakan untuk mengumpulkan data. Instrument menunjuk pada wujud fisik alat
pengumpulan data statistik.
- variabel
terikat : merupakan variabel yang
terjadi akibat adanya pengaruh dari variabel lain.
- makalah
deduktif : merupakan makalah yang menguraikan suatu hal dari hal yang paling
umum atau secara general ke hal-hal
yang lebih khusus atau sempit.
- tes yang valid
: merupakan hasil tes yang telah dilakukan kemudian diuji validitasnya dan
menghasilkan bahwa tes tersebut valid dengan parameter yang telah ditentukan.
2.
Penggunaan metode Tanya jawab sebagai upaya
peningkatan prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar dalam Mata Pelajaran
PKn di SDN Jatiluhur pada tahun pelajaran 2012
a. Rumusan
masalah
Rumusan masalah dari judul penelitian tersebut sebagai
berikut :
1) Bagaimana
pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Tanya jawab dalam mata pelajaran
PKn di Kelas V SDN Jatiluhur tahun pelajaran 2012 ?
2) Bagaimana
hasil pembelajaran PKn di Kelas V SDN Jatiluhur tahun pelajaraan 2012 dengan
menggunakan metode Tanya jawab sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar
siswa ?
b. Variabel
Penelitiannya
Yang menjadi variabel penelitiannya adalah metode
Tanya jawab.
c. Rumusan
Hipotesisnya
“Proses pembelajaran PKn dengan menggunakan metode
Tanya jawab dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Jatiluhur
tahun pelajaran 2012.
d. Metode/prosedur
penelitiannya
Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian
Tindakan kelas dengan prosedur penelitiannya yaitu sebagai berikut :
1) Perencanaan
2) Pelaksanaan
Tindakan
3) Observasi
4) Refleksi
e. Waktu
dan tempat penelitian
Waktu penelitian dilakukan pada tahun pelajaran 2012
dan bertempat di SDN Jatiluhur.
f. Populasi/sampel
penelitiannya
Yang menjadi populasinya adalah siswa SDN Jatiluhur
dan yang menjadi sampelnya adalah Kelas V
g. Instrumen
penelitian untuk masing-masing variabelnya
Alat bantu
yang digunakan untuk melakukan penelitian yang dapat berupa beberapa tindakan
yang dilakukan peneliti misalnya observasi, wawancara.
h. Bagaimana
rencana pengolahan dan analisis datanya
1)
Data
aktivitas Belajar siswa
Untuk mengetahui data tentang aktivitas belajar siswa
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis ini
didasarkan nilai rata-rata aktivitas siswa (X), Mean ideal (Mi) dan
Standar deviasi ideal (SDi).
Rmusan untuk Mi dan SDi adalah :
Mi = ½ (Skor tertinggi ideal + Skor terendah Ideal
)
SDi = 1/6 (Skor tertinggi ideal – Skor terendah
ideal )
Penggolongan mengenai aktivitas siswa secara klasikal
menggunakan kriteria seperti dalam tabel 1 berikut:
Tabel. 1. Kriteria Aktivitas
Belajar Siswa
Skor
|
Kriteria
|
X ≥Mi + 1,5 SDi
|
Sangat aktif
|
M1 + 0,5 SDi
< X ≤ Mi + 1,5 SDi
|
aktif
|
M1 - 0,5 SDi
< X ≤ Mi + 0,5 SDi
|
Cukup aktif
|
M1 - 0,5 SDi
< X ≤ Mi - 0,5 SDi
|
Kurang aktif
|
X < Mi - 1,5
SDi
|
Sangat kurang aktif
|
Untuk aktivitas siswa skor tertinggi ideal adalah 100 % dan
terendah ideal adalah 0% Dengan demikian
dapat dihitung Mi dan SDi Yaitu :
Mi = 1/2 (100% + 0%) =
50%
SDi = 1/6 (100% + 0%)) =
16.67%
Sehingga penggolongan
aktivitas di atas menjadi seperti tabel 2 berikut :
Tabel. 2. Kriteria aktivitas
Belajar Siswa
Skor
|
Kriteria
|
X ≥ 75 %
|
Sangat aktif
|
58,34% < X ≤ 75%
|
Aktif
|
41,67% < X ≤ 58,34%
|
Cukup aktif
|
24,9% < X ≤ 41,67%
|
Kurang aktif
|
X < 24,9%
|
Sangat kurang aktif
|
Dari data aktivitas siswa yang terkumpul akan dihitung
rata-rata persentase aktivitas siswa (X) dengan rumus
∑ Ai
X =
N
Keterangan :
X = rata-rata persentase
aktivitas siswa
Ai
= Rata-rata persentase deskriptor pada indikator
N =
Banyaknya Indikator
Rata-rata persentase descriptor
pada indicator (Ai) diperoleh dengan rumus di bawah ini :
∑ Ds
Ai =
k
Keterangan :
Ai = Rata-rata persentase descriptor pada
indikator
Ds = persentase descriptor
pada setiap indikator
K = jumlah descriptor pada masing-masing
indicator
Penelitian akan berhasil jika tingkat aktivitas belajar
siswa dalam proses belajar mengajar minimal mencapai kategori cukup
aktif.
2)
Data prestasi belajar siswa
Untuk mengetahui prestasi
belajar siswa, hasil tes belajar dianalisis secara deskriptif, yaitu dengan
menggunakan skor rata-rata hasil tes (M) dan ketuntasan klasikal (KK) dengan
rumus :
∑X
M =
N
Keterangan :
M = Skor
rata-rata
∑X = Jumlah total
skor siswa
N = Jumlah siswa
Banyak
siswa yang memperoleh nilai ≥ 65
KK = X
100%
Banyak
Siswa yang ikut tes
Pedoman yang dipakai untuk menafsirkan terhadap prestasi belajar siswa adalah
berdasarkan kurikulum pendidikan dasar untuk sekolah dasar yaitu prestasi belajar siswa telah optimal
apabila rata-rata kelas dan ketentuan klasikal minimal 65 dan 85%.
i.
Jika anda akan mencari teori/pustaka penunjang
penelitian ini, teori/pustaka tentang apa yang semestinya anda cari?
Teori yang menunjang diantaranya :
1) Metode
pembelajaran
2) Proses
pembelajaran PKn di Sekolah Dasar
3) Metode tanya jawab
4) Prestasi
belajar siswa
j.
Bagaimana rancangan laporannya ?
Rancangan laporannya sebagai berikut :
-
BAB I PENDAHULUAN
-
BAB II TINJAUAN TEORI
-
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
-
BAB IV PEMBAHASAN DAN ANALISIS HASIL PEMBAHASAN
-
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
No comments:
Post a Comment