RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 10 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Keamanan
KD : 1. 1 –
2 . 13 – 2 . 14 – 3 . 4 – 4 .4 – 3 . 9 –
4 . 9.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan
- Tidak mengambil milik orang lain
- Kebiasaan mengucap terimakasih
- Tata cara menjaga keamanan diri
- Pengenalan benda – benda berbahaya
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Bola
- Benda - benda
- Kertas
- Pensil
Karakter : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi tentang
pentingnya keamanan diri
3. Berdiskusi
tentang cara menjaga keamanan diri
4. Bermain bola
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar benda-benda yang berbahaya secara
bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya
tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan
terkait gambar yang diamati.
Sebutkan gambar apa saja yang kamu lihat ?
Kenapa benda-benda tersebut berbahaya ?
Apakah kalian pernah melihat benda tersebut ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan
pengetahuannya mengenai macam-macam benda – benda berbahaya.
- Guru memberikan pertanyaan tentang benda-benda berbahaya.
· Apa saja benda-benda yang berbahaya?
· Apa yang harus dilakukan jika melihat benda berbahaya ?
· Kapan kalian melihat benda-benda berbahaya?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat mengelompokkan benda yang membahayakan diri anak
- Anak dapat membedakan perbuatan benar dan salah
- Anak dapat menggambar benda-benda yang berbahaya
- Anak dapat bercerita tentang pengalaman
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan
yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai pentingnya keselamatan diri
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan cara menghindari benda-benda berbahaya
|
|
|
|
|
Dapat
melindungi diri dari tindak kekerasan
|
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan perbuatan benar dan salah
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menceritakan pengalamannya
|
|
|
|
|
Dapat
menjaga keamanan diri dalam bermain
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment