Monday, January 8, 2018

PEMANASAN GLOBAL USULAN MENDINGINKAN PLANET BUMI




Diperkirakan rata-rata suhu bumi naik sekitar 4,50C satu abad mendatang. Berbagai upaya dilakukan untuk menghambat laju kenaikan suhu Bumi, diantaranya dengan upaya-upaya mitigasi yang bertujuan menghambat laju penambahan emisi karbondioksida (CO2), adaptasi serta dengan Mekanisme Pembangunan Bersih (Clean Development Mechanisme).
            Beberapa teknologi yang diusulkan antara lain adalah upaya menangkap CO2, menciptakan payung matahari unuk melindungi  bumi dari sinar matahari, meniru proses pendinginan akibat debu letusan gunung berapi, meniru proses fotosintesis tumbuhan, serta upaya menangkap unsur CO2 dengan pohon buatan.

  1. Menangkap Karbon
Melarutkan CO2 di laut atau dikumpulkan pada kedalaman dibawah 9.800 kaki (sekitar 3.270 meter) dapat mengisolasi CO2 selama 100 tahun. Menguburnya di tanah pada kedalaman 800 kaki (sekitar 267 meter) akan mampu mengurungnya selama 1.000 tahun
Usulan :
Tangkap CO2 dari sumber emisi besar dan buang dalam bentuk garam, dibuang ke dalam tambang batu bara, tempat bekas cadangan minyak bumi dan gas atau ke dalam laut. Sistem komersial saat ini mampu mengurangi emisi CO2 hingga 90 persen per kWh. Namun saat ini limbah CO2 belum terkumpul.
Masalah :
Mahal, kebocoran berisiko tinggi bagi manusia, ekosistem, seluruh volume laut juga akan berubah.
  1. Efek Geritol
Proses fotosintesis merupakan proses pembakaran pada tumbuhan yang membutuhkan energi Matahari dan menyerap CO2 serta melepaskan O2.
Usulan :
Buang debu biji besi untuk menumbuhkan ganggang yang akan menyerap CO2 dan tenggelam. Setiap ton debu biji besi, ganggangnya dapat menyerap 100.000 ton CO2.
Masalah :
Menyebabkan perubahan pada spesies binatang. Hal ini dapat menimbulkan persoalan politik karena laut merupakan perairan internasional


  1. Debu Letusan Gunung berapi
Abu dan SO2 dapat menekan radiasi matahari dan mendinginkan troposfer.
Usulan :
Menggunakan balon, mesin jet, dan artileri untuk membawa jutaan ton sulfat pada lapisan stratosfer untuk menunjukkan efek pendinginan akibat meletusnya gunung berapi.
Masalah :
Mahal, butuh puluhan ribu poundsterling (sekitar ratusan juta rupiah) per bulan untuk memproduksi cuaca tetap dingin. Tidak ada pengaruhnya terhadap emisi CO2 dan dapat menyebabkan kekeringan di kawasan timur tengah serta mediterania.
  1. Pohon Buatan
Zat CO2 ditangkap oleh pohon buatan dengan menggunakan sodium hidroksida cair untuk dibawa ke tempat pemrosesan yang mengubahnya ke dalam bentuk gas sebelum disimpan.
Usulan :
Menggunakan pohon buatan seukuran pabrik untuk menyaring 90.000 ton karbon dioksida (CO2) dari udara per tahun. Setiap pohon mampu menyaring 3,3 kilogram CO2 per detik.
Masalah :
Proses pemisahan zat, pengangkutan ke tempat pembuangan limbah ongkosnya mahal. Sementara jika terjadi kebocoran, risikonya tinggi bagi manusia dan ekosistem.
  1. Payung Matahari
Piringan-piringan di udara mampu memblokir 1,8 persen fluks (aliran) sinar matahari.
Usulan : Setiap 30 tahun melepaskan 20 juta kali untuk menyebar 16 triliun piringan refraksi di dalam orbit antara Matahari dan Bumi.

Masalah : Ongkos proyek ini bisa mencapai 4 triliun dollar AS (Sekitar Rp. 3.600 triliun), tidak ada efek terhadap kondisi CO2.  

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive