Saturday, December 23, 2017

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan


Produktivitas kerja karyawan dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Suprihanto (1986 : 19) menyebutkan sejumlah faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja, yaitu bakat, pendidikan dan pelatihan, nutrisi,lingkungan dan fasilitas, iklim kerja, motivasi dan kemauan, hubungan industrial, teknologi, manajemen, kesempatan berprestasi, investasi, perizinan, moneter, dan distribusi.
Sedangkan Bernardin dan Russell (1993 : 518) menyebutkan pengetahuan, keterampilan, abilitas, sikap, dan perilaku pegawai sebagai faktor yang berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja.
Hasil penelitian (McTaque, Timpe, 1989 : 7) menemukan penyebab penurunan produktivitas tenaga kerja serta cara-cara mengubah kecenderungan tersebut. Dalam penelitian tersebut antara lain disimpulkan bahwa hampir 85% dari berbagai faktor yang mempengaruhi produktivitas bersumber dari internorganisasi. Empat per lima (415) dari faktor-faktor intern ini dapat diubah oleh tindakan-tindakan eksekutif dan manajerial. Sementara itu satu per lima (1/5) dipengaruhi oleh para pekerja.
Sejumlah hasil penelitian lain tentang faktor yang mempengaruhi produktivitas dilaporkan oleh Payman, (2001 : 92) yang dapat dikemukakan sebagai berikut :
1.    Penelitian Karyadi (1973) menunjukkan ada kaitan antara status gizi dengan produktivitas.
2.    Penelitian McCormick dan Elgan (1980) menemukan bahwa penampilan seseorang dalam bekerja sangat erat hubungannya dengan produktivitas kerja yang diperoleh.
3.    Penelitian Kubr (1986) menunjukkan bahwa tingkat pendidikan turut menentukan produktivitas kerja seseorang.
4.    Penelitian Invacke (1952) menemukan bahwa intelegensi, keterampilan, pengalaman, masa kerja, dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan.
5.    Penelitian Mitchell (1978) menunjukkan bahwa untuk menghasilkan prestasi dan produktivitas kerja yang tinggi harus ada dua faktor penting, yaitu factor kemampuan personal dan motivasi, tanpa kehadiran kedua faktor ini, prestasi kerja yang tinggi tidak mungkin tercapai.
6.    Penelitian Tiffin dan McCormick (1958) menemukan dua macam faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja seseorang, yaitu faktor karakteristik individu dan kondisi kerja. Karakteristik individu meliputi kecakapan, perhatian, kepribadian, sikap, pelatihan, dan motivasi. Sedangkan kondisi kerja mencakup lingkungan fisik, penerangan, suara, suasana kerja, dan waktu kerja, serta istirahat.

Berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas yang diungkapkan di atas, penelitian ini menelaah pendidikan dan pelatihan. Pemilihan kedua faktor tersebut didasari oleh pemikiran bahwa untuk dapat mengerjakan sesuatu lebih baik dan bekerja lebih cerdik diperlukan pengetahuan, kreativitas, dan keterampilan serta keinginan untuk mengerjakan pekerjaan, sehingga untuk dapat bekerja produktif diperlukan kemampuan yang handal serta motivasi yang kuat untuk bekerja. Sedangkan keterampilan yang handal untuk bekerja diperoleh melalui pelatihan.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive