Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 9.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 9 / 5
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Pakaian ( perawatan pakaian )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 4 – 2 . 7 – 2 . 13  – 3 . 9 – 4 . 9 – 3  .10–4 . 10 – 3 . 14 – 4 . 14. 
Materi                              :   -      Bersyukur atas nikmat Tuhan (pakaian )
-          Gerakan sederhana
-      Tidak mengambil barang bukan miliknya
-      Berpakaian rapi
-      Pengenalan alat – alat perawatan pakaian
-      Konsep penjumlahan
-      Pakaian kesukaan                                                  
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Baju
                                           -  Setrika
                                           -  Gunting
                                           -  Kertas
                                           -  Pensil
Karakter                          :  Disiplin                                                
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati merawat pakaian
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang cara merawat pakaian
6. Menirukan gerakan mancuci baju
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar mencuci, melipat baju secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah yang dilakukan ibu pada gambar tersebut ?
Apa saja yang digunakan ibu untuk mencuci baju ?
Apa saja yang dilakukan setelah mencuci baju ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai gambar mencuci, melipat baju.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang gambar mencuci dan melipat.
·  Apa yang dilakukan setelah mencuci baju
·  Bagaimana cara menyetrika baju?
· Bagaimana cara mencuci baju?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat melipat baju dengan rapi
- Anak dapat menceritakan cara mencuci baju
- Anak dapat menggunting bentuk setrika
- Anak dapat menjumlahkan benda-benda




C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai hasil karya orang lain (baju)




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan cara merawat pakaian




Dapat menjumlahkan benda-benda




Keterampilan
Dapat melipat baju dengan rapi




Dapat menggunting gambar setrika




Dapat berpakaian rapi







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive