Thursday, January 30, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 14.2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 14 / 2
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Tanaman / jenis pohon ( berkayu )
KD                                  :  1.1–1.2–2.3– 3.2–4.2–3. 3 – 4 . 3    3 . 12 – 4 . 12 – 3 . 15 – 4 . 15
Materi                              :   -     Macam – macam tananam jenis pohon ( berkayu dan tidak berkayu )  
-      Melestarikan tanaman
-      Berkreasi dengan bahan alam
-      Mengucap terimakasih
-      Koordinasi motorik halus
-      Pengenalan hutuf vokal dan konsonan
-      Perbedaan warna                                                      
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Tempurung kelapa
                                            -   Daun kelapa
                                            -   Lidi - lidi
                                            -   Kertas
                                            -   Pensil
                                           -   Krayon
Karakter                          :   Tanggung jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang tanaman jenis pohon ( berkayu )
3. Berdiskusi tentang menyebutkan bagian – bagian tanaman
4. Berjalan dengan tempurung kelapa
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati pohon kelapa yang ada di sekitar sekolah
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang pohon kelapa yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait pohon kelapa yang diamati.
Apa nama pohon tersebut ?
Ada apa saja pada pohon kelapa tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari pohon kelapa tersebut ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai pohon kelapa.
-   Guru memberikan pertanyaan tentang pohon kelapa.
·   Apa ciri-ciri pohon kelapa?
·   Apa kegunaan dari daun kelapa ?
·   Apa kegunaan dari buah kelapa?
·   Dapat digunakan menjadi apa tempurung kelapa?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat menganyam bentuk keris dari daun kelapa
-   Anak dapat menghitung lidi-lidi
-   Anak dapat menggambar bentuk pohon kelapa
-   Anak dapat membuat garis lengkung pada gambar pohon kelapa

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
       
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan manfaat pohon kelapa




Dapat menyebutkan bagian-bagian tanaman




Dapat berjalan dengan tempurung kelapa




Keterampilan
Dapat membuat anyaman dari daun kelapa




Dapat menghitung lidi-lidi







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive