Thursday, January 30, 2020

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) SAINTIFIK KEL B 14.1


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 14 / 1
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Tanaman / jenis pohon ( berkayu dan tidak berkayu )
KD                                  :  1.1–2.3–2.9–3.2–4.2–3. 3–4. 3    3 . 11 – 4 . 11 – 3 . 15 – 4 . 15
Materi                              :   -  Macam – macam tananam jenis pohon ( berkayu dan tidak berkayu )  
-   Berkreasi dengan bahan alam
-   Gotong royong
-   Mengucap terimakasih
-   Koordinasi motorik halus
-   Mengulang kalimat
-   Perbedaan warna                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Balok
                                           -   Daun nangka
                                           -   Kartu kata
                                            -   Papan titian
                                            -   Krayon
Karakter                          :   Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang tanaman jenis pohon ( berkayu )
3. Berdiskusi tentang menyebutkan bagian – bagian tanaman
4. Berjalan di atas papan titian ( dari kayu )
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati pohon yang ada di sekitar sekolah
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang pohon yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait pohon yang diamati.
Apa nama pohon tersebut ?
Ada apa saja pada pohon tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari pohon tersebut ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai pohon.
-   Guru memberikan pertanyaan tentang pohon.
·   Apa ciri-ciri pohon nangka?
·   Apa ciri –ciri pohon mangga?
·   Ada berapa pohon nangka?
·   Ada berapa pohon mangga?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat menunjukkan bagian-bagian tanaman
-   Anak dapat membuat topi dari daun nangka
-   Anak dapat menghubungkan bagian-bagian tanaman dengan kata
-   Bermain dengan balok-balok

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak




D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan bagian-bagian tanaman




Dapat menyebutkan tanaman jenis pohon berkayu




Dapat membuat topi dari daun-daunan




Keterampilan
Dapat bermain balok-balok




Dapat menghubungkan bagian-bagian tanaman dengan kata







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive