Monday, January 22, 2018

RPPH TK TEMA PEKERJAAN (PEDAGANG)

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK-KANAK
 



Semester/Minggu ke/Hari ke   :    /  /
Hari /tgl                           :   ……………………………………….
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Pekerjaan / Bidang Perdagangan (Pedagang)
KD                                  :  1. 1 – 1.2 – 2.2 – 2.6 – 2.13 –3 .1 – 4 .1 – 3.9 – 4 .9 – 3 .14 – 4 .14
                                          – 3 .15 – 4 .15
Materi                              :   -    Memanfaatkan ciptaan Tuhan
-          Menghargai hasil karya orang lain
-          Mengetahui sebab akibat
-          Mentaati tata tertib dalam bekerja
-          Mengakui kesalahannya
-          Alat – alat untuk bekerja
-          Memilih 1 dari pilhan yang tersedia
-          Tertarik aktifitas seni

Kegiatan main                 :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Plastisin
                                                   -   timbangan
                                                   -   Kertas
                                                   -   Pensil, krayon
Karakter                          :    Kejujuran    
I. Kompetensi Inti
1.      Menerima ajaran agama yang dianutnya (Sikap Spiritual)
2.      Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya dan disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik/pengasuh, dan teman (sikap sosial)
3.      Mengenal diri keluarga, teman, pendidik/pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba), menanyai, mengumpulkan informasi, mengolah informasi/mengasosiasikan dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain (Pengetahuan)
4.      Menunjukkan yang diketahui, dirasakan dibutuhkan dan dipikirkan, melalui bahasa, musik, gerakan dan karya secara produktif dan kreatif serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia (Keterampilan)
                      
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.      Penerapan SOP pembukaan
2.      Berdiskusi tentang macam – macam pekerjaan
3.      Berdiskusi tentang tugas  pedagang
4.      Tanya jawab tentang peran pedagang
5.      Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1.    Bermain peran sebagai pedagang dalam bahasa Sunda
2.    Mewarnai gambar pasar
3.    Mengelompokkkan gambar
C.RECALLING:
1.    Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.    Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.    Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
  4.   Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.   Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
 4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1.      Sikap
                  1.     Menghargai hasil karya orang lain
2.      Menggunakan kata sopan pada saat bertanya


      2.. Pengetahuan dan   ketrampilan
                      a.    Dapat  menyebutkan tugas pedagang
                      b.    Dapat  menceritakan bila tidak ada pedagang
                      c.    Dapat  bermain peran sebagai pedagang
                      d.    Dapat  mewarnai gambar pasar
                      e.     Dapat  mengelompokkan gambar

                    
    Mengetahui,
           

Kepala Sekolah                                                                                          Guru Kelompok       

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive