RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK-KANAK
Semester/Minggu ke/Hari ke : / /
Hari /tgl : ……………………………………….
Kelompok usia : B
Tema/sub tema : Pekerjaan /
Bidang Perdagangan (Pedagang)
KD : 1. 1 – 1.2 – 2.2 – 2.6 – 2.13 –3 .1 – 4 .1 –
3.9 – 4 .9 – 3 .14 – 4 .14
– 3 .15 – 4 .15
Materi : - Memanfaatkan ciptaan Tuhan
-
Menghargai hasil karya
orang lain
-
Mengetahui sebab akibat
-
Mentaati tata tertib
dalam bekerja
-
Mengakui kesalahannya
-
Alat – alat untuk
bekerja
-
Memilih 1 dari pilhan
yang tersedia
-
Tertarik aktifitas seni
Kegiatan main :
Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan : - Plastisin
- timbangan
- Kertas
- Pensil, krayon
Karakter : Kejujuran
I. Kompetensi
Inti
1. Menerima ajaran agama yang dianutnya (Sikap
Spiritual)
2.
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis,
percaya dan disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan
diri, jujur dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik/pengasuh,
dan teman (sikap sosial)
3.
Mengenal diri keluarga, teman, pendidik/pengasuh, lingkungan sekitar,
teknologi, seni dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara
mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba),
menanyai, mengumpulkan informasi, mengolah informasi/mengasosiasikan dan
mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain (Pengetahuan)
4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan dibutuhkan dan
dipikirkan, melalui bahasa, musik, gerakan dan karya secara produktif dan
kreatif serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia (Keterampilan)
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan
SOP pembukaan
2. Berdiskusi
tentang macam – macam pekerjaan
3. Berdiskusi
tentang tugas pedagang
4. Tanya jawab tentang peran pedagang
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1. Bermain peran sebagai pedagang dalam bahasa Sunda
2. Mewarnai
gambar pasar
3. Mengelompokkkan
gambar
C.RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama
melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus
didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan
kegiatan untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
1.
Menghargai hasil karya orang lain
2. Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
2.. Pengetahuan dan ketrampilan
a. Dapat
menyebutkan tugas pedagang
b. Dapat
menceritakan bila tidak ada pedagang
c. Dapat
bermain peran sebagai pedagang
d. Dapat
mewarnai gambar pasar
e. Dapat
mengelompokkan gambar
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelompok
No comments:
Post a Comment