Electronic Commerce
Penerapan electronic commerce bermula
di awal tahun 1970-an, dengan adanya inovasi semacam electronic fund
transfer (EFT). Saat itu tingkat aplikasinya sangat terbatas pada
perusahaan-perusahaan besar, lembaga keuangan, dan segelintir perusahaan kecil
yang nekat. Lalu muncullah Elecronic Data Interchange (EDI), yang berkembang
dari transaksi keuangan ke pemrosesan transaksi lain serta memperbesar jumlah
perusahaan yang berperan serta, mulai lembaga-lembaga keuangan hingga perusahaan
manufaktur, ritel, layanan dan sebagainya.
Aplikasi lainnya ikut menyusul yang memiliki
jangkauan dari perdagangan saham hingga sistem reservasi perjalanan. Pada saat
itu system tersebut disebut aplikasi telekomunikasi yang nilai strategisnya
sudah dikenal secara umum. Dengan adanya komersialisasi internet di awal tahun
1990-an, serta pesatnya pertumbuhan yang mencapai hingga jutaan pelanggan
potensial, maka muncullah istilah electronic commerce (e-Commerce) yang
aplikasinya berkembang pesat. (Bunga Siti, 2003)
2.2.1 Definisi Electronic
Commerce
E-commerce
(Electronic Commerce) merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat. Pembelian
dan penjualan barang dan jasa melalui jaringan elektronik seperti internet. E-commerce
merupakan suatu cara berbelanja secara online yang memang seiring dengan
kehadiran internet dalam kehidupan kita. Banyak orang mendapatkan
manfaat kemudahan berbisnis melalui media internet.
E-commerce adalah dimana dalam
satu website menyediakan atau dapat melakukan Transaksi secara online atau
juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau
direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat
website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan
merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas
biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan).
Adapun pendapat mengenai pengertian E-commerce
bahwa E-commerce mengacu pada internet untuk belanja online dan
jangkauan lebih sempit. dimana e-commerce adalah subperangkat dari
E-Bisnis. Cara pembayarannya: melalui transfer uang secara digital seperti
melalui account paypal atau kartu kredit. Pada umumnya pengunjung
Website dapat melihat barang atau produk yang dijual secara online (24 jam
sehari) serta dapat melakukan correspondence dengan pihak penjual atau
pemilik website yang dilakukan melalui email.
Menurut
Baum definisi E-commerce yang sudah di standarkan dan disepakati bersama adalah
“E-commerce is a dynamic set
of technologies, applications, and business process that link enterprise,
consumers, and communities through electronic transactions and the electronic
exchange of goods, services, and information”. E-commerce merupakan
suatu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan
perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan
perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa E-commerce merupakan proses pembelian dan
penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui internet (commerce
net) dan sejenis mekanisme bisnis elektronik dengan fokus pada transaksi
bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai media pertukaran
barang atau jasa baik antar instansi atau individu dengan instansi (NetReady).
Electronic commerce (EC) merupakan konsep baru yang bisa digambarkan sebagai proses
jual beli barang atau jasa pada world wide web internet. Dari berbagai
perspektif E-commerce didefinisikan sebagai berikut:
- Dari perspektif komunikasi, e-commerce
merupakan pengiriman informasi, produk/layanan, atau pembayaran melalui
lini telepon, jaringan computer, atau sarana elektronik lainnya.
- Dari perspektif proses bisnis,
e-commerce merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan
aliran kerja perusahaan. Dari perspektif layanan, e-commerce merupakan
satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen
dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan
kecepatan pelayanan.
- Dari perspektif online, e-commerce
berkaitan dengan kapasitas jual beli produk dan informasi di internet dan
jasa online lainnya.
No comments:
Post a Comment