Friday, December 31, 2021

Materi dan Media Pembelajaran Matematika Bagi Anak Tunagrahita Sedang

 

1.       Materi Pembelajaran Matematika Bagi Anak Tunagrahita Sedang

 

Materi dalam pembelajaran matematika untuk anak tunagrahita sedang kelas III SLB adalah melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 10, membilang 1–10, mengenal simbol bilangan 1–0 dan menulis bilangan    1–10.    Melakukan     penjumlahan     sampai     10,    melakukan pengurangan sampai 10 dan memecahkan masalah penjumlahan sampai

10. Membilang banyaknya benda, melakukan penjumlahan dengan gambar benda sampai 10 dan melakukan pengurangan dengan benda 1 sampai 10.

 

 

2.       Media Pembelajaran Matematika bagi Anak Tunagrahita Sedang

 

Pembelajaran matematika untuk anak tunagrahita sedang sangat diutamakan untuk keberhasilan dalam memahami materi. Materi matematika dapat terserap dengan baik jika ditunjang dengan alat peraga disesuaikan dengan kondisi dan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Menurut Deny Nur Azizah (2004: 1) matematika adalah mata pelajaran yang bersifat abstrak, dalam proses pembelajaran diperlukan alat peraga untuk memudahkan peserta didik untuk memahami konsep bilangan. Menurut Amir Hamzah (1985: 16 ) alat visual yaitu alat-alat yang memperlihatkan rupa atau bentuk yang kita kenal dengan alat peraga.

Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk menunjang keberhasilan dalam pembelajaran matematika perlu didukung dengan penggunaan alat peraga agar memudahkan peserta didik memahami konsep bilangan. Misalnya dengan benda- benda nyata, benda tiruan, gambar, menggunakan media komputer, kartu angka, puzzel dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive