Saturday, December 23, 2017

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia


Adapun pengertian manajemen menurut Terry yang dialihbahasakan olehWinardi (1994 : 4) adalah :
"Manajemen merupakan sebuah proses yang khas, yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya".
Sedangkan pengertian personalia menurut Manulang (1987 : 16) yang disebut dengan istilah kepegawaian adalah :
"Kepegawaian yang mengandung arti keseluruhan orang-orang yang dipekerjakan dalam suatu badan tertentu, baik di lembaga-lembaga pemerintahan maupun dalam badan-badan usaha".
Adapun pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia, penulis kutip dari beberapa pendapat ahli sebagai berikut :
1.    Ranupanojo dan Husnan (1993 : 5) mengemukakan bahwa :
"Manajemen personalia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dari pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian dan pemeliharaan tenaga kerja dengan maksud untuk membantu mencapai tujuan perusahaan, individu dan masyarakat".
2.    Flippo (1987 : 5) mengemukakan bahwa :
"Personnel management is the planning, organizing, directing, and controlling of the procurement, development, compesation, integration, maintenance and separation of human resource to the end that individual organization, and social objectives are accomplished".
3.    Manulang (1987 : 14) mengemukakan bahwa :
"Manajemen personalia adalah seni dan ilmu memperoleh, memajukan dan memanfaatkan tenaga kerja, sehingga tujuan organisasi dapat direalisir secara daya guna sekaligus adanya penggairahan bekerja dan para pekerja".
4.    Nitisemito (1991 : 10) mengemukakan bahwa :
"Manajemen personalia adalah ilmu dan seni untuk melaksanakan antara planning, organizing, controlling sehingga efektivitas dan efisiensi personalia dapat ditingkatkan semaksimal mungkin dalam pencapaian tujuan".
2.    Hasibuan (2001 : 10) mengemukakan bahwa :
"Manajemen personalia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan pengaruh sumber agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat".

Dari beberapa pengertian di atas maka Manajemen Personalia merupakan bagian dari manajemen yang menitik-beratkan kapada urusan kepegawaian atau seni mengatur dalam hal kepegawaian dengan melaksanakan proses pencapaian, pelaksanaan dan pengontrolan yang berhubungan dengan mendapatkan, mengembangkan, memelihara dan memanfaatkan. Ini berarti meliputi kegiatan mulai dari penentuan, penarikan, menseleksi, menempatkan, mendidik dan melatih, memberikan balas jasa sampai kepada memotivasi para pegawai untuk mendapatkan kepuasan kerja sehingga menimbulkan semangat kerja yang tinggi terhadap para pegawai dalam pencapaian tujuan. Dalam perkataan lain Manajemen Personalia menyangkut usaha penciptaan kondisi pekerjaan yang lebih baik serta hubungan kemanusiaan yang layak sehingga tujuan perusahaan, pegawai dan masyarakat dapat terwujud.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive