A.Pandangan
Para Ahli
Dengan mengetahui berbagai pandanga para
ahli tentang pengembangan kognitif maka wawasan Anda sebagai seorang guru TK
dan PAUD akan lebih luas lagi, sehingga dengan mengetahui perkembangan kognitif
anak didik anda, akan sangat membantu membimbing mereka mencapai pengembangan
kognitif secara optimal.
1
Alfred
Binet
Potensi
kognitif seseorang tercermin dalam kemampuannya menyelesaikan tugas-tugas yang
menyangkut pemahaman dan penalaran.
Menurut Alfred Binet ada 3 aspek
kemampuan dalam inteligensi:
a. Konsentrasi
kemampuan memusatkan pikiran kepada suatu masalah
yang harus dipecahkan.
b. Adaptasi
Kemampuan mengadakan adaptasi atau penyesuaian
terhadap masalah yang dihadapinya atau fleksibel dalam menghadapi masalah.
c. Bersikap
Kritis
Kemampuan untuk mengadakan kritik, baik terhadap
masalah yang dihadapi, maupun terhadap dirinya sendiri.
2
Carl
Witherington
Inteligensi
merupakan kesempatan bertindak sebagaimana dimanifestasikan dalam
kemampuan-kemampuan atau kegiata-kegiatan sebagai berikut:
a. fasilitas
dalam menggunakan bilangan dan angka
b. Efisiensi
penggunaan bahasa
c. Kecepatan
pengamatan
d. Fasilitas
dalam memahami hubungan
e. Mengkhayal
atau mencipta
3
Cameron
dan Barley
Aktivitas
kognitif akan sangat bergantung pada kemampuan berbahasa baik secara lisan
maupun tulisan karena bahasa adalah alat berfikir, dimana dalam berfikir
menggunakan pikiran (kognitif)
4
Guilford
Guilford
mengemukakan suatu model struktur intelektual yang dapat digambarkan sebagai
suatu kubus yang terdiri dari 3 dimensi intelektual.Guilford mengembangkan
suatu teori atau model tentang kognitif manusia yang disusun dalam suatu system
yang disebut “Struktur Kognitif”. Berdasarkan model ini, aktivitas mental dapat
diklasifikasikan sebagai berikut:
1
Operasi (proses) intelektual yang
menyangkut proses pemikiran yang berlangsung dan terdiri dari 5 kategori,
kognisi, ingatan, berpikir, konvergen, berpikir divergen, penilaian
2
Content (materi) menunjukan macam materi
yang digunakan terdiri dari 4 kategori, yaitu figural, simbolik, semantic,
behavioral.
3
Produk yang merupakan hasil dari proses
dan materi terdiri dari 6 kategori, yaitu unit, kelas, hubungan, system,
transformasi, implikasi.
5
Stenberg
Lima
komponen kognitif yang dikemukakan oleh Stenberg adalah :
a. Metakomponen,
Proses kendali yang lebih tinggi tingkatnya, yang digunakan dalam perencanaan
pelaksanaan dan pengambilan keputusan dalam pemecahan masalah
b. Komponen
penampila, Proses yang menjalankan rencana dan melaksanakan keputusan bersama
yang dipilih oleh metakomponen
c. Komponen
pencapaian, Proses yang terlibat dalam usaha mempelajari informasi baru
d. Komponen
ingatan, Proses terlibat dalam pengingatan informasi yang sebelumnya telah
disimpan dalam ingatan
e. Komponen
Alih Terap, Proses yang terlibat dalam pemindahan informasi yang diingat dari
satu situasi ke situasi yang lain.
6
Renzulli
Ciri ciri kemampuan kognitif (Untuk anak
berbakat kognitif) yaitu antara lain mudah menangkap pelajaran, ingatan baik
perbrndaharaan kata luas, penalaran tajam (berfikir logis, kritis), daya
konsentrasi baik, menguasai banyak bahan tentang macam macam topik, senang dan
sering membaca, ungkapan diri lancar, pengamat yang cermat, senang mempelajari
kamus , peta dan ensklopedi, cepat memecahkan soal, cepat menemukan asas dalam
satu uraian, daya abstraksi tinggi, selalu sibuk menangani berbagai hal, mampu
membaca pada usia lebih muda.
7
John
Locke dan Herbart
Kognitif
merupakan jalannya tanggapan tanggapan yang dikuasai oleh hukum asosiasi .
Dalam alam kejiwaan , yang terpenting adalah terjadinya , tersimpannya dan
bekerja tanggapan tanggpan . Unsur yang paling sederhana dan merupakan dasar
bagi semua aktifitas kejiwaan adalah tanggapan tanggapan , daya jiwa yang lebih
tinggi seperti perasaan, kemauan , keinginan dan berfikir , semua terjadi
karena bekerjanya tanggapan
8
Wachs
Perkembangan
kognitif dapat ditingkatkan apabila orang tua penuhkasih , responsif secara
verbal dan memberikan lingkungan yang terorganisasi dan bisa diramalkan dengan
kemungkinan untuk variasi pengalaman . Lingkungan yang dapat menggangu
pemfungsian kognitif adalah bunyi yang berlebihan dan ketidakaturan . Contohnya
dalam 39 anak yang dikaji dari usia 12 hingga 24 bulan , jumlah bunyi dari
televisi , anak lain , lalu lintas , atau peralatan secara konstan dihubungkan
dengan performasi yang relative buruk pada tes pemfungsian kognitif .
9
Galtons
Keunggulan kognitif seorang tercermin dalam
keunggulan kekuatan fisiknya , misalnya ukuran batok kepala , genggaman tangan
, dan lain lain . Selain itu galton juga menghubungkan kecerdasan intelektual
dengan struktur analisis otak
10
Gagne
Gagne mengemukakan bahwa kognitif adalah kemampuan
membedakan (diskriminasi), konseptual yang riil membuat definisi definisi
merumuskan peraturan berdasarkan dalil dalil
dan bagaimana cara individu bertingkah laku cara individu bertindak,
yaitu cepat lambatnya individu dalam memecahkan suatu masalah yang dihadapinya
11
Williams
Ciri
ciri perilaku kognitif :
1. Berfikir
Lancar, yaitu menghasilkan banyak gagasan / jawaban yang relevan
2. Berfikir
Luwes, yaitu menghasilkan gagasan yang beragam
3. Berfikir
Orisinal, yaitu memberikan jawaban yang tidak lazim / beda dari yang lain.
4. Berfikir
Terperinci, yaitu mengembangkan, menambah, memperkaya suatu gagasan, memperinci
detail detail dan memperluas suatu gagasan
13.
Jerome Bruner
Bruner mengemukakan teori kognitif, bahwa pada
dasarnya segala ilmu dapat diajarkan pada semua anak dari semua usia, asal
materinya benar benar sesuatu. Itu
sebabnya peranan pendidikan sangat penting dalam hal ini.
14. Anita E. Woolfolk
Woolfolk
mengemukakan bahwa kognitif merupakan suatu atau beberapa kemampuan untuk
memperoleh dan menggunakan pengetahuan dalam rangka memecahkan masalah dan
beradaptasi dengan lingkungan
15. Raymon Cattel , dkk
Mengklasifikasi kognitif kedalam 2 kategori ,
yaitu :
a. Fluid
intelligence adalah tipe kemampuan analisis kognitif yang relative tidak
dipengaruhi oleh pengalaman belajar sebelumnya.
b. Crystallized
intelligence adalah keterampilan keterampilan/ kemampuan berfikir yang
dipengaruhi oleh pengalaman belajar sebelumnya
Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan kognitif
adalah fikiran, fikiran merupakan bagian dari proses berfikirnya otak. bagian
tersebut digunakan untuk proses pengakuan, mencari sebab akibat, proses mengetahui
dan memahami. Fikiran anak anak sudah dapat bekerja aktif sejak dia dilahirkan
.
No comments:
Post a Comment