Thursday, March 21, 2019

Perkembangan Konsep Hukum Internasional Tentang HAM



Perkembangan pemikiran HAM dunia bermula dari adanya piagam Magna Charta, The American Declaration (berpandang bahwa manusia adalah merdeka sejak didalam perut ibunya, sehingga tidaklah logis bila sesudah lahir ia harus dibelenggu), The French Declaration (tidak boleh ada penang-kapan dan penahanan yang semena-mena termasuk penangkapan tanpa alasan yang syah dan penahanan tanpa surat perintah yang dikeluarkan oleh pejabat yang syah. dalam kaitan itu berlaku prinsip resumption of innocent, artinya orang-orang yang ditangkap, kemudian ditahan dan dituduh, berhak dinyatakan tidak bersalah, sampai ada keputusan pengadilan berkekuatan hukum tetap menyatakan bersalah), dan The Four Freedom.
Selain itu, perkembangan pemikiran HAM dalam empat generasi:
1) Generasi Pertama : Pengertian HAM hanya berpusat pada bidang hukum politik. Fokus pemikiran HAM generasi pertama pada bidang hukum dan politik disebabkan oleh dampak dan situasi perang dunia ll, totaliterisme dan adanya keinginan negara-negara baru yang merdeka untuk menciptakan suatu tertib hukum yang baru.
2) Generasi Kedua : Pemikiran HAM tidak saja menuntut hak yuridis melainkan juga hak-hak sosial,ekonomi, politik, dan budaya.
3) Generasi Ketiga : Keadilan dan pemenuhan hak asasi haruslah dimulai sejak pembangunan itu sendiri, bukan setelah pembangunan itu selesai. Agaknya  pepatah kuno “justice delayed,justice deny” tetap berlaku untuk kita semua.

4) Generasi Keempat : Pemikiran ham generasi keempat dipelopori oleh negara-negara dikawasan asia yang pada tahun 1983 melahirkan deklarasi hak asasi manusia yang disebut declaration of the basic duties of asia people and goverment. Deklarasi ini lebih maju dari rumusan generasi ketiga, karena tidak mencakup tuntutan struktural tetapi juga berpihak terciptanya tatanan sosial yang berkeadilan.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive