Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 4.3


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            
Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 4 / 3
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Lingkunganku / Keluarga
KD                                  :  2. 4 – 2. 3 – 2 .10 – 2 . 14 – 3 .2 – 4. 2 – 3 . 9 – 4 . 9.       
Materi                              :   -      Penataan lingkungan keluarga
-          Mau bermain dengan teman
-          Berkreasi dengan berbagai media
-          Memperhatikan orang tua bicara
-          Bersikap sopan pada orang tua
-          Pengenalan alat – alat  rumah tangga

Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Dakon
                                           -  Gambar koper
                                           -  Alat cocok
                                           -  Krayon, pensil
Karakter                          : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang bicara sopan pada ayah & ibu
3. Berdiskusi tentang mau bermain dengan teman di rumah
4. Becerita tentang membersihkan rumah
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar ayah dan ibu secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar siapa saja ini ?
Yang sebelah kanan gambar siapa ?
Yang sebelah kiri gambar siapa ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai ayah dan ibu.
- Guru memberikan pertanyaan tentang perbedaan tugas ayah dan ibu.
· Apa ciri-ciri gambar ayah?
· Apa ciri-ciri gambar ibu ?
· Mana yang termasuk barang milik ayah?
· Mana yang termasuk barang milik ibu?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menggambar sesuai angka yang tersedia
- Anak dapat mencocok gambar koper ayah
- Anak dapat memberi tanda pada perbuatan benar dan salah
- Bermain dakon

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak





D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Menghargai kasih sayang orang tua




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat bermain bersama teman




Dapat mencocok gambar dengan rapi




Dapat membedakan perbuatan benar dan salah




Keterampilan
Dapat menggambar sesuai angka




Dapat bercerita tentang membantu membersihkan rumah




Dapat bicara sopan dengan ayah dan ibu






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive