Langkah-langkah
penggunaan sosiodrama:
a. Persiapan
1) Menentukan masalah pokok
a.
Persoalan pokok diambil dari situasi sosial yang
didapat dan dikenal oleh siswa.
b.
Persoalan yang dipilih hendaknya bertahap.
c.
Guru pembimbing membuat tema, dan garis besar
lakonnya yang akan diperankan.
2) Pemilihan pemeran dapat dilakukan dengan menunjuk
siswa yang kira-kira dapat mendramatisasi sesuai dengan maksud
dan tujuan pelaksanaan sosiodrama.
3) Mempersiapkan pemeran dan penonton, dengan kata
lain pemeran drama membuat perencanaan dalam pelaksanaan drama agar
berjalan dengan baik, rapih, dan terencana.
b.Pelaksanaan
Pemeran yang telah disiapkan, selama 30 menit
kemudian dipersiapkan untuk mendramatisasikan menurut pendapat dan kreasi mereka.
c. Tindak lanjut
Sosiodrama sebagai cara mengajar tidak berakhir pada
pelaksanaan dramatisasi saja, melainkan hendaknya dilanjutkan dengan sesi tanya
jawab, diskusi, kritik, dan analisa.
Keunggulan metode sosiodrama dalam proses
pembelajaran adalah sebagai berikut :
1)
Dengan teknik bermain peran siswa lebih tertarik
perhatiannya pada pelajaran karena masalah sosial dirasakan akan sangat berguna
bagi mereka.
2)
Siswa lebih mudah memahami masalah-masalah
sosial karena siswa mengalami sendiri, melalui bermain peran.
No comments:
Post a Comment