RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
Satuan
Pendidikan
|
:
|
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Pendidikan
Lingkungan Hidup
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
VI/I
|
|
Jumlah
Pertemuan
|
:
|
Satu
kali pertemuan
|
|
Standar
Kompetensi
|
|
1.
Menerapkan Kebersihan, Kesehatan, dan Keindahan di Rumah, Sekolah, dan
Masyarakat
|
|
Kompetensi
Dasar
|
|
1.1. Menjelaskan
Pola Hidup Bersih, Sehat, dan Indah di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat
|
|
Indikator
KETERCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
|
I.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
|
|
II.
|
MATERI AJAR
|
|
a. Materi Pokok
Pola Hidup Bersih, Sehat, dan Indah dengan
membiasakan cuci tangan pakai sabun (CTPS)
b. Materi
Pembelajaran
Waktu tepat mencuci tangan pakai sabun (CTPS):
1.
sebelum makan
2.
setelah buang air besar
3.
sebelum memgang bayi
4.
setelah menceboki bayi
5.
sebelum menyiapkan makanan
Cara
cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang tepat :
1.
basuh kedua tangan dengan
air yang mengalir
2.
gosok kedua permukaan tangan
dengan sabun seperti bersalaman
3.
gosok sela-sela jari hingga
kuku
4.
bilas kedua tangan dengan
air yang mengalir
5.
keringkan tangan dengan lap
bersih dan kering
|
III.
|
ALOKASI WAKTU
|
|
o
2 jam pelajaran (2 x 35 menit)
Satu kali pertemuan
|
IV.
|
METODE /SUMBER/ALAT,
BAHAN
|
|
o
Metode : Diskusi , Demonstasi
o
Sumber :
Buku Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SD/MI kelas 6 terbitan PT. Erlangga
Lingkungan sebagai sumber belajar
o
Alat
dan Bahan : Sarana Cuci Tangan Pakai Sabun dengan kran air/tong air
Sabun
Lap
kering
|
V.
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
|
|
|
Dua tangan saya
Yang kiri dan kanan
Selalu aku jaga dengan mencucinya
Lalu melakukan tepuk CTPS dengan diawalai aba-aba
dari guru
Guru memberi aba-aba : Tepuk CTPS
Cuci Tangan
Prok prok prok
Pakai Sabun
Prok Prok
Bebas Kuman
Prok Prok Prok
Hidup Sehat
Yes!
|
|
|
|
|
VI.
|
PENILAIAN HASIL
BELAJAR
|
|
|
Rubrik
Penilaian
- Jenis
Penilaian : Tertulis dan Unjuk kerja
- Bentuk
Penilaian : Uraian
- Instrumen
Penilaian :
Indikator pembelajaran
|
Indikator soal
|
Butir – butir soal
|
Kunci jawaban
|
Menyebutkan waktu yang tepat
untuk melakukan kegiatan cuci tangan pakai sabun (CTPS)
|
Disajikan sebuah pertanyaan,
peserta didik dapat menyebutkan waktu yang tepat dan benar untuk melakukan
cuci tangan pakai sabun (CTPS).
|
Tuliskan lima waktu yang
tepat dan benar untuk melakukan kegiatan cuci tangan pakai sabun (CTPS) !
|
Lima waktu tepat mencuci tangan pakai sabun (CTPS) adalah :
1.
sebelum makan
2.
setelah buang air besar
3.
sebelum memgang bayi
4.
setelah menceboki bayi
5.
sebelum menyiapkan makanan
|
Menjelaskan tahapan-tahapan
mencuci tangan pakai sabun dengan tepat dan benar
|
Disajikan sebuah pertanyaan,
peserta didik dapat menyebutkan tahapan-tahapan yang tepat dan benar
dalam melakukan cuci tangan pakai
sabun (CTPS).
|
Tuliskan lima tahapan yang
tepat dan benar dalam melakukan kegiatan cuci tangan pakai sabun (CTPS)!
|
Cara
cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang tepat :
1.
basuh kedua tangan dengan
air yang mengalir
2.
gosok kedua permukaan tangan
dengan sabun seperti bersalaman
3.
gosok sela-sela jari hingga kuku
4.
bilas kedua tangan dengan
air yang mengalir
5.
keringkan tangan dengan lap
bersih dan kering
|
Pedoman penskoran :
Skor maksimal 100
No
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Soal no 1 dijawab dengan benar dan tepat
(ada lima jawaban yang harus dimunculkan dengan
masing-masing jawaban bernilai 10 jika benar)
|
50
|
2.
|
Soal no 2 dijawab dengan benar dan tepat
(ada lima jawaban yang harus dimunculkan dengan
masing-masing jawaban bernilai 10 jika benar)
|
50
|
|
|
|
Penentuan nilai akhir dengan cara menjumlahkan semua skor
perolehan.
Contoh : Nilai
Muhammad Amin
No 1 mendapat skor 30 karena hanya tiga
jawaban yang benar
No 2 mendapat skor 40 karena hanya empat jawaban yang benar
Jumlah skor perolehan 70
ada rpp lengkap semester 1?
ReplyDeleteTerima kasih atas perhatiannya. RPP lebih lanjutnya akan kami sajikan
Delete