RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK 
Semester/Minggu
ke/Hari ke   :   I / 14 / 1
Hari
/tgl                           :   
Kelompok
usia                :   B
Tema/sub
tema                :   Tanaman / jenis pohon ( berkayu dan tidak
berkayu )
KD                                  :  1.1–2.3–2.9–3.2–4.2–3. 3–4. 3  –  3 .
11 – 4 . 11 – 3 . 15 – 4 . 15
Materi                              :   -  Macam
– macam tananam jenis pohon ( berkayu dan tidak berkayu )   
-   Berkreasi dengan bahan alam
-   Gotong royong
-   Mengucap terimakasih
-   Koordinasi motorik halus
-   Mengulang kalimat
-   Perbedaan warna                                                     
Kegiatan
main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman 
Alat
dan bahan                :  -  
Balok
                                           -   Daun nangka
                                           -   Kartu kata
                                            -   Papan titian
                                           
-   Krayon
Karakter                          :   Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi tentang
tanaman jenis pohon ( berkayu )
3. Berdiskusi
tentang menyebutkan bagian – bagian tanaman 
4. Berjalan di
atas papan titian ( dari kayu )
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
| 
Kegiatan | 
Aktivitas | 
| 
Mengamati | 
-   Anak mengamati pohon yang
  ada di sekitar sekolah  | 
| 
Menanya | 
-   Guru memberikan kesempatan
  kepada anak untuk bertanya tentang pohon yang telah diamati 
-   Dalam keadaan darurat guru
  memberikan pertanyaan terkait pohon yang diamati. 
Apa nama pohon tersebut ? 
Ada apa saja pada pohon tersebut ? 
Apa yang bisa diambil dari pohon tersebut ? | 
| 
Menalar / menggali informasi | 
-   Guru memberikan kesempatan
  kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai pohon. 
-   Guru memberikan pertanyaan
  tentang pohon. 
·   Apa ciri-ciri pohon nangka? 
·   Apa ciri –ciri pohon mangga? 
·   Ada berapa pohon nangka? 
·   Ada berapa pohon mangga? | 
| 
Menyimpulkan | 
-   Guru menyimpulkan
  informasi yang sudah terkumpul | 
| 
Mengkomunikasikan | 
-   Anak dapat menunjukkan
  bagian-bagian tanaman 
-   Anak dapat membuat topi
  dari daun nangka 
-   Anak dapat menghubungkan
  bagian-bagian tanaman dengan kata 
-   Bermain dengan balok-balok | 
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
| 
KI | 
INDIKATOR
  PENCAPAIAN PEMBELAJARAN | 
HASIL
  PENILAIAN | |||
| 
BB | 
MB | 
BSH | 
BSB | ||
| 
Sikap
  Spiritual | 
Dapat
  mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan |  |  |  |  | 
| 
Sikap
  Sosial | 
Menggunakan
  kata sopan pada saat bertanya |  |  |  |  | 
| 
Pengetahuan | 
Dapat
  menyebutkan bagian-bagian tanaman |  |  |  |  | 
| 
Dapat
  menyebutkan tanaman jenis pohon berkayu |  |  |  |  | |
| 
Dapat
  membuat topi dari daun-daunan |  |  |  |  | |
| 
Keterampilan | 
Dapat
  bermain balok-balok |  |  |  |  | 
| 
Dapat
  menghubungkan bagian-bagian tanaman dengan kata |  |  |  |  | |
 
No comments:
Post a Comment