Wednesday, December 29, 2021

Pandangan Para Ahli dan Pentingnya Pengembangan Kognitif

 


A.Pandangan Para Ahli

   Dengan mengetahui berbagai pandanga para ahli tentang pengembangan kognitif maka wawasan Anda sebagai seorang guru TK dan PAUD akan lebih luas lagi, sehingga dengan mengetahui perkembangan kognitif anak didik anda, akan sangat membantu membimbing mereka mencapai pengembangan kognitif secara optimal.

1        Alfred Binet

Potensi kognitif seseorang tercermin dalam kemampuannya menyelesaikan tugas-tugas yang menyangkut pemahaman dan penalaran.

Menurut Alfred Binet ada 3 aspek kemampuan dalam inteligensi:

 

 

a.       Konsentrasi

kemampuan memusatkan pikiran kepada suatu masalah yang harus dipecahkan.

b.      Adaptasi

Kemampuan mengadakan adaptasi atau penyesuaian terhadap masalah yang dihadapinya atau fleksibel dalam menghadapi masalah.

c.       Bersikap Kritis

Kemampuan untuk mengadakan kritik, baik terhadap masalah yang dihadapi, maupun terhadap dirinya sendiri.

 

2        Carl Witherington

Inteligensi merupakan kesempatan bertindak sebagaimana dimanifestasikan dalam kemampuan-kemampuan atau kegiata-kegiatan sebagai berikut:

a.       fasilitas dalam menggunakan bilangan dan angka

b.      Efisiensi penggunaan bahasa

c.       Kecepatan pengamatan

d.      Fasilitas dalam memahami hubungan

e.       Mengkhayal atau mencipta

 

3        Cameron dan Barley

Aktivitas kognitif akan sangat bergantung pada kemampuan berbahasa baik secara lisan maupun tulisan karena bahasa adalah alat berfikir, dimana dalam berfikir menggunakan pikiran (kognitif)

4        Guilford

Guilford mengemukakan suatu model struktur intelektual yang dapat digambarkan sebagai suatu kubus yang terdiri dari 3 dimensi intelektual.Guilford mengembangkan suatu teori atau model tentang kognitif manusia yang disusun dalam suatu system yang disebut “Struktur Kognitif”. Berdasarkan model ini, aktivitas mental dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1        Operasi (proses) intelektual yang menyangkut proses pemikiran yang berlangsung dan terdiri dari 5 kategori, kognisi, ingatan, berpikir, konvergen, berpikir divergen, penilaian

2        Content (materi) menunjukan macam materi yang digunakan terdiri dari 4 kategori, yaitu figural, simbolik, semantic, behavioral.

3        Produk yang merupakan hasil dari proses dan materi terdiri dari 6 kategori, yaitu unit, kelas, hubungan, system, transformasi, implikasi.

 

5        Stenberg

Lima komponen kognitif yang dikemukakan oleh Stenberg adalah :

a.       Metakomponen, Proses kendali yang lebih tinggi tingkatnya, yang digunakan dalam perencanaan pelaksanaan dan pengambilan keputusan dalam pemecahan masalah

b.      Komponen penampila, Proses yang menjalankan rencana dan melaksanakan keputusan bersama yang dipilih oleh metakomponen

c.       Komponen pencapaian, Proses yang terlibat dalam usaha mempelajari informasi baru

d.      Komponen ingatan, Proses terlibat dalam pengingatan informasi yang sebelumnya telah disimpan dalam ingatan

e.       Komponen Alih Terap, Proses yang terlibat dalam pemindahan informasi yang diingat dari satu situasi ke situasi yang lain.

 

6        Renzulli

Ciri ciri kemampuan kognitif (Untuk anak berbakat kognitif) yaitu antara lain mudah menangkap pelajaran, ingatan baik perbrndaharaan kata luas, penalaran tajam (berfikir logis, kritis), daya konsentrasi baik, menguasai banyak bahan tentang macam macam topik, senang dan sering membaca, ungkapan diri lancar, pengamat yang cermat, senang mempelajari kamus , peta dan ensklopedi, cepat memecahkan soal, cepat menemukan asas dalam satu uraian, daya abstraksi tinggi, selalu sibuk menangani berbagai hal, mampu membaca pada usia lebih muda.

7        John Locke dan Herbart

Kognitif merupakan jalannya tanggapan tanggapan yang dikuasai oleh hukum asosiasi . Dalam alam kejiwaan , yang terpenting adalah terjadinya , tersimpannya dan bekerja tanggapan tanggpan . Unsur yang paling sederhana dan merupakan dasar bagi semua aktifitas kejiwaan adalah tanggapan tanggapan , daya jiwa yang lebih tinggi seperti perasaan, kemauan , keinginan dan berfikir , semua terjadi karena bekerjanya tanggapan

8        Wachs

 Perkembangan kognitif dapat ditingkatkan apabila orang tua penuhkasih , responsif secara verbal dan memberikan lingkungan yang terorganisasi dan bisa diramalkan dengan kemungkinan untuk variasi pengalaman . Lingkungan yang dapat menggangu pemfungsian kognitif adalah bunyi yang berlebihan dan ketidakaturan . Contohnya dalam 39 anak yang dikaji dari usia 12 hingga 24 bulan , jumlah bunyi dari televisi , anak lain , lalu lintas , atau peralatan secara konstan dihubungkan dengan performasi yang relative buruk pada tes pemfungsian kognitif .

 

9        Galtons

Keunggulan kognitif seorang tercermin dalam keunggulan kekuatan fisiknya , misalnya ukuran batok kepala , genggaman tangan , dan lain lain . Selain itu galton juga menghubungkan kecerdasan intelektual dengan struktur analisis otak

 

10    Gagne

Gagne mengemukakan bahwa kognitif adalah kemampuan membedakan (diskriminasi), konseptual yang riil membuat definisi definisi merumuskan peraturan berdasarkan dalil dalil  dan bagaimana cara individu bertingkah laku cara individu bertindak, yaitu cepat lambatnya individu dalam memecahkan suatu masalah yang dihadapinya

 

11    Williams

Ciri ciri perilaku kognitif :

1.      Berfikir Lancar, yaitu menghasilkan banyak gagasan / jawaban yang relevan          

2.      Berfikir Luwes, yaitu menghasilkan gagasan yang beragam                                                           

3.      Berfikir Orisinal, yaitu memberikan jawaban yang tidak lazim / beda dari yang lain.

4.      Berfikir Terperinci, yaitu mengembangkan, menambah, memperkaya suatu gagasan, memperinci detail detail dan memperluas suatu gagasan

 

13. Jerome Bruner

             Bruner mengemukakan teori kognitif, bahwa pada dasarnya segala ilmu dapat diajarkan pada semua anak dari semua usia, asal materinya benar benar sesuatu. Itu  sebabnya peranan pendidikan sangat penting dalam hal ini.      

14. Anita E. Woolfolk

Woolfolk mengemukakan bahwa kognitif merupakan suatu atau beberapa kemampuan untuk memperoleh dan menggunakan pengetahuan dalam rangka memecahkan masalah dan beradaptasi dengan lingkungan

15. Raymon Cattel , dkk

 Mengklasifikasi kognitif kedalam 2 kategori , yaitu :

a.       Fluid intelligence adalah tipe kemampuan analisis kognitif yang relative tidak dipengaruhi oleh pengalaman belajar sebelumnya.                                              

b.      Crystallized intelligence adalah keterampilan keterampilan/ kemampuan berfikir yang dipengaruhi oleh pengalaman belajar sebelumnya

Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan kognitif adalah fikiran, fikiran merupakan bagian dari proses berfikirnya otak. bagian tersebut digunakan untuk proses pengakuan, mencari sebab akibat, proses mengetahui dan memahami. Fikiran anak anak sudah dapat bekerja aktif sejak dia dilahirkan .

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive