Friday, December 31, 2021

RPP Bahasa Sunda Kelas 7 Semester 2

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah            : SMP .............................

Mata Pelajaran           : Bahasa dan Sastra Sunda

Kelas/Semester         : VII/2

Materi Pokok             : Aksara Sunda

Alokasi Waktu            : 6 Jam Pelajaran (3kali pertemuan)

 

 

A.   Kompetensi Inti

1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,  gotong royong, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator  Pencapain Kompetensi

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.8

Mengidentifikasi bentuk dan tata cara penulisan aksara Sunda sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

3.8.1

 

3.8.2

3.8.3

 

3.8.4

Menjelaskan sejarah ragam aksara Sunda.

Menunjukkan bentuk aksara Sunda.

Mengidentifikasi tata cara penulisan aksara Sunda dasar.

Mengidentifikasi tata cara penulisan rarangkén dalam aksara Sunda.

4.8

Menyusun dan menyajikan teks aksara Sunda dengan memperhatikan ketepatan bentuk dan kaidah penulisannya.

4.8.1

4.8.2

 

4.8.3

 

4.8.4

 

Menulis aksara Sunda dasar.

Menyusun kalimat sederhana menggunakan aksara Sunda.

Menyusun teks kompleks menggunakan aksara Sunda.

Menyajikan teks aksara Sunda dalam berbagai media dan bentuk.

 

 

* Nilai Karakter:

Gotong Royong, Rasa Ingin Tahu, Peduli Sosial, Integritas, Bersahabat, Toleransi, Cinta Tanah Air

 

 

 

C.   Tujuan Pembelajaran

 

Pertemuan Pertama

Melalui diskusi dan tanya jawab, secarapenuh rasa bangga akan kekayaan budayanya sendiripeserta didik dapat:

1)       menjelaskan sejarah ragam aksara Sunda dengan tepat;

2)       menunjukkan bentuk aksara Sunda dengan benar;

3)       mengidentifikasi tata cara penulisan aksara Sunda dasar dengan benar; dan

4)       mengidentifikasi tata cara penulisan rarangkén dalam aksara Sunda dengan tepat.

 

Pertemuan Kedua

Melalui unjuk kerja, secara individual dan penuh rasa bangga akan kekayaan budayanya sendiripeserta didik dapat:

1)       menulis aksara Sunda dasar dengan benar;

2)       menyusun kalimat sederhana menggunakan aksara Sunda dengan tepat; dan

3)       menyusun teks kompleks menggunakan aksara Sunda dengan tepat.

 

Pertemuan Ketiga

Melalui unjuk kerja, secara bergotong royong peserta didik dapat menyajikan teks aksara Sunda dalam berbagai media dan bentuk dengan kreatif.

 

D.  Materi Pembelajaran

 

1.        Materi Reguler

Pertemuan Pertama

a.         Sejarah aksara Sunda

b.         Bentuk aksara Swara, aksara Ngalagena, dan Rarangkén.

c.          Kaidah penulisan aksara Sunda

 

Pertemuan Kedua

a.    Menulis aksara Sunda dasar

b.    Menulis kalimat sederhana menggunakan aksara Sunda

c.     Menulis teks kompleks menggunakan aksara Sunda

 

Pertemuan Ketiga

Menyajikan aksara Sunda dalam berbagai media dan bentuk

 

2.     Materi Pengayaan

Aksara Sunda dalam Komputer dan Smartphones.

 

3.     Materi Remedial

Menyalin teks dalam aksara Latin ke aksara Sunda atau dari aksara Sunda ke aksara Latin.

 

E.   Metode Pembelajaran

1.   Pendekatan      : Scientific dan Komunikatif

2.   Metode             : Inquiry

3.   Teknik               : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Unjuk Kerja

 

F.   Media, Bahan dan Alat

1.   Media

Flashcard Aksara Sunda

 

2.   Bahan

2.1 Beberapa teks yang ditulis dalam aksara Sunda

2.2 Beberapa gambar penggunaan aksara Sunda dalam berbagai media dan bentuk

2.3 Lembar Kerja Siswa

 

3.   Alat

Komputer, LCD proyektor, kertas tempel, spidol, dan doubletape

 

G.   Sumber Belajar

 

Danadibrata, R.A. 2006. Kamus Basa Sunda. Bandung: Kiblat.

Faturohman, Taufik. 2017. Gapura Basa. Bandung: Geger Sunten.

Hadi, Ahmad, Drs. 1991. Peperenian. Bandung: Geger Sunten.

Hidayat, Rahmat Taufiq, spk. 2005. Peperenian Urang Sunda. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Lembaga Basa jeung Sastra Sunda. 2007. Kamus Umum Basa Sunda. Bandung:
Geger Sunten.

Risnawati, Dadang Nurjaman, Susi Budiwati. 2017. Rancagé Diajar Basa Sunda. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.

Setiawijaya, Dudi Rudiana, spk. Ngalagena Diajar Maca jeung Nulis Aksara Sunda. Bandung: Geger Sunten

https://youtube.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

H.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan Pertama

Kegiatan

Langkah-langkah Pembelajaran

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1)       Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian  mengecek kehadiran peserta didik;

2)       Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat;

3)       Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya; 

4)       Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran; 

5)       Guru memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran; dan

6)       Guru menyampaikan tehnik penilaian.

10 menit

Inti

1)       Peserta didik menyimak tayangan penggunaan aksara Sunda dalam berbagai media.

2)       Peserta didik bertanya jawab tentang sejarah aksara Sunda.

3)       Peserta didik mengidentifikasi bentuk aksara Swaradanaksara Ngalagena.

4)       Peserta didik membaca simbol vokal dan aksara ngalagena yang ditampilkanmelalui flash card  atau multimedia (komputer).

5)       Peserta didik mengamati simbol rarangkén dalam aksara Sunda.

6)       Peserta didik bertanya jawab tentang kaidah-kaidah menuliskan rarangkén  dalam aksara Sunda.

7)       Peserta didik mengidentifikasi kaidah-kaidah menuliskan rarangkén dalam aksara Sunda.

60 menit

Penutup

1)       Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran;

2)       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan; 

3)       Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

4)       Guru memberikan tugas individual kepada peserta didik untuk menulis identitas pribadi menggunakan aksara Sunda; dan

5)       Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.

10 menit

 

Pertemuan Kedua

Kegiatan

Langkah-langkah Pembelajaran

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1)       Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik;

2)       Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat;

3)       Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya; 

4)       Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang.

5)       Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran; 

6)       Guru memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran; dan

7)       Guru menyampaikan tehnik penilaian.

10 menit

Inti

1)       Peserta didik membaca kalimat yang menggunakan aksara Sunda.

2)       Peserta didikmenyusun kalimat sederhana menggunakan aksara Sunda.

3)       Peserta didik menyusun kalimat kompleks menggunakan aksara Sunda.

4)       Peserta didik menuliskan kalimat sederhana menggunakan aksara Sunda yang baik dan benar dengan tanggung  jawab.

5)       Peserta didik menuliskan kalimat kompleks menggunakan aksara Sunda.

60 menit

Penutup

1)       Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran;

2)       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan; 

3)       Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

4)       Guru memberikan tugas individual kepada peserta didik untuk menyusun grafis menggunakan aksara Sunda; dan

5)       Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.

10 menit

 

Pertemuan Ketiga

Kegiatan

Langkah-langkah Pembelajaran

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1)       Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik;

2)       Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat;

3)       Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya; 

4)       Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran; 

5)       Guru memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran; dan

6)       Guru menyampaikan tehnik penilaian.

10 menit

Inti

1)       Peserta didik menyusun kalimat kompleks menggunakan aksara Sunda dalam bentuk grafis.

2)       Peserta didik menyampaikan perbaikan kesalahan penulisan kalimat menggunakan aksara Sunda yang dilakukan temannya dengan jujur, tanggung jawab dan santun.

60 menit

Penutup

1)       Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran;

2)       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan; 

3)       Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya; dan

4)       Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.

10   enit

 

 

I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

 

1. Jenis/teknik penilaian

a.   Kompetensi Sikap:

     Pengamatan

b.   Kompetensi Pengetahuan:

     Tes Tulis

c.    Kompetensi Keterampilan:

     Unjuk Kerja

 

2. Bentuk Instrumen dan Instrumen

 

a. Kompetensi Sikap

Lembar Pengamatan

Mata Pelajaran               : Bahasa dan Sastra Sunda

Kelas/Semester              : VII/2

Tahun Ajaran                 : .........................

Waktu Pengamatan        : .........................

 

No.

Nama Siswa

“Sumanget”

“Leukeun”/

Tekun

“Tanggung jawab”

BT

MT

MB

MK

BT

MT

MB

MK

BT

MT

MB

MK

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

1.    BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh dalam belajar dan menyelesaikan tugas.

2.    MT (mulai tampak) jika menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh dalam belajar dan menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.

3.    MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh dalam belajar dan menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.

4.    MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam belajar dan menyelesaikan tugas secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

 

b.           Kompetensi Pengetahuan:

Soal Tes Tulis

1.         Aya sabaraha hiji aksara Swara? Pék tuliskeun hiji-hijina!

2.         Aya sabaraha hiji aksara Ngalagena? Pék tuliskeun hiji-hijina!

3.         Aya sabaraha hiji rarangkén dina aksara Sunda? jéntrékeun ngaran tur pungsina!

 

c. Kompetensi Keterampilan:

1.Pék jieun hiji kalimah ngagunakeun aksara Sunda, sing alus jeung bener bentuk sarta aturanana!

     2. Pintonkeun hasil jieunan hidep di hareupeun kelas, sangkan dikoréksi lamun aya kasalahan!

 

Lembar Penilaian Unjuk Kerja

No.

Aspék nu dipeunteun

Jumlah

1.

Karapihan tulisan: Wangun aksara, jajaran lempeng

10-20

2.

Kaajegan wangun aksara

10-20

3.

Benerna wangun aksara

10-20

4.

Benerna pananda sora (rarangkén)

10-20

 

Jumlah

40- 80

 

3. Pedoman Penskoran

(1)    Penilaian Afektif (NA)

-     Skala Skor: 1-4

-     Skor Maksimal = 3X4 = 12

-     Nilai Afektif = Skor Diperoleh X 100

        12

(2)    Penilaian Kognitif (NK)

-       Skala skor: 1-5

-       Skor Maksimal = 3X5 = 15

-       Nilai  Kognitif   = Skor diperoleh X 100

                                       15

(3)    Penilaian Psikomotor (NP)

-       Skala skor = 10 - 20

-       Skor Maksimal = 4 X 20 = 80

-       Nilai Psikomotor = Skor Diperoleh  X 100

80

 

 

v  Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswayang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaituAksara Sunda dalam Komputer dan Smartphones.

 

v  Remedial

Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswayang belum mencapai  ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:

a.         Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih siswabelum mencapai ketuntasan.

b.         Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% siswabelum mencapai ketuntasan.

c.          Bimbingan perorangan, jika 1-10% siswabelum mencapai ketuntasan.

 

 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive