RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 16 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Tanaman / Jenis sayur
KD : 1. 1 –
2.2 – 2.13 – 3.2– 4.2–3. 3 – 4.3 – 3. 11
– 4 . 11 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi : -
Macam – macam tananam jenis sayur
- Mencoba hal baru
- Mengembalikan milik orang lain
- Mengucap terimakasih
- Koordinasi motorik halus
- Mengulang kalimat
-
Perbedaan warna sayuran
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Alat
memasak sayur
- Mangkok
- Pensil
- Kertas
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang cara memasak sayuran
3. Berdiskusi
tentang asupan gizi dari sayuran
4. Mengucap
terimaksih setelah mendapat sesuatu
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati macam-macam
sayuran yang disimpan di atas meja
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bertanya tentang macam-macam sayuran yang telah
diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait macam-macam sayuran yang diamati.
Apa warna macam-macam sayuran tersebut ?
Ada berapa macam-macam sayuran di atas meja ?
Apa manfaat dari sayuran ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai sayuran
- Guru memberikan pertanyaan
tentang sayuran.
· Apa manfaat sayuran?
· Apakah kamu suka makan sayuran?
· Bagaimana cara memasak sayuran?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menceritakan cara
memasak sayur
- Anak dapat mengisi
mangkok dengan sayur
- Anak dapat meniru pola bentuk
mangkok sayur
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sayur sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan manfaat sayur bagi tubuh kita
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara memasak sayuran
|
|
|
|
|
|
Dapat
menyajikan sayuran ke dalam mangkok
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
meniru pola bentuk mangkok sayur
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengucap terima kasih jika memperoleh sesuatu
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment