Wednesday, March 6, 2019

RPP SOSIOLOGI KELAS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/Semester            : X / 1 (Ganjil
Pertemuan ke              : 1
Alokasi Waktu            : 1 x 40 menit
Standar kompetensi    : Memahami keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang
                                      berlaku dalam masyarakat
                                        
Kompetensi Dasar     : Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan
                                      masyarakat dan lingkungan
                                          
Indikator                    : Mendeskripsikan sejarah perkembangan sosiologi


I.         Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mendeskripsikan sejarah perkembangan sosiologi

II.      Materi Ajar :
Lahirnya Sosiologi dipicu oleh 2 peristiwa besar yaitu :
1.      Revolusi Politik (Revolusi Perancis)
2.      Revolusi ekonomi (Revolusi Industri)

III.   Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi dengan menggunakan pendekatan CTL

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal
Sebagai kegiatan awal dilakukan apersepsi dengan menggunakan metode tanyajawab untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang sosiologi

  1. Kegiatan Inti

Eksplorasi
-          Guru menjelaskan peristiwa lahirnya sosiologi
-          Secara perorangan siswa diminta untuk mempelajari peristiwa lahirnya sosiologi
Elaborasi
-          Kemudian secara acak ditentukan 3 orang untuk membacakan laporannya
Konfirmasi
-          Sementara siswa yang lain menanggapi laporan tersebut, dengan memberikan komentar ataupun pertanyaan

  1. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan dan klarifikasi terhadap laporan dan hasil tanyajawab siswa.


V.      Alat / Bahan / Sumber Belajar
1.      Sosiologi Kontekstual untuk SMA & MA, Atik Catur Budiarti, Pusat Perbukuan, Depdiknas (BSE).
2.      Sosiologi 1, Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat, Tim Sosiologi, Yudhistira

VI.   Penilaian
  1. Teknik Penilaian          : Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen       : Uraian
  3. Instrumen                    : Uraikan Proses lahirnya Ilmu Sosiologi





Catatan :

Setelah pelajaran berakhir dilakukan refleksi atas pembelajaran yang sudah dilakukan :
  1. Bertanya kepada siswa apakah senang dengan kegiatan belajar yang baru saja diikutinya.
  2. Apakah melalui kegiatan belajar tadi siswa lebih mudah memahami materi sejarah perkembangan sosiologi


Refleksi CTL :
  1. Inquiri, muncul pada saat mempelajari sejarah perkembangan Sosiologi
  2. Questioning, muncul ketika sedang Tanya jawab


No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive