Saturday, December 23, 2017

Pertanyaan Tentang Perlindungan Pada Anak Usia Dini


1.      Pembangunan membutuhkan investasi yang salah satunya investasi SDM. Investasi SDM dilakukan sebagai salah satu cara untuk mempertahankan keberlangsungan pembangunan nasional agar terselenggara secara berkelanjutan yang akan dijadikan sebagai salah satu modal dasar dalam pembangunan nasional. Investasi nasional terdiri dari investasi fisik dan sosial serta investasi sumber daya manusia. Tabungan nasional digunakan untuk menciptakan ketahanan nasional yang menunjukkan terhadap eksistensi dan kemajuan bangsa. Investasi fisik dan sosial diarahkan sebagai salah satu indikator dalam eksistensi dan kemajuan suatu bangsa. Dengan bermodalkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas akan meningkatkan produktifitas dan menciptakan inovasi serta kreatifitas yang secara nasional akan meningkatkan produktifitas dan memiliki daya saing tinggi. Dengan memiliki tingkat produktifitas dan memiliki daya saing yang tinggi akan meningkatkan pendapatan nasional serta memberikan ketahanan nasional yang tangguh. Dengan memiliki tingkat pendapatan nasional yang tinggi akan digunakan untuk pembangunan nasional. Selain digunakan untuk modal pembangunan nasional, pendapatan nasional juga dimanfaatkan untuk investasi nasional dan tabungan nasional.
2.      Anak yang sehat merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan oleh orang tua. Hal ini penting karena kesehatan anak merupakan salah satu syarat dalam pertumbuhan dan perkembangan anak untuk menjadi dewasa. Dengan memiliki kesehatan yang baik maka anak akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan orang tua.
Anak mendapatkan pendidikan juga merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan oleh orang tua selain kesehatan anak. Anak juga memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas agar menjadi modal bagi dirinya kelak ketika dewasa. Orang tua harus memberikan pendidikan yang tepat bagi anaknya baik itu pendidikan formal, informal maupun non formal.
Anak mendapatkan perlindungan merupakan salah satu aspek yang  harus diberikan oleh orang tua. Karena anak belum mampu untuk menjamin dan memberikan perlindungan atas dirinya dalam menghadapi lingkungan di sekitarnya. Peran orang tua dalam memberikan perlindungan terhadap anak merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan agar anak merasa aman, nyaman dan tenteram dalam menjalani kehidupannya.
3.      Orang tua wajib memberikan perlindungan terhadap anaknya dari berbagai tindak kejahatan yang akan terjadi pada anak. Orang tua perlu melakukan pengawasan terhadap anak agar anak menjadi merasa aman dalam menjalani kehidupannya. Apabila anak sudah sekolah, maka guru tempat anak tersebut sekolah juga mempunyai kewajiban untuk menjaga anak dari berbagai tindak kejahatan yang akan menimpa anak. Anak masih memerlukan arahan dan bimbingan yang tepatr dari orang dewasa baik itu dari orang tua maupun dari gurunya.
4.      Maknanya adalah bahwa pembangunan anak Indonesia bertujuan untuk menciptakan anak yang sehat baik secara jasmani maupun rohani sehingga akan tumbuh dan berkembang secara optimal menjadi anak yang cerdas dan ceria memiliki akhlak yang mulia, terlindungi dari berbagai ancaman tindak kejahatan serta aktif berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan cinta terhadap tanah air dan bangsa.
5.      Cara meningkatkan indikator kesehatan pada anak diantaranya dengan memberikan penyuluhan yang tepat kepada para calon ibu tentang upaya-upaya untuk menjaga kesehatannya ketika hamil sehingga akan melahirkan bayi-bayi yang sehat. Kemudian setelah lahir anaknya, maka seorang ibu harus memberikan nutrisi yang tepat yaitu ASI dalam 2 tahun pertama yang didukung pula dengan makanan tambahan yang bergizi. Selain itu orang tua juga perlu menjaga lingkungan di sekitar rumahnya agar tidak menjadi sumber penyakit bagi anak yang masih rentan terkena penyakit.  
6.      Dampak dari perlakuan salah dan diskriminasi kekerasan pada anak akan berakibat pada anak yang mengalami gangguan terjadap pertumbuhan dan perkembangannya baik secara fisik maupun secara psikis. Secara fisik anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang lambat. Sedangkan secara psikis anak akan mengalami berbagai gangguan psikologis seperti trauma, rasa takut yang berlebihan dan dendam terhadap orang lain.
7.      Cara pemberdayaan anak jalanan dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti memberikan penyuluhan berupa penyuluhan tentang keberfungsian keluarga. Dalam model ini diupayakan peran aktif keluarga dalam  membina dan menumbuh kembangkan anak jalanan.

8.      Pemerintah Memberikan perlindungan hukum terhadap anak  yang diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Anak yaitu:
1. Menghormati dan menjamin hak asasi setiap anak tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin,etnik, budaya, dan bahasa, status hukum anak, urutan kelahiran anak dan kondisi fisik dan/atau mental (Pasal 21);
2. Memberikan dukungan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan perlindungan anak (Pasal 22);
3. Menjamin perlindungan, pemeliharaan, dan kesejahteraan anak dengan memperhatikan hak dan kewajiban orang tua, wali, atau orang lain yang secara umum bertanggung jawab terhadap anak dan mengawasi penyelenggaraan perlindungan anak (Pasal 23);
4.   Menjamin anak untuk mempergunakan haknya dalam menyampaikan pendapat sesuai dengan usia dan tingkat kecerdasan anak (Pasal 24)
Kewajiban dan tanggungjawab masyarakat terhadap perlindungan anak dilaksanakan melalui kegiatan peran masyarakat dalam penyelenggaraan perlindungan anak (Pasal 25 Undang-Undang Perlindungan Anak).
Kewajiban tanggungjawab keluarga dan orang tua dalam usaha perlindungan anak diatur dalam Pasal 26 ayat (1) Undang-Undang Perlindungan Anak, yaitu:
a.    Mengasuh, memelihara, mendidik, dan melindungi anak;
b.    Menumbuhkan anak sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minatnya;
c.    Mencegah terjadinya perkawinan pada usia anak-anak.



No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive