RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 8 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Minuman (peralatan minuman )
KD : 1. 1 –
2 . 4 – 2 . 7 – 2 . 13 – 3 . 4 – 4 .4 –
3 . 6 – 4 .6.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan )
-
Gerakan
sederhana
-
Mentaati
tata tertib minum
-
Tidak
mengambil barang bukan miliknya
- Minum dengan tangan kanan
- Puzel
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Botol
- Air
- Gambar teko
-
Kertas / buku
- Pensil
Karakter : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar peralatan minuman
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang peralatan minuman
6. Menirukan
gerakan sederhana
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar peralatan
minuman secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apa saja peralatan minuman tersebut ?
Ada berapa gambar teko itu ?
Bagaimana cara mengisi botol dengan air?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai gambar peralatan
minuman.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang gambar peralatan minuman.
· Apa gunanya teko itu?
· apa saja yang boleh menggunakan
gelas minuman?
· Ada berapa jumlah botol minuman pada
gambar tersebut?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menyusunn puzal gambar
- Anak dapat mengisi botol dengan
air
- Anak dapat menghiasah gambar teko
- Anak dapat memasangkan benda sesuai pasangannya
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai milik orang lain
|
||||
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
||||
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan peralatan untuk minum
|
||||
Dapat
mengisi botol dengan air
|
|||||
Dapat
memasangkan benda sesuai pasangannya
|
|||||
Keterampilan
|
Dapat
menghiasi gambar teko
|
||||
Dapat
menirukan gerakan sederhana
|
No comments:
Post a Comment