Saturday, December 9, 2017

Peranan Guru Dalam Menggambar


Guru memegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, terutama dalam mengajarkan bagaimana cara menggambar atau memberikan contoh gambar untuk ditiru oleh anak. Peranan ugru memberikan inspirasi, memberikan kejelasan/klasifikasi, menerjemahkan gagasan, perasaan dan reaksi anak dalam bentuk-bentuk gambar atau menciptakan iklim yang menunjang bagi kegiatan menggambar anak.
Beberapa cara yang dapat dijadikan alat motivasi oleh guru pada awal pembelajaran seni yaitu insentif, membangun pengalaman probadi (ingatan, sosial emosional), pengalaman langsung kepada objek di lingkunagn, asosiasi gagasan dengan bahan/media dan perluasan pengetahuan.
Insentif dapat diartikan penguatan yang memungkinkan para anak didik terangkat minatnya untuk mengikuti pelajaran seperti kata-kata pujian, acungan jempol, gerak mimic atau tanda persetujuan dan penerimaan guru kepada anak yang mengemukakan gagasan menarik.
Membangun ingatan perlu dilakukan untuk mengungkapkan kembali pengalaman anak. Caranya dengan menggunakan pancingan-pancingan kata-kata. Asosiasi emosional dapat menyentuh perasaan dan imajinasi gagasan yang berkaitan dengan ekspresi menghasilkan karya yang lebih berkualitas. Guru berupaya agar pengetahuan siap mengenai suatu objek yang telah diimitasi oleh anak dapat dilakukan dengan diskusi pada awal kegiatan, waktu kegiatan sedang berlangsung atau setelah hasil karya selesai dibuat anak. Pengetahuan yang luas akan memperlancar proses kreasi bahkan meningkatkan daya tarik hasil karya (Wachowiah dan Clements, 1993)

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive