RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X/1
Peminatan : Ilmu Sosial
Materi
Pokok : Penelitian dan Penulisan
Sejarah
Alokasi
Waktu : 6 x 45 menit ( 2x
pertemuan)
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif
dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.7 Menganalisis keterkaitan dan menerapkan
langkah-langkah penelitian
Sejarah terhadap berbagai peristiwa
Sejarah
4.7 Melakukan penelitian sejarah secara
sederhana dan menyajikanya dalam
bentuk laporan penelitian
Indikator
1.Menunjukkan
sikap tanggung jawab dalam mengerjakan tugas kelompok
2.
Menunjukkan sikap kerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok
3.
Menunjukkan sikap jujur dalam mengumpulkan dan menyajikan data
4.
Menunjukkan sikap santun dalam mengemukakan pendapat dalam diskusi dan
presentasi
5.
Mendeskripsikan tentang data dan fakta
dalam sejarah
6.
Menjelaskan tentang realibilitas, validitas dan kesahihan
7.
Menjelaskan konsep heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi dalam
penelitian sejarah
8.
Membedakan prinsip objektifitas dan
subjektifitas dalam penulisan sejarah
9.
Menemukan topik penelitian dalam penelitian sejarah
10.
Melakukan tahap penelitian dan penulisan sejarah secara sederhana
11.
Mengolah data penelitian sesuai kaidah penelitian sejarah
12.
Menulis hasil penelitian sejarah dalam bentuk laporan penelitian
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses
mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
·
Mendeskripsikan tentang data dan fakta dalam sejarah
·
Menjelaskan
tentang realibilitas, validitas dan kesahihan
·
Menjelaskan
konsep heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi dalam
penelitian sejarah
·
Menemukan
topic
penelitian sejarah
·
Menunjukkan
sikap kerjasama dalam mengerjakan tugas
·
Menunjukkan
sikap santun dalam mengemukakan pendapat dalam diskusi dan
presentasi
Melalui proses
mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan
siswa dapat:
·
Melakukan
penelitian sejarah secara sederhana
·
Mengolah
data penelitian sesuai kaidah penelitian sejarah
·
Menulis
hasil penelitian dalam bentuk laporan penelitian
·
Menunjukkan
perilaku jujur dalam mengumpulkan dan menyajikan data
·
Menunjukan
kerjasama dalam kerja kelompok
·
Menunjukkan
sikap tanggung jawab dalam mengerjakan
tugas kelompok
Materi Pembelajaran
·
Fakta
1.Pelaku sejarah
2.Saksi sejarah
3.Arsip arsip
4. Sumber sejarah
·
Konsep
1. Heuristik
2. Verifikasi
3. Interpretasi
4. Historiografi
·
Prinsip
1. Objektifitas penulisan
sejarah
2. Topik Penelitian
3. Data dan fakta sejarah
4. Realibilitas, validitas dan
sahih
·
Prosedural
1. Tahapan-tahapan Penelitian
Sejarah
2. Pengolahan data
3. Penyajian Hasil Penelitian
Alokasi Waktu
6 x 45 menit)
Pendekatan, Strategi dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Strategi : Cooperative learning
Metode
: Ceramah, diskusi, tanya jawab dan
penugasan
Pertemuan pertama (3 x 45 menit)
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi
hasil kompetensi (KD) sebelumnya tentang sumber sejarah
·
Mengkaitkan peran sumber sumber sejarah dengan penelitian dan penulisan
sejarah (KD yang akan datang)
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Bertanya
dan menagih secara lisan tugas membaca tentang penelitian sejarah yang sudah
ditugaskan pada pertemuan sebelumnya
·
Melaksanakan
pretes sederhana dengan kuis tentang hal hal yang berhubungan dengan
penelitian sejarah
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa
mengamati tayangan video tentang kegiatan sebuah penelitian
·
Siswa menyimak tentang hasil penelitian sejarah
Guru menilai keterampilan siswa mengamati
Menanya
·
Siswa
berdialog secara interaktif dengan guru tentang topic penelitian, data dan
fakta penelitian
·
Siswa
berdiskusi tentang peran sumber sejarah dan kelayakan sumber sejarah
(validitas, reliabilitas dan kredibilitas)
·
Siswa
berdiskusi tentang langkah langkah penelitian sejarah
Mencoba/mengeksplorasi
·
Siswa
dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 sd 6 orang
·
Siswa
dalam kelompok diminta untuk mencari topic penelitian
dan sumber sumber
sejarahnya dengan berdasar kelayakan sumber
Guru menilai sikap siswa dalam
kerja kelompok
Mengasosiasi
·
siswa
berdiskusi untuk menyimpulkan hubungan antara topic penelitian dengan sumber
sumber yang dibutuhkan berdasar kelayakan sumber
Guru membimbing/menilai kemampuan siswa mengolah
data dan merumuskan kesimpulan
Mengomunikasikan
·
Perwakilan
kelompok menyampaikan hasil diskusi melalui presentasi
Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan
dan tulisan
|
105 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi
·
Memberi tugas membaca mencari data tentang sejarah
berdirinya sekolah mereka
·
Melaksanakan postes dalam bentuk kuis
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi
hasil pretes dan postes pertemuan sebelumnya
·
Menagih
dan mengingatkan tugas membaca dan mencari data tentang sekolah mereka
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya
·
Dua
orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas
membaca dan mencari data tentang sejarah sekolah mereka
Mencoba
·
Siswa
dibagi dalam 5 kelompok dengan 5 - 6 anggota
·
Setiap
kelompok diberi topic yang sama yaitu penelitian tentang sekolah mereka
tetapi dengan kurun waktu yang berbeda (5 kurun waktu)
·
Tiap
kelompok diberi tugas untuk melakukan penelitian di sekitar sekolah dengan
melalui langkah penelitian sejarah dan
menuliskan hasil penelitiannya dalam bentuk laporan
Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan
kemampuan menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah dan
keterampilan mencoba dengan melakukan tahapan tahapan penelitian sejarah
Mengasosiasi
·
Siswa
mengkritisi hasil penelitiannya
yaitu hasil kaji pustaka dan wawancara
berdasar kritik intern dan kritik eksteren
·
Dengan
fasilitasi guru, siswa menginterpretasi data data yang diperoleh
·
Siswa
menuliskan hasil penelitiannya yaitu tentang sejarah sekolah mereka berdasar
kurun waktu yang telah ditetapkan
Guru menilai keterampilan mengolah dan menalar
Mengomunikasikan
·
Perwakilan
kelompok memaparkan hasil penelitiannya dan menyerahkan hasilnya pada guru
Guru menilai keterampilan berkomunikasi lisan dan
tulisan
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan sejarah sekolah dari waktu
ke waktu berdasar hasil penelitian
·
Melaksanakan postes
|
15 menit
|
Penilaian
1. Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses
dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi pada saat kerja
kelompok(sikap), presentasi hasil
diskusi , dan laporan tertulis hasil penelitian
(produk)
Sedangkan penilaian hasil
dilakukan melalui tes tertulis (pemahaman)
2. Aspek dan Instrumen
penilaian
Instrumen untuk menilai sikap
(tanggung jawab, kerjasama, santun dan jujur) menggunakan lembar pengamatan
Instrumen untuk menilai produk
yaitu presentasi kelompok dan laporan
penelitian menggunakan rubrik
Instrumen untuk menilai
pemahaman menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3. Contoh Instrumen
(Terlampir)
Sumber/Referensi
·
Buku
Pegangan Kurikulum 2013
·
Buku
sumber Sejarah SMA X
·
Djoened
Poesponegoro, Marwati, dan Nugroho Notosusanto. 2009. Sejarah Nasional
Indonesia II. Jakarta: Balai Pustaka.
·
Mulyana,
Slamet. 1979. Nagara Kretagama dan Tafsir Sejarahnya. Jakarta: Bhratara.
·
Soekmono,
R. 1985. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 2. Yogyakarta: Kanisius.
·
Yamin,
Muhammad. 1966. Lukisan Sedjarah. Djakarta: Djambatan.
..................................
Mengetahui Kepala SMA .... Guru Mata
Pelajaran Sejarah
.................................. ..................................
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment