RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 10 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Kesehatan
KD : 1. 1 –
2 . 6 – 2 . 14 – 3 . 1 – 4 .1 – 3 . 9 –
4 . 9 – 3 . 14 – 4 .14.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (sehat )
- Mencoba membuat jamu dari kunyit
- Antri mengambil resep / obat
- Tata cara buang air besar yang benar
- Menyusun puzel bentuk botol obat
- Menirukan 3 – 4 urutan kata
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Kunyit
- Parut
- Saringan
- Pensil
Karakter : Rasa ingin tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang pentingnya kesehatan tubuh
3. Berdiskusi tentang
cara buang air besar yang benar
4. Bermain
lompat tali
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar alat-alat Kebersihan secara
bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya
tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan
terkait gambar yang diamati.
Apakah bentuk gambar tersebut ?
Gambar apa saja yang ada dalam gambar tersebut ?
Ada berapa gambar yang ada di rumahmu ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan
pengetahuannya mengenai macam-macam alat kebersihan.
- Guru memberikan pertanyaan tentang macam-macam alat kebersihan.
· Apa saja peralatan kebersihan?
· Apa kegunaan jamu kunyit ?
· Apa saja yang diperlukan untuk kebersihan?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menirukan 3 urutan kata
- Anak dapat melengkapi kata pada gambar alat-alat
kebersihan
- Anak dapat mencicipi jamu jawa dari kunyit
- Anak dapat bermain puzzle
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai hidup sehat
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan cara menjaga kesehatan
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara buang air besar yang benar
|
|
|
|
|
|
Dapat
membuat jamu jawa dari kunyit
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menyebutkan alat-alat kesehatan
|
|
|
|
|
Dapat
melengkapi kata
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment