Monday, December 11, 2017

Pertanyaan seputar Proses Pembelajaran

1.     Apa hubungannya antara keterlibatan siswa dengan retensi hasil belajar ? Beri contoh yang menunjukkan pentingnya retensi !
Jawaban :
Keterlibatan siswa secara aktif merupakan bagian yang esensial dari suatu proses belajar-mengajar.  Dengan adanya keterlibatan siswa secara aktif akan meningkatkan retensi hasil belajar siswa. Retensi merupakan apa yang ditinggalkan dan dapat diingat kembali setelah seseorang mempelajari sesuatu. Retensi membuat apa yang dipelajari dapat bertahan atau ditinggalkan lebih lama dalam struktur kognitif dan dapat diingat kembali jika diperlukan. Karena itu, retensi sangat menentukan hasil yang diperoleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam belajar IPA, banyak objek yang dapat dijadikan bahan pembelajaran dengan menggunakan metode siswa terlibat aktif (Learning by doing). Dengan demikian akan meningkatkan retensi hasil belajar siswa.

2.     Belajar yang efektif dimulai dari pengetahuan yang telah dimiliki siswa. Bagaimana caranya guru memulai pelajaran yang sama sekali baru bagi siswa !
Jawaban :
Untuk memulai pelajaran yang sama sekali baru, guru dapat memulai dengan memberikan motivasi kepada siswa bahwa materi yang akan disampaikan akan sangat bermanfaat bagi siswa. Selain itu, guru juga dapat mengembangkan minat siswa terhadap materi pelajaran yang akan diajarkan.

3.     Menurut Joyce dan Weil, Strategi BM dapat dikelompokkan menjadi empat rumpun. Sebutkan ciri-ciri khusus dari masing-masing rumpun tersebut !
Jawaban :
a.     Rumpun Pengolahan informasi
Ciri-ciri :
-         Model Pengembangan Konsep
-         Model Berpikir Induktif
-         Model “Advance Organizer”
-         Model Pengembangan Intelektual
-         Model Latihan Inkuari
-         Model Pengembangan Pola Berpikir Ilmiah
b.     Rumpun Pengembangan Pribadi
Ciri-ciri :
-         Model mengajar “non directive”
-         Model “Synectics”
-         Model Latihan Kesadaran Diri
-         Model Kerja Kelompok dalam Kelas
c.      Rumpun Pengembangan Kemampuan Sosial
Ciri-ciri :
-         Model Penelitian Beregu
-         Model Bermain Peran
-         Model Inkuari Jurisprudensi
-         Model Latihan dalam Laboratorium
d.     Rumpun Pengubahan Tingkah Laku
Ciri-ciri :
-         Model Belajar Tuntas
-         Model “Operant-Conditions”
-         Model Pengembangan Keterampilan dan Konsep melalui Simulasi
-         Model Kondisi Belajar

4.     Jelaskan apa dan bagaimana pendekatan proses itu ?
Apa pula kaitan antara CBSA dengan Pendekatan Proses ?
Jawaban :
Dalam pendekatan proses, siswa dipandang baik sebagai subjek didik maupun objek didik. Tekanannya pada pengembangan intelektual dan emosional anak didik, sehingga menjadi manusia yang utuh.

CBSA merupakan suatu Strategi Belajar-Mengajar dengan tujuan untuk mengembangkan intelektual dan emosional melalui partisipasi aktif dari siswa. Dari tujuan tersebut terlihat adanya kaitan antara CBSA dengan pendekatan proses yaitu sama-sama menekankan pada pengembangan intelektual dan emosional anak didik.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive