Thursday, January 30, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 16.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 16 / 5
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Tanaman / Jenis sayur
KD                                  :  1. 1  – 2.2  – 2.13 – 3.2– 4.2–3. 3 – 4.3 – 3. 11 – 4 . 11 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi                              :   -   Macam – macam tananam jenis sayur
-    Mencoba hal baru
-    Mengembalikan milik orang lain
                                            -    Mengucap terimakasih
                                            -    Koordinasi motorik halus
                                            -    Mengulang kalimat
                                            -    Perbedaan warna sayuran
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Alat memasak sayur
                                           -   Mangkok
                                           -    Pensil
                                           -   Kertas
Karakter                          :   Kreatif                                   
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang cara memasak sayuran
3. Berdiskusi tentang  asupan gizi dari sayuran
4. Mengucap terimaksih setelah mendapat sesuatu
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati macam-macam sayuran yang disimpan di atas meja
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang macam-macam sayuran yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait macam-macam sayuran yang diamati.
Apa warna macam-macam sayuran tersebut ?
Ada berapa macam-macam sayuran di atas meja ?
Apa manfaat dari sayuran  ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai sayuran
-   Guru memberikan pertanyaan tentang sayuran.
·   Apa manfaat sayuran?
·  Apakah kamu suka makan sayuran?
·   Bagaimana cara memasak sayuran?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat menceritakan cara memasak sayur
-   Anak dapat mengisi mangkok dengan sayur
-   Anak dapat meniru pola bentuk mangkok sayur

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak






D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
     
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman sayur sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan manfaat sayur bagi tubuh kita




Dapat menceritakan cara memasak sayuran




Dapat menyajikan sayuran ke dalam mangkok




Keterampilan
Dapat meniru pola bentuk mangkok sayur





Dapat mengucap terima kasih jika memperoleh sesuatu






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive