Tipe Electronic Commerce Menurut
Sifat Transaksinya
Penggolongan E-Commerce yang
lazim dilakukan orang ialah berdasar sifat transaksinya. Tipe-tipe ini
dibedakan dalam beberapa hal sebagai berikut :
- Business to business
(B2B), kebanyakan e-Commerce yang diterapkan saat ini merupakan B2B,
e-Commerce tipe ini meliputi transaksi antar organisasi yang dilakukan di
electronic market.
- Business to consumer
(B2C), ini merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan.
- Consumer to consumer
(C2C), dalam kategori ini seorang konsumen menjual secara langsung ke
konsumen lainnya.
- Consumer to business
(C2B), termasuk ke dalam kategori ini adalah perseorangan yang menjual
produk layanan ke organisasi dan perseorangan yang mencari penjual,
berinteraksi dengan mereka, dan menyepakati suatu transaksi.
- Nonbusiness e-Commerce,
dewasa ini banyak lembaga nonbusiness dan lembaga pemerintahan yang
menggunakan berbagai tipe e-Commerce untuk mengurangi biaya atau
untuk meningkatkan operasi dan layanan publik.
- Intrabusiness
(Organizational) e-Commerce, yang termasuk dalam kategori
ini adalah semua aktivitas intern organisasi, biasanya dijalankan di
internet, yang melibatkan pertukaran barang, jasa atau informasi. (Periklanan
pada e-commerce perusahaan top dunia, Penerbit Andi, 2003)
Proses Pemasaran Electronic
Agar sebuah perdagangan antar
pembeli dan penjual dapat dilakukan, maka harus ada satu proses tertentu.
Proses ini bisa mencakup tahap-tahap sebagai berikut :
1. Pembeli dengan menggunkan komputernya masuk ke pasar.
2. Pembeli mencari produk, masuk ke homepage penjual produk
3. Pembeli memilih produk lewat katalog
4. Pembeli memesan produk, mengisi order pembelian, terjadi proses
transaksi
5. Order pembelian dikirim ke penjual, terjadi integrasi hokum
6. Penjual mengkonfirmasikan pesanan
7. Pembeli membayar menggunakan beberapa pilihan pembayaran, terjadi transaksi
8. Produk dikirim oleh penjual
9. Produk diterima oleh pembeli.
Manfaat Electronic Commerce
Manfaat yang dapat diperoleh
dengan menggunakan transaksi melalui E-commerce bagi suatu perusahaan
adalah sebagai berikut :
- Meningkatkan pendapatan dengan
menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
- Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan
dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan
sebagainya.
- Mengurangi keterlambatan dengan
mengunakan transfer elektronik/ pembayaran yang tepat waktu dan dapat
langsung dicek.
- Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan
pelayanan lebih responsif.
No comments:
Post a Comment