Thursday, January 30, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 14.3


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 14 / 3
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Tanaman / jenis pohon ( tidak berkayu )
KD                                  :  1. 1  – 1 . 2 –  2 . 3 –  2 . 4 – 2 . 13 – 3 . 8 – 4 . 8    3 . 11 – 4 . 11.
Materi                              :   -     Macam – macam tananam jenis pohon ( berkayu dan tidak berkayu )   
-      Melestarikan tanaman
-      Berkreasi dengan bahan alam
-      Berkebun
-      Mengembalikan milik orang lain
-      Pertumbuhan  tanaman
-      Mengulang kalimat
                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Pelepah pisang
                                           -   Tinta
Karakter                          :   Menghargai prestasi                                        
                                         
                                                                                                 
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang tanaman jenis pohon  ( tidak berkayu )
3. Berdiskusi tentang menyebutkan bagian – bagian tanaman
4. Senam fantasi menirukan gerakan tanaman tertiup angin
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati pohon pisang yang ada di sekitar sekolah
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang pohon pisang yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait pohon pisang yang diamati.
Apa nama pohon tersebut ?
Ada apa saja pada pohon pisang tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari pohon pisang tersebut ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai pohon pisang.
-   Guru memberikan pertanyaan tentang pohon pisang.
·   Apa ciri-ciri pohon pisang?
·   Apa kegunaan dari daun pisang ?
·   Apa kegunaan dari buah pisang?
·   Dapat digunakan menjadi apa pelepah pisang?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat mencetak dengan pelepah pisang
-   Anak dapat membuat mainan dengan pelepah pisang
-   Anak dapat mengurutkan pertumbuhan pohon pisang
-   Anak dapat mengulang kalimat yang dimulai guru

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak



D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan manfaat pohon pisang




Dapat menceritakan pertumbuhan pohon pisang




Dapat menirukan gerakan tanaman tertiup angin




Keterampilan
Dapat membuat mainan dari pelepah pohon pisang




Dapat mencetak gambar dengan pelepah pisang







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive