Thursday, March 14, 2019

Sistem Piramida Pada Sistem Latihan

Sistem dalam kamus besar bahasa indonesia yang oleh disusun Arfina  adalah” perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Sedangkan pengertian piramida dalam kamus besar bahasa indonesia adalah” bentuk atau bangun yang menyerupai segi tiga sama kaki yang sudutnya terbentuk oleh dua kaki itu berada di atas limas”. Sedangkan dalam dunia olahraga system piramida adalah sebuah system latihan yang diawali dengan beban yang ringan dan diakhiri dengan beban yang berat dan setiap repetisinya berkurang (Harsono, 1988: 198).
1.        Kelebihan Sistem Piramida
Beberapa kelebihan system piramida yang dilihat dari sisi sitem ilmu faal secara fisiologis (adaptasi) yaitu di awali dengan beban yang ringan dan menuju beban yang berat akan menguntungkan otot dalam percepatan beradaptasi dalam memulai latihan dengan beban yang berat. “ It has taken bodybuilders years to dicover that this is the optimum way to trick the mucsle into working their hardest amnd making the most  progress without straining  them whit beredom”(Joycevedral, 2010: 1) maksud dari kutipan di atas ialah bahwa menggunakan latihan dengan sistem piramida otot-otot akan bekerja maksimal sehingga terdapat kemajuan, Dari sisi peningkatan menunjukan perubahan pada intensitas dengan kata lain dengan sistem piramida lebih melatih daya tahan otot dan memberikan otot untuk bekerja maksimal. Dilihat dari dampak psikologi sistem piramida ini relatif lebih menguntungkan karena d tinjau dari pengaturan intensitas beban yang yang tepat ketika di mulai dari beban yang ringan. (hasil wawancara dengan dosen kondisi fisik Dikdik Zafar Sidik 2011, 30 januari).
2.        Kelemahan Sistem Piramida
Beberapa kelemahan system piramida yang dilihat dari sisi sistem ilmu faal secara fisiologis (adaptasi) yaitu di tuntut kualitas daya tahan otot yang lebih baik untuk mengawali adaptasi beban latihan, sehingga pada akhir dapat menunjukan kualitas beban yang maksimal(hasil wawancara dengan dosen kondisi fisik Dikdik Zafar Sidik 2011, 30 januari). ” The big mistake I see a lot of people make is that they grab a light weight for a warm up and move the weight at lightning speed for 10-15,.the problem with this is tahat doesn’t prepare your nervous sytem properly to deliver a strong impluse to the muscle when you hit your heavy low rep set”. (fitnessblackbook.training pyramid-set-are-bad-for-streng-gains: 2010: 1), maksud dari kutipan diatas, dilihat dari sisi psikologi di butuhkan kualitas psikis dalam mempertahankan durasi latihan (pengelolaan ‘psychological rest’) ketika istirahat ringan saat latihan.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive