Friday, March 15, 2019

Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Potensi Peserta Didik


Seorang guru harus memahami karakteristik anak didiknya, sehingga tujuan pembelajaran, materi  yang disiapkan, dan metode yang dirancang untuk menyampaikan nya benar-benar sesuai dengan karakteristik anaknya. Ada dua metode yang sering dipakai dalam perkembangan manusia yaitu longitudinal membandingkan karakteristik anak yang sama pada usia yang berbeda-beda, sehingga perbedaan dapat diasumsikan sebagai hasil perkembangan dan pertumbuhan. Dan metode yang kedua csros sectional yaitu peneliti mengamati dan mengkaji banyak anak dengan berbagai usia dalam waktu yang sama. Ada beberapa teori perkembangan yaitu teori yang termasuk khusus spesifik diantaranya : Jean Jacques Rousseau, Stanley hall, Robert J. Havigurst, Jean Piaget, Lawrence Kohlberg, Erick Homburger Erickson.
Karakteristik perkembangan anak usia dini sangat unik, dan karakteristik perkembagan anak usia dini meliputi : nilai moral agama, sosiao-emosional, kognitif, Bahasa, fisik motoric, dan seni.
a.    Adapun karakteristik perkembangan nilai moral agama, anak sudah  mampu memperhatikan perilaku keagamaan yang diterima melalui inderanya. Padausia dini anak membangun moralitas melalui penginderaan dan pengalaman dalam berinteraksi dengan lingkungan, semakin baik lingkungan moral tempat anak tumbuh kembang, maka semakin baik  pula perkembangan moral anak.
b.    Karakteristik perkembangan Sosial emosional  anak, menurt Hurlock (1978) mengemukakan bahwa perkembangan sosial berarti perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntunan sosial. Perkembangan sosial merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial mulai dari sifat egosentrik, individual kearah interaktif, komunal. Perkembangan sosial meliputi dua aspek penting yaitu kompetensi sosial dan tanggung jawab. Kompetensisosial menggambarkan kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial secara efektif, sedangkan tanggungjawab sosial terhadap  sesuatu ditunjukkan oleh komitmen anak terhadap tugas-tugasnya, menghargai perbedaan individual, memperhatikan lingkungannya, dan mampu menjalankan fungsinya sebagai warga negara  yang  baik.
c.    Karakteristik perkembangan Kognitif anak, memiliki karakter yang unik. Menurut Pieget(1971:23) TK berada pada periode pra operasional (2-7 thn), denganciri-ciri sebagai berikut :
1.    Pada tahun pertama (2-4 tahun) anak sering bertanya dan menyelidiki sendiri.
2.    Pada tahun berikut (4-7 tahun) penalarannya berkembang secara”intuitif”/penalaran yang terjadi secara spontan.
3.    Anak memiliki kemampuan untuk memahami (concervation)
4.    Penalaranya itu anak masih di warani oleh fantasinya.
5.    Egosentris mulai berkurang.
d.   Karakteristik perkembangan bahasa anak, bahwa perkembangan Bahasa anak terjadi secara bertahap dan sangat cepat. Kemampuan berbahasa anak diaktualisasikan dengan berbagai cara, yakni berkomunikasi dengan orang lain untuk mengekpresikan ide, gagasan, benda-benda dan peristiwa yang dialaminya. Disamping itu daya serap anak mengenai Bahasa sangat tinggi, karena itu peran lingkungan sangat membantu perkembangan kemampuan berbahsa anak.
e.    Karakteristik perkembangan motoric anak, menurut Snowman yaitu : anak pada umumnya sangat aktif, anak memerlukan istirahat yang cukup, perkembangan otot besar /motorik kasar lebih dominan daripada ototkecil/motoric halus, anak masih sering mengalami kesulitan dalam memfokuskan pandanganya terutama pada obyek ukuran kecil, tubuh anak masih bersifat lentur, anak perempuan lebih terampil dari pada anak laki-laki. 
Karakteristik perkembangan seni anak, menurut Pieget Dab Inhelder, mengemukakan bahwa anak usia 2 sampai 5 tahun berada pada tahap ini, anak pada tahap preskematik. Pada tahap ini, anak dapat memikirkan suatu objek dan mulai merepresentasikannya dalam tulisan ceker ayam, tetapi masih memiliki sifat dan fungsi yang berubah-ubah. 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive