Thursday, December 7, 2017

PERTANYAAN SEPUTAR MEDIA PEMBELAJARAN DI TK


1.    Apa yang dimaksud media pembelajaran
    Media pembelajaran adalah merupakan benda-benda, baik alat maupun bahan yang berisi pesan yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.  Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
2.    Apa tujuan media pembelajaran ?
     adalah membantu anak didik dalam belajar agar lebih cepat mengetahui, memahami, dan upaya terampil dalam mempelajari sebuah materi yang dipelajarinya, sehingga terciptakan suasana pembelajaran yang menarik, aktif, efektif, dan efisien. Tujuan yang ingin dicapai adalah terjadinya proses belajar pada diri anak.
3.    Apa manfaat penggunaan media pembelajaran bagi anak ?
a.    Menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara siswa dengan sumber belajar.
b.    Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis. Karena semakin banyaknya verbalisme maka semakin abstrak pemahaman yang diterima.
c.    Mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama.
4. Sebutkan jenis-jenis media pembelajaran !
a.         Media visual adalah media yang hanya dapat dilihat.
Media visual yang dapat diproyeksikan pada dasarnya merupakan media yang menggunakan alat proyeksi (disebut proyektor) dimana gambar atau tulisan akan nampak pada layar (screen) diantaranya film, baik yang diputar melalui VCD, DVD, LCD, maupun melalui proyektor. Media visual yang tidak dapat diproyeksikan terdiri atas media gambar diam/mati, media grafis, media model, dan media realia
b.        Media Audio
media audio mengandung pesan dalam bentuk auditif (berkaitan dengan indera pendengaran) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan untuk mempelajari isi tema.
c.         Media Audio-Visual
Media audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar, merupakan kombinasi dari media visual dan audio yang sering disebut media pandang dengar.
5. Sebutkan langkah-langkah sistematis yang perlu dilakukan pada saat membuat rancangan media !       a. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik anak
    b. Merumuskan tujuan pembelajaran
    c. Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan
    d. Mengembangkan alat pengukur keberhasilan
    e. Membuat desain media
    f. Melakukan revisi
6. Hal apa saja yang harus diperhatikan dalam pembuatan media pembelajaran ?

a.    Bahan mudah didapat di lingkungan sekitar sekolah dan murah atau bisa dibuat dari bahan bekas/sisa.
b.    Tidak menggunakan bahan yang berbahaya bagi anak.
c.    Dapat menimbulkan kreativitas, daya khayal dan daya imajinasi serta dapat digunakan untuk bereksperimen dan bereksplorasi.
d.   Sesuai dengan tujuan dan fungsi sarana.
e.    Media pembelajaran yang dirancang harus memungkinkan anak untuk menggunakannya baik secara individual, kelompok atau secara klasikal.
f.     Dibuat sesuai dengan tingkat perkembangan anak.


1 comment:

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive