RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 14 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Tanaman / jenis pohon ( berkayu )
KD : 1.1–1.2–2.3– 3.2–4.2–3. 3 – 4 . 3 – 3 .
12 – 4 . 12 – 3 . 15 – 4 . 15
Materi : -
Macam – macam tananam jenis pohon ( berkayu dan tidak berkayu )
- Melestarikan tanaman
- Berkreasi dengan bahan alam
- Mengucap terimakasih
- Koordinasi motorik halus
- Pengenalan hutuf vokal dan konsonan
- Perbedaan warna
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Tempurung kelapa
-
Daun kelapa
-
Lidi - lidi
-
Kertas
- Pensil
- Krayon
Karakter : Tanggung jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang tanaman jenis pohon ( berkayu )
3. Berdiskusi
tentang menyebutkan bagian – bagian tanaman
4. Berjalan
dengan tempurung kelapa
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati pohon
kelapa yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bertanya tentang pohon kelapa yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait pohon kelapa yang diamati.
Apa nama pohon tersebut ?
Ada apa saja pada pohon kelapa tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari pohon kelapa tersebut
?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai pohon kelapa.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang pohon kelapa.
· Apa ciri-ciri pohon kelapa?
· Apa kegunaan dari daun kelapa ?
· Apa kegunaan dari buah kelapa?
· Dapat digunakan menjadi apa
tempurung kelapa?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menganyam bentuk
keris dari daun kelapa
- Anak dapat menghitung
lidi-lidi
- Anak dapat menggambar bentuk
pohon kelapa
- Anak dapat membuat garis
lengkung pada gambar pohon kelapa
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan manfaat pohon kelapa
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan bagian-bagian tanaman
|
|
|
|
|
|
Dapat
berjalan dengan tempurung kelapa
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat anyaman dari daun kelapa
|
|
|
|
|
Dapat
menghitung lidi-lidi
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment