Sunday, January 15, 2017

Tipe Electronic Commerce

Tipe Electronic Commerce Menurut Sifat Transaksinya
Penggolongan E-Commerce yang lazim dilakukan orang ialah berdasar sifat transaksinya. Tipe-tipe ini dibedakan dalam beberapa hal sebagai berikut :
  1. Business to business (B2B), kebanyakan e-Commerce yang diterapkan saat ini merupakan B2B, e-Commerce tipe ini meliputi transaksi antar organisasi yang dilakukan di electronic market.
  2. Business to consumer (B2C), ini merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan.
  3. Consumer to consumer (C2C), dalam kategori ini seorang konsumen menjual secara langsung ke konsumen lainnya.
  4. Consumer to business (C2B), termasuk ke dalam kategori ini adalah perseorangan yang menjual produk layanan ke organisasi dan perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dengan mereka, dan menyepakati suatu transaksi.
  5. Nonbusiness e-Commerce, dewasa ini banyak lembaga nonbusiness dan lembaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe e-Commerce untuk mengurangi biaya atau untuk meningkatkan operasi dan layanan publik.
  6. Intrabusiness (Organizational) e-Commerce, yang termasuk dalam kategori ini adalah semua aktivitas intern organisasi, biasanya dijalankan di internet, yang melibatkan pertukaran barang, jasa atau informasi. (Periklanan pada e-commerce perusahaan top dunia, Penerbit Andi, 2003)

Proses Pemasaran Electronic
Agar sebuah perdagangan antar pembeli dan penjual dapat dilakukan, maka harus ada satu proses tertentu. Proses ini bisa mencakup tahap-tahap sebagai berikut :
1.   Pembeli dengan menggunkan komputernya masuk ke pasar.
2.   Pembeli mencari produk, masuk ke homepage penjual produk
3.   Pembeli memilih produk lewat katalog
4.   Pembeli memesan produk, mengisi order pembelian, terjadi proses transaksi
5.   Order pembelian dikirim ke penjual, terjadi integrasi hokum
6.   Penjual mengkonfirmasikan pesanan
7.   Pembeli membayar menggunakan beberapa pilihan pembayaran, terjadi transaksi
8.   Produk dikirim oleh penjual
9.   Produk diterima oleh pembeli.
Manfaat Electronic Commerce
Manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :
  1. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
  2. Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
  3. Mengurangi keterlambatan dengan mengunakan transfer elektronik/ pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
  4. Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
(Periklanan pada e-commerce perusahaan top dunia, Penerbit Andi, 2003)

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive