1.
Anak membangun konsep-konsep matematika
melalui berbagai kegiatan sehari-hari yang mereka lakukan. Anak-anak sering
mendengar dan mengucapkan kata-kata yang berhubungan dengan matematika dari
orang tua, guru, dan sesamanya. Pada umumnya anak mendengar dan mengucapkan
terlebih dahulu berbagai konsep yang berhubungan dengan matematika baru
kemudian dengan seiring meningkatnya usia dan kemampuan berfikirnya ia mulai
memahami konsep-konsep matematika itu dengan lebih mendalam
2.
Tahap
Perkembangan anak dalam pengembangan matematika untuk anak usia dini
1. Penguasaan konsep
Pemahaman
atau pengertian tentang sesuatu dengan menggunakan benda dan peristiwa
kongkrit,seperti pengenalan warna, bentuk, dan menghitung benda/ bilangan.
2. Masa transisi
Proses
berpikir yang merupakan masa peralihan dari pemahaman kongkrit menuju
pengenalan lambang yang abstrak, dimana benda kongkrit itu masih ada dan mulai
dikenalkan bentuk lambangnya.
3. Lambang
Merupakan
visualisasi dari berbagai konsep. Misalnya lambang 7 untuk menggambarkan konsep
bilangan tujuh, merah untuk menggambarkan konsep warna, besar untuk menggambarkan
konsep ruang, dan sebagainya.
3.
Model
Pengembangan Matematika melalui metode pembelajaran.
Metode yang digunakan oleh guru adalah salah satu kunci pokok di
dalam keberhasilan suatu kegiatan belajar yang dilakukan oleh anak. Pemilihan
metode yang akan digunakan harus relevan dengan tujuan penguasaan konsep,
transisi dan lambang dengan berbagai variasi materi, media dan bentuk kegiatan
yang akan dilakukan. Adapun metode yang dapat digunakan antara lain:
1. Metode Bercerita:
Adalah cara bertutur kata dan menyampaikan cerita atau memberikan
penerangan kepada anak secara lisan. Jenisnya antara lain, bercerita dengan
alat peraga, tanpa alat peraga, dengan gambar, dan lain-lain.
2. Metode Bercakap-cakap:
Adalah salah satu penyampaina bahan pengembangan yang dilaksanakan
melalui bercakap-cakap dalam bentuk tanya jawab antara anak dengan guru, atau
anak dengan anak. Jenisnya antara lain: bercakap-cakap bebas, berdasar-kan
gambar seri, atau berdasarkan tema.
No comments:
Post a Comment