RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 15 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Tanaman / Hias (Manfaatnya )
KD : 1.1–1.2– 2. 2–2.3–2.4–2. 10 – 3 .
6 – 4 . 6 – 3 . 8 – 4 . 8 – 3 . 12 – 4 . 12
Materi : -
Macam – macam tananam hias
- Melestarikan tanaman
- Menyiram bunga
- Berkreasi dengan bahan alam
- Berkebun
- Dapat bekerja kelompok
- Pengenalan bentuk – bentuk bunga
- Pertumbuhan tanaman
- Pengenalan huruf vokal dan
konsonan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Bunga
-
Kertas
- Pensil
Karakter : Komunikatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang atas nikmat Tuhan ( bunga )
3. Berdiskusi tentang manfaat bunga
4. Permaian fisik
( bunga tertutup bunga terbuka )
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar
bunga secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bertanya tentang gambar bunga yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait gambar bunga yang diamati.
Apa nama bunga tersebut ?
Ada apa saja pada bunga tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari bunga tersebut ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai bunga.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang bunga.
· Apa ciri-ciri bunga?
· Apa bagian-bagian dari bunga ?
· Apa kegunaan dari bunga?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat mengelompokkan
bunga berdasarkan bentuk
- Anak dapat melengkapi
huruf vocal nama bunga
- Anak dapat meneruskan pola
bagian-bagian bunga
- Anak dapat menyiram bunga
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan
anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan macam-macam bunga
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan huruf vokal nama-nama bunga
|
|
|
|
|
|
Dapat
melakukan permainan fisik
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
meneruskan pola bagian-bagian bunga
|
|
|
|
|
Dapat
mengelompokkan bunga berdasarkan bentuk/warna
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment