Friday, December 31, 2021

Jawaban Mata Kuliah : Metode Pengembangan Matematika Untuk AUD (4)

 

Mata Kuliah : Metode Pengembangan Matematika Untuk AUD

 

1.     Matematika untuk anak usia dini merupakan sarana yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir, mendorong anak untuk mengembangkan berbagai potensi intelektual yang dimilikinya serta dapat dijadikan sebagai sarana untuk menumbuhkan berbagai sikap dan perilaku positif dalam rangka meletakkan dasar-dasar kepribadian sedini mungkin seperti sikap kritis, ulet, mandiri, ilmiah, rasional dan lain sebagainya. Matematika bagi anak usia dini merupakan salah satu cara bagi anak untuk memahami dunia dan pengalaman-pengalaman yang dilakukannya serta upaya untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ditemuinya setiap hari.

 

2.     Tahap Perkembangan anak dalam pengembangan matematika untuk anak usia dini yaitu :

a.        Belajar matematika dan bilangan dapat dimulai pada usia muda apabila anak telah siap belajar atau disesuaikan dengan perkembangan mental anak,

b.       Untuk memudahkan anak belajar matematika harus di mulai dari yang kongkrit (kerja praktek) kearah yang abstrak,

c.        Pada saat tahap praoperasional anak berpindah dengan cepat ke tahap operasional kongkrit apabila anak dilatih dengan mainan yang dapat mengembangkan daya pikir anak.

 

3.     Model Pengembangan Matematika melalui Permainan Berhitung

Kemampuan yang diharapkan dalam permainan berhitung di PAUD dapat dilaksanakan melalui penguasaan konsep, transisi dan lambang yang terdapat di semua jalur metematika, yang meliputi pola, klasifikasi bilangan, ukuran, geometri, estimasi, dan statistika.

a. Bermain Estimasi (Memperkirakan)

Anak diharapkan dapat memiliki kemampuan memperkirakan (estimasi) sesuatu misalnya perkiraan terhadap waktu, luas jumlah ataupun ruang. Selain itu anak terlatih untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yan akan dihadapi.

– Perkiraan luas, misalnya: berapa keping untuk menutupi meja?

– Perkiraan jumlah, misalnya: berapa jumlah ikan yang ada dalam aquarium?

– Perkiraan ruang, misalnya: berapa anak bergandengan untuk dapat mengelilingi kelas ini?

– Perkiraan waktu misalnya:

• Berapa hari biji tumbuh?

• Berapa lama kita makan?

• Berapa lama anak dapat memantulkan bola?

• Berapa ketukan gambarnya selesai?

b. Bermain Statistika

Anak diharapkan dapat memiliki kemampuan untuk memahami perbedaan-perbedaan dalam jumlah dan perbandingan dari hasil pengamatan terhadap suatu objek (dalam bentuk visual).


 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive