Friday, December 31, 2021

Kajian tentang Pengajaran Remidial

 

A.     Kajian tentang Pengajaran Remidial

 

1.       Pengertian Pengajaran Remidial

 

Dilihat dari arti kata, remidial berarti bersifat menyembuhkan atau membetulkan atau membuat menjadi baik. Menurut Izhar Hasis (2001: 60) pengajaran remidial adalah suatu bentuk pengajaran yang bersifat menyembuhkan atau membetulkan atau pengajaran yang membuat menjadi baik. Pengajaran remidial adalah suatu bentuk khusus pengajaran yang ditujukan untuk menyembuhkan atau memperbaiki sebagian atau seluruh kesulitan yang dialami peserta didik. Perbaikan diarahkan kepada


 

 

pencapaian hasil belajar yang optimal sesuai dengan kemampuan masing - masing melalui perbaikan keseluruhan proses belajar mengajar dan keseluruhan kepribadian peserta didik (Depdikbud, 1983: 59).

Abin Syamsudin (Ischak S.W dan Warji R, 1987: 2) mengatakan tentang hal yang berhubungan dengan perbaikan adalah segala usaha yang dilakukan untuk memahami dan menetapkan kemungkinan-kemungkinan mengatasinya, baik secara kuratif (penyembuhan) maupun secara preventif (pencegahan) berdasarkan data dan informasi yang objektif dan selengkap mungkin.

Berdasarkan pendapat di atas maka dapat dijelaskan bahwa pengajaran remidial dalam penelitian ini adalah suatu bentuk khusus pengajaran yang bersifat perbaikan yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi anak khususnya tentang pengajaran matematika mengenai simbol bilangan sehingga penguasaan simbol bilangan anak menjadi lebih baik dari sebelumnya.

 

 

2.       Ciri-ciri Pengajaran Remidial bagi Anak Tunagrahita Sedang

 

Mohammad Uzer Usman dan Lilis Setiawati (1993: 104) mengemukakan ada beberapa ciri pengajaran remidial, yaitu:

a.  Dilakukan diketahui kegiatan belajar mengajar dan kemudian diberikan pelayanan khusus sesuai dengan jenis, sifat dan latar belakang.


 

 

b.  Tujuan instruksionalnya disesuaikan dengan kegiatan belajar yang dihadapi oleh siswa.

Menurut Izhar Hasis (2001: 65) mengemukakan tentang ciri-ciri pengajaran remidial adalah:

a.  Pengajaran remidial dilakukan setelah diketahui kesulitan belajar dan kemudian diberikan pelayanan khusus sesuai dengan jenis, sifat dan latar belakangnya.

b.  Dalam pengajaran remidial tujuan instruksional disesuaikan dengan kesulitan yang dihadapi oleh anak tunagrahita sedang.

c.  Metode dalam pengajaran remidial bersifat diferensial artinya disesuaikan dengan sifat, jenis dan latar belakang kesulitan belajarnya.

d.  Pengajaran remidial dilaksanakan secara khusus oleh pembimbing.

 

e.  Alat - alat dalam pengajaran remidial lebih variasi.

 

f.   Pengajaran remidial menuntut pendekatan dan teknik yang lebih diferensial artinya lebih disesuaikan dengan keadaan masing -masing.

g.  Evaluasi yang digunakan disesuaikan dengan kesulitan yang dihadapi siswa.

 

 

3.       Tujuan Pengajaran Remidial bagi Anak Tunagrahita Sedang

 

Bagi anak tuna grahita sedang dengan kesulitan belajar, remidial merupakan salah satu bentuk penanganan. Tujuan yang diharapkan dari kegiatan remidial ini adalah mengurangi kesulitan belajar yang dialami dan sedapat mungkin mendekati pencapaian kurikulum sesuai dengan


 

 

standar normatif. Ischak SW. dan Warji R (1987: 34) menyebutkan remidial dengan kegiatan perbaikan dan menyatakan bahwa dilaksanakan kegiatan perbaikan itu mempunyai maksud dan tujuan dalam arti luas ataupun ideal dan dalam arti sempit ataupun operasional. Dalam arti luas atau ideal, kegiatan perbaikan bertujuan memberikan bantuan baik yang berupa perlakuan pengajaran maupun yang berupa bimbingan dalam mengatasi kasus-kasus yang dihadapi oleh siswa yang mungkin disebabkan oleh faktor-faktor internal maupun eksternal. Dalam arti sempit atau operasional, kegiatan perbaikan bertujuan untuk memberikan bantuan yang berupa perlakuan pengajaran kepada siswa yang lambat, sulit, gagal belajar, agar supaya mereka secara tuntas dapat menguasai bahan pelajaran yang diberikan kepada mereka.

Tujuan pengajaran remidial menurut Moh. Surya (1980: 8) tidak jauh berbeda dengan pengajaran secara umum yaitu untuk mencapai prestasi belajar sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Pengajaran remidial adalah bertujuan agar siswa yang mengalami kesulitan belajar dapat mencapai belajar yang diharapkan melalui penyembuhan, perbaikan atau pembetulan dalam:

a.  Memahami dirinya, khususnya yang menyangkut prestasi dalam belajarnya yang menyangkut segi kekuatan, kelemahan jenis dan sifat kesulitannya.

b.  Memilih materi dan fasilitas belajar secara tepat untuk mengatasi kesulitannya.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive