Thursday, December 7, 2017

RESUME PENGEMBANGAN SARANA KEGIATAN DAN SUMBER BELAJAR DI TK



1.    Prinsip dan persyaratan sarana dan prasarana di TK sebagaimana disampaikan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2009, secara umum adalah: (1) aman, nyaman, terang, dan memenuhi kriteria kesehatan bagi anak, (2) sesuai dengan tingkat perkembangan anak, dan (3) memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada di lingkungan sekitar, termasuk barang limbah/bekas layak pakai.
2.    Persyaratan sarana prasarana di TK, adalah (1) luas lahan minimal 300 m2, (2) memiliki ruang anak dengan rasio minimal 3 m2 per peserta didik, ruang guru, ruang kepala sekolah, tempat UKS, jamban dengan air bersih, dan ruang lainnya yang relevan dengan kebutuhan kegiatan anak, (3) memiliki alat permainan edukatif, baik buatan guru, anak, dan pabrik (4) memiliki fasilitas permainan baik di dalam maupun di luar ruangan yang dapat mengembangkan berbagai konsep, dan (5) memiliki peralatan pendukung keaksaraan.
3.    Sumber belajar adalah segala macam bahan yang dapat digunakan untuk memberikan informasi maupun berbagai keterampilan kepada murid maupun guru.
4.    fungsi dan manfaat sumber belajar adalah: (1) Dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih konkrit dan langsung, (2) Dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera. (3) Menambah wawasan dan pengalaman anak. (4) Memberikan informasi yang akurat dan terbaru. (5) Meningkatkan motivasi belajar anak.
5.    Macam-macam sumber belajar menurut Anggini Sudono, (1995), adalah (1) tempat sumber belajar alamiah, (2) perpustakaan sebagai sumber belajar, (3) narasumber belajar, (4) media cetak, (5) alat peraga, (6) Tempat yang dikunjungi oleh anak /karyawisata, dan (7) ruang sumber belajar.
6.    Sarana dan prasarana di Taman Kanak-Kanak berdasarkan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014pasal 31 dan 32. Adapun prinsip pengadaan sarana prasarana meliputi : aman, bersih, sehat, nyaman, dan indah, sesuai dengan tingkat perkembangan anak, memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada di lingkungan sekitar, dan benda lainnya yang layak pakai serta tidak membahayakan kesehatan anak
7.    Upaya pengelolaan sumber belajar ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses pendidikan bagi anak usia dini. Upaya tersebut meliputi perencanaan, pengadaan, pemilihan, penyimpanan, dan pemeliharaan serta evaluasi penggunaannya.
8.    Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk anak usia dini sangat berpengaruh terhadap perkembangan fisik, keterampilan sosial, dan pengetahuan budaya, perkembangan emosional serta intelektual.


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive