1.
Potensi dan Bakat Anak
Setiap anak mempunyai kemampuan untuk mengungkapkan dirinya secara
kreatif sejak lahir. Pada dasarnya kreatif dalam berkarya adalah kemampuan
untuk banyak membuat karya-karya yang baru dari pengalaman dan pengetahuan yang
diperolehnya.
Potensi dan bakat yang dimiliki oleh anak sejak lahir dapat dikembangkan
dalam berbagai kemampuan tertentu yaitu:
a.
Kemampuan Fisik
Kemampuan
fisik yang perlu dikembangkan adalah kemampuan panca indera dalam mengamati benda
dan peristiwa-peristiwa sehari-hari. Selain itu juga keterampilan tangan dalam
menggunakan alat gambar melalui latihan-latihan keterampilan tersebut sangat
membantu anak untuk berekspresi.
b.
Kemampuan Berpikir
Gambar
atau lukisan karya anak-anak merupakan curahan perasaan, pikiran dan imajinasi
anak-anak yang kadang-kadang diungkapkan dalam lambang-lambang yang sulit
dimengerti oleh orang dewasa.
c.
Hasrat dan Rasa Ingin Tahu
Setiap
anak tentu mempunyai hasrat untuk maju, seringkali anak menangis karena
keinginannya tidak terpenuhi. Salah satu usaha untuk mengembangkan hasrat ingin
maju atau ingin tahu pada anak yaitu menyediakan bahan dan alat bantu belajar
baru yang beraneka ragam.
d.
Perasaan keindahan, kesadaran budi dan hati nurani
Pendidikan
seni rupa harus mampu mengembangkan perasaan budi serta nurani anak yang dibawa
sejak lahir. Tema seperti bencana alam, pengemis berjalan tertatih-tatih,
melakukan ibadah dan sebagainya adalah tema-tema yang dapat menyentuh hati
nurani anak. Menyajikan pemandangan alam yang indah atau langit biru yang
mempesona yang diutarakan oleh guru secara menarik sebelum berkarya adalah
salah satu upaya meningkatkan perasaan keindahan.
e.
Daya Fantasi dan Imajinasi
Anak
usia dini masih mempunyai daya fantasi besar, karena kemampuan berpikirnya
belum berkembang seperti orang dewasa. Mereka mengalami kesulitan untuk
berkomunikasi secara lisan. Kesulitan ini disalurkan oleh anak ke dalam bahasa
visual atau gambar. Umumnya gambar yang dibuat anak-anak itu merupakan gambar
berwarna, yaitu mengungkapkan segala sesuatu yang diketahuinya, semacam gambar
bercerita. Dengan demikian tujuan pendidikan seni rupa yang baik harus mampu
untuk mengembangkan lima kemampuan yang terdapat pada diri anak itu sesuai
dengan kemampuan dan perkembangan jiwanya.
No comments:
Post a Comment