Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 7.3


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 7 / 3
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Makanan  (peralatan makan )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 6 – 3 . 3 – 4 . 3 – 3 . 6 – 3  . 6 – 3 . 12 – 4 .12.      
Materi                              :   -      Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan )
-          Tata tertib makan
-          Makan dengan tangan kanan
-          Meneruskan pola peralatan makan
-          Pengenalan alat untuk makan
-      Huruf awal sama
     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Peralatan makan
                                           -  Serbet
                                           -  Kertas
                                           -  Pensil
                                           -  Kartu angka
Karakter                          :  Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan gambar peralatan makan
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Bermain bawa kelereng dengan sendok
9. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar peralatan makan secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah gambar tersebut ?
Gambar tersebut termasuk peralatan makan apa ?
Peralatan makan Apa saja yang ada di rumah kamu?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai peralatan makan.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang gambar perlatan makan.
·  Ada berapa sendok pada gambar tersebut?
·  Apa kegunaan serbet makan?
·  Gambar peralatan makan apa saja yang ada?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat meneruskan pola gambar peralatan makan
- Anak dapat menghitung sendok sesuai angka
- Anak dapat melipat serbet makan
- Anak dapat mengelompokkan kata-kata sejenis

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak



D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri makanan sebagai anugerah Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan peralatan untuk makan




Dapat menceritakan cara mencuci piring




Dapat menghitng sendok sesuai angka




Keterampilan
Dapat melipat serbet makan




Dapat mengurutkan pola gambar peralatan makan







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive