Monday, January 8, 2018

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER



Munculnya peralatan komputer didasari oleh penemuan terdahulu yang diawali tahun 1340 di Italia, ditemukan peralatan bernama Bookkeeping Machine dan disempurnakan oleh Luca Paciolo de Venice pada tahun 1494.
Luca Paciolo dalam bukunya Everything about arithmetic Geometry as Proportion memberikan pengajaran Akuntansi untuk para pengusaha, dan menjelaskan mengenai penggunaan jurnal dan buku besar.
Pada tahun 1642 seorang ahli Matematika dan Filosof terkenal bernama Blaise Pascall menciptakan sebuah mesin hitung yang khusus untuk operasi jumlah, mesin hitung ini diberi nama Adding Machine. Pada tahun 1673 Gottfried Wilhem Von Liebniz menyempurnakan mesin hitung yang dibuat oleh Blaise Pascall. Kemudian diproduksi pada tahun 1694 yang merupakan cikal bakal penemu-penemu alat komputer generasi berikutnya.
Kunci perkembangan teknologi komputer ditentukan setelah ditemukannya mesin hitung Punc-card tahun 1801 oleh Yosep Marie Jacquard dari Perancis. Punc-card merupakan sistem operasi hitung dengan metode kartu berlubang untuk mempresentasikan huruf-huruf digit dan karakter, yang ditampilkan dengan sistem kode-kode, kemudian pada tahun 1812 Charles Babbage dari Inggris menciptakan mesin hitung secara otomatis dengan perkembangannya sebagai berikut :
-          1812 Difference Engine (untuk menghitung tabel-tabel matematika) yang merupakan nenek moyang komputer.
-          1813 Analytical Engine (dapat mengkalkulasikan apa saja) atau dikenal dengan nama General Purpose Digital Computer.
Beberapa penemu komputer antara lain sebagai berikut :
  1. 1820 Charles Xavier Thomas dari Perancis
  2. 1850 D.D Parmale dari USA, berupa mesin hitung dengan fasilitas terminal keyboard
  3. 1872 Fronk Stephen Balwin dari USA memelopori usaha produksi mesin hitung
  4. 1890 W.S. Burroughs menciptakan mesin hitung dengan dilengkapi fasilitas media cetak (Adding Printing Machine)
  5. 1911 Tay R. Monros dan F.S. Balwin memperkenalkan mesin hitung komersial yang berfasilitas terminal keyboard.

Perkembangan sistem Punc-card selanjutnya disempurnakan oleh DR. Herman Hollerith dari Biro Sensus USA. Kode-kode punc-card hasil pengembangannya pertama kali diperkenalkan dan dipergunakan pada tahun 1890 untuk pengolahan data dalam segala bidang. Misalnya Biro perjalanan, asuransi, department store, pabrik baja dll.
Pada tahun 1896 ia mendirikan Tabulating Machine Company yang kemudian 1924 menjadi International Business Machine Corporation (IBM). Pada tahun 1905 James Powers menyempurnakan sistem Punc-card untuk memproses pengolahan data sensus penduduk tahun 1910. Selanjutnya 1911 ia membangun perusahaan dengan nama Remmington Rand Corporation di USA.
Prof. Howard Aiken (1937) dari Harvard University menciptakan suatu mesin Automatic Calculating yang merupakan hasil penyempurnaan sistem punch-card. Pada tahun 1944 ia dengan beberapa mahasiswanya dan atas prakarsa dari IBM membangun suatu mesin Electronic Mechanical Computer yang dikenal dengan nama Mark I. Mesin ini dapat mengerjakan masalah-masalah ilmiah dan segala kalkulasinya dikontrol dengan puncher paper tape. Sedangkan komputer ini digerakkan dengan electric vacuum tube (tabung hampa udara).

GENERASI KOMPUTER

            Sejalan dengan sejarah perkembangannya sampai sekarang dikenal empat generasi komputer. Generasi tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Komputer Generasi Pertama (tahun 1945-1959)
Pada tahun 1940 John W. Mauchly dari Pensilvania, memulai usaha untuk mengembangkan komputer dengan kecepatan tinggi serta dijalankan dengan alat-alat eletronik yang bekerja secara otomatis untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika dalam bidang ballistics (ilmu balistik) dan aeronautics (ilmu penerbangan). Tahun 1945 Mauchly dengan menggunakan fasilitas Moore School of Electronical Engineering membangun suatu General Purpose Computer yang diberi nama ENIAC (Electronical Numerical Integrator and Calculator) yang dapat menyelesaikan berbagai masalah. Komputer ini digerakkan dengan Electronic vacuum tube (tabung hampa udara) seperti jenis komputer Mark I.
Tahun 1946 John van Neuman ahli matematika dari Princetown University Engineering dan ahli-ahli lainnya dari Moore School of Electronical Engineering mulai membuat suatu komputer baru sebagai penyempurnaan ENIAC I dan selesai pembuatannya pada tahun 1950 dan diberi nama EDVAC (Electronical Diskette Variable Automatic Computer) bentuk fisiknya lebih kecil dari jenis ENIAC atau MARK I. Awal tahun 1951 Eokert-Mauchly Computer Corporation berhasil membuat mesin UNIVAC (Universal Automatic Computer) yang dapat bekerja penuh selama 24 jam dan 7 hari kerja selama satu minggu tanpa henti.
Di bagian lain di Inggris tahun 1949 dibuat pula mesin komputer generasi pertama oleh Cambridge University, jenis EDSAC (Electronic Delayer Storage Automatic Computer) dan jenis ACE (Automatic Computer electronic) oleh Physical Laboratory di London. Kemudian pada waktu yang sama Manchester University membuat komputer jenis MADAM (Manchester Automatic Digital Machine) dan jenis SEC ( Simple Electronic Computer).
IBM pun tidak mau ketinggalan, pada generasi pertama sudah membuat beberapa jenis komputer dengan type MARK I, RCA type E101 dan Honywell Damatic type 1000.

  1. Komputer Generasi Kedua (tahun 1959-1965)
Dengan dikembangkan transistor (Solid State Device) sebagai pengganti tabung hampa udara, maka tanda berakhirnya masa generasi pertama dan memasuki generasi kedua, sehingga bentuk fisik dan tingkat kemampuannya lebih baik lagi bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu sebagai berikut :
    1. Bentuknya kecil dan ringan
    2. Daya kemampuannya tinggi
    3. Kemampuan mencetaknya cepat
    4. Dapat meyimpan data dengan menggunakan Disk Storage
    5. Pada umumnya jenis komputer Hybrid

      Pabrik-pabrik yang membuat komputer generasi kedua ini antara lain sebagai berikut :
  1. IBM, dengan seri 1400, seri 7070, seri 7090, NCR, dan seri 304
  2. Minneapolis, dengan jenis honywell model 800
  3. Burouqh, model 5000 dan B5500
  4. RCA model 501
  5. Philco, dengan tipe philco 2000
  6. UNIVAC, dengan type Univac III model 600
  7. Control Data Corporation model 1604 dan model 600
  8. CDC, model 6600 super computer yang mampu melaksanakan 25 juta operasi per detik
Kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh komputer generasi kedua adalah sebagai berikut :
a. Masih ditangani oleh sejumlah tenaga manusia
b. Kemampuan menampung instruksi – instruksi bagi yang menggunakannya masih terbatas
c. Harganya masih sangat mahal

  1. Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)
Komputer generasi ini dibuat untuk memproses seluruh jenis masalah. Jenis komputer generasi ketiga diawali ditemukannya MIC (Monolithic Integrated Circuit) komponen terbuat dari silicon sebagai pengganti jenis transistor.
Ciri-cirinya adalah sebagai berikut :
    1. Memiliki kapasitas yang lebih besar
    2. Lebih luas penggunaannya
    3. Fasilitas programnya lebih lengkap karena menggunakan multi programming dan multi processing
    4. Sudah menggunakan high level Language seperti Basic, Fortran dan Cobol
    5. Menggunakan komponen MICR (Magnetic Ink Character Reader) yaitu menggunakan tulisan-tulisan tangan dengan tinta khusus yang dapat dibaca langsung oleh komputer.
    6. Sebagian faktor manusia telah diambil oleh komputer.

  1. Komputer Generasi Keempat (1970-sekarang)
Komputer generasi keempat komponen utamanya adalah Metal Of Tide Semi Conductor dan menggunakan pula komponen Monolitic Integrated Circuit.
Ciri-cirinya sebagai berikut :
a.       Komponen terbuat dari VLSI (Very Large Scale Integrated) yang terdiri dari beribu-ribu IC dipadukan dalam ¼ ince square silicon
b.      Program dapat dibuat dengan high level dan low level language
c.       Lebih cepat dalam input maupun outputnya
d.      Umur masing-masing komponen lebih lama
e.       Bentuk fisiknya ringan dan kecil
f.       Sistem reliabilitinya lebih baik dan lebih cepat dalam melaporkan
g.      Kapasitas penyimpanan data lebih besar
h.      Lebih luwes untuk ditambah dengan komponen lainnya
i.        Harganya semakin murah
j.        Menggunakan LCI (Large Scale Integrated) kecepatan pengolahan data sangat tinggi dan akurat.

Sejarah Komputerisasi di Indonesia

            Penggunaan komputer dipelopori oleh PJKA yang dijalankan secara mekanik tahun 1938 dengan metode Punch-card sistem.

  1. Generasi kesatu
Setelah komputer generasi pertama dipasarkan dalam dunia bisnis, maka pada tahun 1956 Indonesia pertama kalinya membeli komputer dari USA untuk Bank Indonesia dengan merk UNIVAC tipe 1004

  1. Generasi kedua
Tahun 1962 merupakan awal dari pemakaian komputer di Indonesia. Mengapa demikian ? karena pemakaian serta tipenya sudah lebih baik dari jenis komputer sebelumnya, sedangkan instansi Indonesia yang membeli komputer generasi kedua ini :
    1. TNI AD, jenis STANVAC (buatan IBM 1401)
    2. BPS, jenis UNIVAC 1050
    3. ITB, jenis IBM 1401

  1. Generasi ketiga
Instansi yang pertama kali menggunakan komputer generasi ketiga adalah MABAK (Markas Besar Kepolisian RI) pada tahun 1967 di Jakarta, merk IBM tipe sistem/360 model 30, sejenis IBM PC XT, sedangkan perusahaan lainnya adalah :
    1. Pertamina (IBM s/360 dan s/370)
    2. BI (IBM s/360 dan. S/370)
    3. Depkeu (UNIVAC 1106, XL 40)
    4. PT TIMAH (NCR Centory)
    5. Pupuk Kujang (IBM 44311)

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive