Monday, December 25, 2017

Pertanyaan seputar ilmu alamiah dasar

1.      Faktor apa saja yang menyebabkan kelahiran ilmu alamiah dasar
1)‎ Kelahiran alam semesta
Kelahiran alam semesta di sebut sebagai faktor yang mempengaruhi Ilmu Alamiah Dasar karena hampir semua pemikiran yang berkaitan dengan IAD menggunakan alamiah yang realitas shingga faktor kelahiran alam semesta penting untuk menjadi faktor IAD.
‎2)‎ Tata surya
Tata surya dijadikan faktor yang mempengrauhi Ilmu Alamiah dasar karena tata surya telah ada sebelum ilmu alamiah dasar itu ada dan karna tata surya itu adalah sebuah temuan yang realita (nyata) sehingga dapat di simpulkan menjdi faktor penyebab ilmu alamiah dasar.
‎3)‎ Bumi
Salah satu faktor yang mempengaruhi Ilmu Alamiah Dasar itu adalah bumi karena di bumi itu makhluk hidup bertempat tinggal sehingga semua prinsip-prinsip atau metode-metode realita yang diterpakan di Ilmu Alamiah dasar dapat di cari dan dikembangkan di muka bumi.
‎4)‎ Perkembagan makhluk hidup (manusia)
Makhluk hidup contohya seperti manusia (karena manusia berbeda dengan hewan dan tumbuhan yang hanya mempunyai naluri/perasaan tpi tidak punya akal budi) mempunyai akal budi dan kemauannya yang sangat kuat setiap kali dia berkembang,sehingga dapat mengembangkan keinginannya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan karena keinginannya itu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan manusia dapat melakukan atau membuat suatu metode atau prinsip yang realita dan dapat di lihat oleh panca indra untuk suatu pemikiran ilmu almaiah.
‎5)‎ Asal mula kehidupan di bumi
Faktor ini salah satu menjadi factor yang sangat-sangat mempengaruhi Ilmu Alamiah Dasar karena Ilmu Alamiah Dasar itu selalu memakai metode-metode yang sifatnya realitas sehingga sangat diprlukan keasal mula kehidupan dibumi untuk dijadikan sebuah metode atau perinsip untuk membuat suatu pemikiran ilmiah.
2.      Objek kajian ilmu alamiah dasar mencakup adalah:
a.         Kelahiran Alam Semesta
b.         Masalah Tata Surya
c.         Asal Mula Kehidupan Di Bumi
d.        Perkembangan dan Variabilitas Makhluk Hidup
Tujuan ilmu alamiah dasar adalah untuk :
a.         memahami sejarah ilmu alamiah dasar, dengan mempelajarinya kita mampu belajar mengenai bagaimana terventuknya ilmu alamiah dasar mulai dari yang sederhana hingga sekompleks sekarang.
b.         mengetahui perkembangan ilmu alamiah dasar dengan mempelajarinya menjadi banyak percabangan ilmu pengetahuan. Ilmu alamiah dasar menjadi inti pokok dari perkembangan aneka ilmu pengetahuan. Seperti ilmu sosial yang bercabang menjadi sejarah, ekonomi dan lain sebagainya.
c.         memahami keterbatasan ilmu alamiah dasar. Ilmu alamiah dasar selain juga bermanfaat bagi umat manusia juga memiliki keterbatasan. Manusia yang mengembangkan ilmu pengetahuan, namuan ilmu pengetahuan yang dikembangkan menjadi ilmu alamiah dasar memiliki keterbatasan pemikiran. Sehingga, ilmu pengetahuan yang dikembangkan menjadi tidak sempura juga. Misalnya pengembangan nuklir. Nuklir yang juga mampu menolong umat manusia lewat energi yang dihasilkannya namun kebocoran nuklir mampu memustakan manusia itu sendiri.
d.        mengajari manusia untuk bertindak bijaksana. Ilmu alamia dasar yang terus saja berkembang seiring dengan pertumbuhan jumlah manusia dan sumber daya alam yang semakin berkurang. Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan manusia dituntut untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan sehemat mungkin, bukan dengan menggunakan secara boros.
e.         mengajarkan manusia untuk belajar menanggulangi kerusakan lingkungan akibar tindakan manusia. Ilmu alamiah dasar mengajari manusia untuk bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukannya. Ekplorasi yang terjadi secara berlebihan menjadikan banyak bencana alam dan kerusakan lingkungan alam yang terjadi. Dengan ilmu alamiah dasar manusia belajar bahwa manusia tidak akan ada artinya tanpa adanya lingkungan yang mendukung segala macam aktivitasnya yakni alam. Segala kehidupan manusia bersumber dari alam dan jika alam mengalami kerusakan maka manusia juga mengalami gangguan. Misalnya : reboisasi, penghijauan dan lain sebagainya.
f.          mengajari bagaimana ilmu alamiah dasar sangat berperan bagi umat manusia. Dengan ilmu alamiah dasar kita mampu mengembangkan pikiran, menjawab segala pertanyaan yang timbul dari manusia, sekaligus ilmu alamiah dasar juga mampu memberikan kenyamanan dan juga kesenangan dengan lingkungannya. Dengan itulah manusia menggunakan ilmu alamiah dasar.
3.      Semua keahlian berdasarkan dalam empat pandangan utama yaitu matematika, fisika, biologi dan ilmu sosial. Jelaskanlah objek dari masing-masing ilmu tersebut ?
Semua keahlian ilmu berdasarkan dalam empat pandangan utama yaitu Matematika, Fisika, Biologi, dan ilmu sosial. Matematika menelaah hubungan antara bilangan, bentuk dan lambang logis lainnya. Ilmu fisika menelaah bagian-bagian alam semesta yang tidak bernyawa. Biologi menelaah tentang hidup, materi kehidupan. Ilmu sosial menelaah tentang perilaku manusia baik kolektif maupun individual.
Dari keempat pandangan tersebut bukan merupakan bidang tertutup, tetapi berkaitan satu sama lain. Kecenderungan saling mengisi satu sama lain akan tampak jelas dengan munculnya ilmu-ilmu interdisiplin misalnya biostronaotika merupakan suatu hibrid antara biologi, astronotika dan fisika. Ruang angkasa dipelajari akibat perjalanan keruang angkasa pada tubuh manusia.
Bila ditinjau dari segi konsep-konsep IPA, menjelang permulaan abad ke-20, terjadi perkembangan fundamental yaitu dari IPA klasik menjadi IPA modern. Konsep-konsep IPA modern diturunkan dari sistem mikroskopis yaitu sistem yang mempelajari dalam skala kecil seperti molekul, atom, elektron dsb

4.      Jelaskan pengaruh ilmu pengetahuan alam  dana teknologi tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena keduanya mempunyai hubungan yang erat satu sama lain dimana IPA sebagai sebuah ilmu yang dapat menimbulkan hal-hal baru berupa teknologi berdasarkan hasil kerja keras para scientist dalam meneliti dan menganalisa sebuah ilmu. Hasilnya sangat  berperan bagi kehidupan manusia dalam melangsungkan kehidupannya
Penemuan teknologi akibat penelitian IPA tlah membawa manusia meninggalkan kehidupan traditional yang kolot. Teknologi yang telah mengikat manusia seakan seperti hama yang terus mengikuti kemanapun kehidupan manusia. Teknologi tidak akan pernah punah dan terus berkembang sampai dunia ini berakhir.
5.      Teori relativitas dari Einstein tentang perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya pada ilmu Fisika terbagi 2 macam yaitu umum dan khusus.
Relativitas umum adalah teori gravitasi yang dikembangkan oleh Einstein pada tahun 1907-1915. Pengembangan relativitas umum dimulai dengan asas ekivalensi, di mana keadaan gerak dipercepat dan diam pada sebuah medan gravitasi (contohnya, ketika berada pada pada permukaan bumi) yang identik secara fisik. Hasilnya adalah jatuh bebas adalah gerak inersia: objek yang sedang jatuh bebas akan jatuh karena itulah bagaimana objek bergerak ketika tidak ada gaya yang diberikan pada benda tersebut, bukan akibat gaya gravitasi seperti pada kasus mekanika klasik. Maka hal ini tidak cocok dengan mekanika klasik dan relativitas khusus karena pada teori ini objek yang bergerak inersia tidak dapat mempercepat terhadap satu sama lain, namun objek yang jatuh bebas dapat. Untuk menyelesaikan masalah ini, Einstein mengajukan bahwa ruang-waktu adalah kelengkungan. Tahun 1915, ia merancang persamaan medan Einstein yang menghubungkan kelengkungan ruang-waktu terhadap massa, energi, dan momentum.
Beberapa akibat relativitas umum adalah:
·      Jam akan bergerak semakin lambat pada lubang gravitasi yang makin dalam. Hal ini disebut dilatasi waktu gravitasi.
·      Presesi orbit dengan cara yang tidak sama dengan teori gravitasi Newton. (Hal ini telah diamati pada orbit Merkurius dan binary pulsar).
·      Sinar cahaya berbelok dengan adanya medan gravitasi.
·      Massa berotasi "menyeret" sepanjang ruang-waktu di sekitarnya, fenomena yang dikenal dengan "frame-dragging".
·      Meluasnya alam semesta, dan bagian yang jauh bergerak dari kita lebih cepat dari kecepatan cahaya
Relativitas khusus adalah teori mengenai struktur ruang-waktu. Diperkenalkan oleh Einstein melalui karyanya tahun 1905, Tentang Elektrodinamika Benda Bergerak (untuk kontribusi fisikawan lainnya lihat Sejarah relativitas khusus). Relativitas khusus menunjukkan bahwa jika dua pengamat berada dalam kerangka acuan lembam dan bergerak dengan kecepatan sama relatif terhadap pengamat lain, maka kedua pengamat tersebut tidak dapat melakukan percobaan untuk menentukan apakah mereka bergerak atau diam. Bayangkan ini seperti saat Anda berada di dalam sebuah kapal selam yang bergerak dengan kecepatan tetap. Anda tidak akan dapat mengatakan apakah kapal selam tengah bergerak atau diam. Teori relativitas khusus disandarkan pada postulat bahwa kecepatan cahaya akan sama terhadap semua pengamat yang berada dalam kerangka acuan lembam.
Postulat lain yang mendasari teori relativitas khusus adalah bahwa hukum fisika memiliki bentuk matematis yang sama dalam kerangka acuan lembam manapun. Dalam teori relativitas umum, postulat ini diperluas untuk mencakup tidak hanya kerangka acuan lembam, namun menjadi semua kerangka acuan.
Teori ini juga menyebabkan banyak kejutan. Beberapa diantaranya adalah:
·           Relativitas simultanitas: 2 kejadian yang simultan untuk 1 pengamat, mungkin tidak simultan bagi pengamat lainnya jika ia bergerak relatif.
·           Dilatasi waktu: Jarum jam akan bergerak lebih lambat daripada jam pengamat yang "diam".
·           Massa relativistik
·           Kontraksi panjang: Objek akan memendek pada arah di mana mereka bergerak dalam kaitannya dari pengamat.
·           Ekivalensi massa–energi: E = mc2, energi dan massa ekivalen dan dapat berubah satu sama lain.
·           Kecepatan maksimum terbatas: Tidak ada objek, pesan, atau garis medan dapat bergerak lebih cepat daripada kecepatan cahaya di ruang hampa.

·           Efek gravitasi hanya dapat berpindah melalui ruang hampa pada kecepatan cahaya, tidak lebih cepat atau seketika.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive