1. Pengertian Kemampuan Mengenal Huruf
Anak Usia Dini
Soenjono Darjowidjojo (2003: 300)
menggungkapkan bahwa kemampuan mengenal huruf adalah tahap perkembangan anak
dari belum tahu menjadi tahu tentang keterkaitan bentuk dan bunyi huruf,
sehingga anak dapat mengetahui bentuk huruf dan memaknainya.
Belajar mengenal huruf menurut Ehri dan
Mc. Cormick (dalam Carol Seefelt dan Barbara A. Wasik, 2008: 330-331) merupakan
komponen hakiki dari perkembangan baca tulis. Anak perlu mngetahui atau
mengenal dan memahami huruf abjad untuk akhirnya menjadi pembaca dan penulis
yang mandiri dan lancar. Anak-anak yang bisa mengenal dan menyebut huruf-huruf
pada daftar abjad dalam belajar membaca memiliki kesulitan lebih sedikit dari
anak yang tidak mengenal huruf.
Sesuai dengan Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 58 Tahun 2009 tentang Standar
Pendidikan Anak Usia Dini, kemampuan mengenal huruf merupakan bagian dari
perkembangan bahasa anak, diantaranya kemampuan mengetahui simbol-simbol huruf
dan mengetahui huruf depan dari sebuah benda.
Jadi dari pendapat tersebut dapat
ditegaskan bahwa kemampuan mengenal huruf adalah kesanggupan anak dalam
mengetahui dan memahami tanda-tanda aksara dalam tata tulis yang merupakan
huruf abjad dalam melambangkan bunyi bahasa. Kemampuan anak dalam mengetahui
huruf dapat dilihat saat anak mampu menyebutkan suatu simbol huruf, dan
kemampuan anak dalam memahami huruf dapat dilihat dari kemampuan anak saat
memaknai huruf sehingga anak mampu menyebutkan huruf depan dari sebuah kata.
2.
Manfaat Mengenal Huruf Anak Usia Dini
Carol seefelt dan Barbara A. Wasik
(2008: 375) mengungkapkan bahwa belajar huruf adalah tonggak kurikulum Taman
Kanak-kanak lewat penyingkapan berulang dan bermakna kepada peristiwa-peristiwa
baca tulis, sehingga anak menjadi tahu akan huruf-huruf dan mengerti bahwa
huruf-huruf membentuk sebuah kata. Menurut Agus Hariyanto (2009:82)
mengungkapkan bahwa dengan setrategi pengenalan huruf sejak usia dini sangat bermanfaat
bagi perkembangan bahasa anak, karena membantu mempersiapkan anak untuk dapat
membaca dengan mudah. Bond dan Dykstra (Slamet Suyanto, 2005: 165)
mengungkapkan bahwa anak yang dapat mengenal hurf dengan baik cenderung
memiliki kemampuan membaca dengan lebih baik.
Jadi berdasarkan hal-hal tersebut dapat
ditegaskan bahwa, anak-anak yang belajar mengenal huruf sejak usia dini dapat
memberikan manfaat bagi anak-anak untuk mempersiapkan diri dalam belajar
membaca dan menulis.
No comments:
Post a Comment