1.
Materi Pembelajaran Matematika
Bagi Anak Tunagrahita Sedang
Materi dalam pembelajaran matematika untuk anak tunagrahita sedang kelas III SLB adalah melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 10, membilang 1–10, mengenal simbol bilangan 1–0 dan menulis bilangan 1–10. Melakukan penjumlahan sampai 10, melakukan pengurangan sampai 10 dan memecahkan masalah penjumlahan sampai
10.
Membilang banyaknya benda, melakukan penjumlahan dengan gambar benda sampai 10
dan melakukan pengurangan dengan benda 1 sampai 10.
2.
Media Pembelajaran Matematika bagi
Anak Tunagrahita Sedang
Pembelajaran matematika untuk anak
tunagrahita sedang sangat diutamakan untuk keberhasilan dalam memahami materi.
Materi matematika dapat terserap dengan baik jika ditunjang dengan alat peraga
disesuaikan dengan kondisi dan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam
pembelajaran matematika. Menurut Deny Nur Azizah (2004: 1) matematika adalah
mata pelajaran yang bersifat abstrak, dalam proses pembelajaran diperlukan alat
peraga untuk memudahkan peserta didik untuk memahami konsep bilangan. Menurut Amir Hamzah (1985: 16 ) alat visual yaitu alat-alat yang memperlihatkan rupa atau bentuk yang kita kenal dengan alat peraga.
Berdasarkan pendapat di atas, dapat
disimpulkan bahwa untuk menunjang keberhasilan dalam pembelajaran matematika
perlu didukung dengan penggunaan alat peraga agar memudahkan peserta didik
memahami konsep bilangan. Misalnya dengan benda- benda nyata, benda tiruan,
gambar, menggunakan media komputer, kartu angka, puzzel dan sebagainya.
No comments:
Post a Comment