Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL. B MINGGU 6.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 6 / 5
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Lingkunganku / Sekolahku  (alat – alat permainan )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 3 – 2 . 9 – 3 . 2 – 4 . 2 – 3  . 4 – 4 . 4 –  3 . 9 – 4 . 9.      
Materi                              :   -    Menjaga dan melestarikan alat permainan di luar kelas
-          Berkreasi dengan berbagai media
-          Tolong menolong dengan teman
-          Membuang sampah pada tempatnya
-          Bersikap sopan pada orang tua
-          Pengenalan alat – alat sekolah
        
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Tangga
                                           -  Gambar ayunan
                                           -  Gunting
                                           -  Krayon
                                           -  Pensil
Karakter                          : Bersahabat dan komunikatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak untuk mengamati alat permainan di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Memanjat  bergantung dan berayun
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain


B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati alat-alat permainan yang ada di sekolah
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang alat-alat permainan sekolah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait  yang diamati.
Ada apa saja alat-alat permainan di sekolah ?
Ada berapa alat permainan di sekolah ?
Alat permainan apa saja yang ada di luar kelas ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai alat permainan di sekolah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang alat permainan di sekolah.
· Bagaimana alat permainan yang diamati?
· Ada berapa macam alat permainan di sekolah?
· Alat permainan apa saja yang ada di dalam kelas ?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menggunting gambar ayunan
- Anak dapat menggambar alat-alat permainan di luar kelas
- Anak dapat menirukan 2 urutan kata

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama



4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak



D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan



E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Menjaga dan merawat mainan di luar kelas




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat bermain bersama teman




Dapat menggunting gambar ayunan dengan rapi




Dapat menggambar alat permainan di luar kelas




Keterampilan
Dapat menirukan 2-3 uruta kata




Dapat memanjat, bergantung dan berayun di tangga majemuk






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive