Mata Kuliah : Metode Pengembangan Matematika Untuk AUD
1.
Matematika untuk anak usia dini merupakan sarana yang dapat
digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir, mendorong anak untuk
mengembangkan berbagai potensi intelektual yang dimilikinya serta dapat
dijadikan sebagai sarana untuk menumbuhkan berbagai sikap dan perilaku positif
dalam rangka meletakkan dasar-dasar kepribadian sedini mungkin seperti sikap
kritis, ulet, mandiri, ilmiah, rasional dan lain sebagainya. Matematika bagi
anak usia dini merupakan salah satu cara bagi anak untuk memahami dunia dan pengalaman-pengalaman
yang dilakukannya serta upaya untuk memecahkan berbagai permasalahan yang
ditemuinya setiap hari.
2.
Tahap
Perkembangan anak dalam pengembangan matematika untuk anak usia dini yaitu :
a.
Belajar
matematika dan bilangan dapat dimulai pada usia muda apabila anak telah siap
belajar atau disesuaikan dengan perkembangan mental anak,
b. Untuk memudahkan anak belajar matematika harus
di mulai dari yang kongkrit (kerja praktek) kearah yang abstrak,
c.
Pada
saat tahap praoperasional anak berpindah dengan cepat ke tahap operasional
kongkrit apabila anak dilatih dengan mainan yang dapat mengembangkan daya pikir
anak.
3.
Model
Pengembangan Matematika melalui Permainan Berhitung
Kemampuan yang diharapkan dalam
permainan berhitung di PAUD dapat dilaksanakan melalui penguasaan konsep,
transisi dan lambang yang terdapat di semua jalur metematika, yang meliputi
pola, klasifikasi bilangan, ukuran, geometri, estimasi, dan statistika.
a. Bermain Estimasi (Memperkirakan)
Anak diharapkan dapat memiliki
kemampuan memperkirakan (estimasi) sesuatu misalnya perkiraan terhadap waktu,
luas jumlah ataupun ruang. Selain itu anak terlatih untuk mengantisipasi
berbagai kemungkinan yan akan dihadapi.
– Perkiraan luas, misalnya: berapa
keping untuk menutupi meja?
– Perkiraan jumlah, misalnya: berapa
jumlah ikan yang ada dalam aquarium?
– Perkiraan ruang, misalnya: berapa
anak bergandengan untuk dapat mengelilingi kelas ini?
– Perkiraan waktu misalnya:
• Berapa hari biji tumbuh?
• Berapa lama kita makan?
• Berapa lama anak dapat memantulkan
bola?
• Berapa ketukan gambarnya selesai?
b. Bermain Statistika
Anak diharapkan dapat memiliki kemampuan untuk
memahami perbedaan-perbedaan dalam jumlah dan perbandingan dari hasil
pengamatan terhadap suatu objek (dalam bentuk visual).
No comments:
Post a Comment