Saturday, December 9, 2017

Potensi dan Bakat Anak

1.    Potensi dan Bakat Anak
Setiap anak mempunyai kemampuan untuk mengungkapkan dirinya secara kreatif sejak lahir. Pada dasarnya kreatif dalam berkarya adalah kemampuan untuk banyak membuat karya-karya yang baru dari pengalaman dan pengetahuan yang diperolehnya.
Potensi dan bakat yang dimiliki oleh anak sejak lahir dapat dikembangkan dalam berbagai kemampuan tertentu yaitu:
a.       Kemampuan Fisik
Kemampuan fisik yang perlu dikembangkan adalah kemampuan panca indera dalam mengamati benda dan peristiwa-peristiwa sehari-hari. Selain itu juga keterampilan tangan dalam menggunakan alat gambar melalui latihan-latihan keterampilan tersebut sangat membantu anak untuk berekspresi.
b.      Kemampuan Berpikir
Gambar atau lukisan karya anak-anak merupakan curahan perasaan, pikiran dan imajinasi anak-anak yang kadang-kadang diungkapkan dalam lambang-lambang yang sulit dimengerti oleh orang dewasa.
c.       Hasrat dan Rasa Ingin Tahu
Setiap anak tentu mempunyai hasrat untuk maju, seringkali anak menangis karena keinginannya tidak terpenuhi. Salah satu usaha untuk mengembangkan hasrat ingin maju atau ingin tahu pada anak yaitu menyediakan bahan dan alat bantu belajar baru yang beraneka ragam.
d.      Perasaan keindahan, kesadaran budi dan hati nurani
Pendidikan seni rupa harus mampu mengembangkan perasaan budi serta nurani anak yang dibawa sejak lahir. Tema seperti bencana alam, pengemis berjalan tertatih-tatih, melakukan ibadah dan sebagainya adalah tema-tema yang dapat menyentuh hati nurani anak. Menyajikan pemandangan alam yang indah atau langit biru yang mempesona yang diutarakan oleh guru secara menarik sebelum berkarya adalah salah satu upaya meningkatkan perasaan keindahan.
e.       Daya Fantasi dan Imajinasi

Anak usia dini masih mempunyai daya fantasi besar, karena kemampuan berpikirnya belum berkembang seperti orang dewasa. Mereka mengalami kesulitan untuk berkomunikasi secara lisan. Kesulitan ini disalurkan oleh anak ke dalam bahasa visual atau gambar. Umumnya gambar yang dibuat anak-anak itu merupakan gambar berwarna, yaitu mengungkapkan segala sesuatu yang diketahuinya, semacam gambar bercerita. Dengan demikian tujuan pendidikan seni rupa yang baik harus mampu untuk mengembangkan lima kemampuan yang terdapat pada diri anak itu sesuai dengan kemampuan dan perkembangan jiwanya.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive