RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 14 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Tanaman / jenis pohon ( berkayu dan tidak
berkayu )
KD : 1.1–2.3–2.9–3.2–4.2–3. 3–4. 3 – 3 .
11 – 4 . 11 – 3 . 15 – 4 . 15
Materi : - Macam
– macam tananam jenis pohon ( berkayu dan tidak berkayu )
- Berkreasi dengan bahan alam
- Gotong royong
- Mengucap terimakasih
- Koordinasi motorik halus
- Mengulang kalimat
- Perbedaan warna
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Balok
- Daun nangka
- Kartu kata
- Papan titian
- Krayon
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi tentang
tanaman jenis pohon ( berkayu )
3. Berdiskusi
tentang menyebutkan bagian – bagian tanaman
4. Berjalan di
atas papan titian ( dari kayu )
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati pohon yang
ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bertanya tentang pohon yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait pohon yang diamati.
Apa nama pohon tersebut ?
Ada apa saja pada pohon tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari pohon tersebut ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai pohon.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang pohon.
· Apa ciri-ciri pohon nangka?
· Apa ciri –ciri pohon mangga?
· Ada berapa pohon nangka?
· Ada berapa pohon mangga?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menunjukkan
bagian-bagian tanaman
- Anak dapat membuat topi
dari daun nangka
- Anak dapat menghubungkan
bagian-bagian tanaman dengan kata
- Bermain dengan balok-balok
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan bagian-bagian tanaman
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan tanaman jenis pohon berkayu
|
|
|
|
|
|
Dapat
membuat topi dari daun-daunan
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
bermain balok-balok
|
|
|
|
|
Dapat
menghubungkan bagian-bagian tanaman dengan kata
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment