RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 14 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Tanaman / jenis pohon ( tidak berkayu )
KD : 1. 1 –
1 . 2 – 2 . 3 – 2 . 4 – 2 . 13 – 3 . 8 – 4 . 8 – 3 .
11 – 4 . 11.
Materi : -
Macam – macam tananam jenis pohon ( berkayu dan tidak berkayu )
- Melestarikan tanaman
- Berkreasi dengan bahan alam
- Berkebun
- Mengembalikan milik orang lain
- Pertumbuhan tanaman
- Mengulang kalimat
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Pelepah pisang
-
Tinta
Karakter : Menghargai prestasi
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang tanaman jenis pohon ( tidak
berkayu )
3. Berdiskusi
tentang menyebutkan bagian – bagian tanaman
4. Senam fantasi
menirukan gerakan tanaman tertiup angin
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati pohon
pisang yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bertanya tentang pohon pisang yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait pohon pisang yang diamati.
Apa nama pohon tersebut ?
Ada apa saja pada pohon pisang tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari pohon pisang tersebut
?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai pohon pisang.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang pohon pisang.
· Apa ciri-ciri pohon pisang?
· Apa kegunaan dari daun pisang ?
· Apa kegunaan dari buah pisang?
· Dapat digunakan menjadi apa
pelepah pisang?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat mencetak dengan
pelepah pisang
- Anak dapat membuat
mainan dengan pelepah pisang
- Anak dapat mengurutkan
pertumbuhan pohon pisang
- Anak dapat mengulang kalimat
yang dimulai guru
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong
anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh
lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan manfaat pohon pisang
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan pertumbuhan pohon pisang
|
|
|
|
|
|
Dapat
menirukan gerakan tanaman tertiup angin
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat mainan dari pelepah pohon pisang
|
|
|
|
|
Dapat
mencetak gambar dengan pelepah pisang
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment