RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 4 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Keluarga
KD : 2. 4 – 2. 3 – 2 .10 – 2 . 14 – 3 .2 – 4. 2 –
3 . 9 – 4 . 9.
Materi : -
Penataan lingkungan keluarga
-
Mau
bermain dengan teman
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Memperhatikan
orang tua bicara
-
Bersikap
sopan pada orang tua
-
Pengenalan
alat – alat rumah tangga
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Dakon
- Gambar koper
- Alat cocok
- Krayon, pensil
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang bicara sopan pada ayah & ibu
3. Berdiskusi
tentang mau bermain dengan teman di rumah
4. Becerita
tentang membersihkan rumah
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar ayah dan ibu
secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar siapa saja ini ?
Yang sebelah kanan gambar siapa ?
Yang sebelah kiri gambar siapa ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai ayah dan ibu.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang perbedaan tugas ayah dan ibu.
· Apa ciri-ciri gambar ayah?
· Apa ciri-ciri gambar ibu ?
· Mana yang termasuk barang milik ayah?
· Mana yang termasuk barang milik ibu?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menggambar sesuai angka yang
tersedia
- Anak dapat mencocok gambar koper
ayah
- Anak dapat memberi tanda pada perbuatan
benar dan salah
- Bermain dakon
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan
rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang
disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menghargai
kasih sayang orang tua
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
bermain bersama teman
|
|
|
|
|
Dapat
mencocok gambar dengan rapi
|
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan perbuatan benar dan salah
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menggambar sesuai angka
|
|
|
|
|
Dapat
bercerita tentang membantu membersihkan rumah
|
|
|
|
|
|
Dapat
bicara sopan dengan ayah dan ibu
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment