Tuesday, January 14, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 10.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 10 / 4
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Kesehatan
KD                                  :  1. 1  – 2 . 6 – 2 . 14 – 3 . 1 – 4  .1 – 3 . 9 – 4 . 9 – 3 . 14 – 4 .14.
Materi                              :   -      Bersyukur atas nikmat Tuhan (sehat )
-      Mencoba membuat jamu dari kunyit
-      Antri mengambil resep / obat
-      Tata cara buang air besar yang benar
-      Menyusun puzel bentuk botol obat
-      Menirukan 3 – 4 urutan kata                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Kunyit
                                            -  Parut
                                           -  Saringan
                                            -  Pensil
Karakter                          :  Rasa ingin tahu                                                 
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang pentingnya kesehatan tubuh
3. Berdiskusi tentang cara buang air besar yang benar
4. Bermain lompat tali
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar alat-alat Kebersihan secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah bentuk gambar tersebut ?
Gambar apa saja yang ada dalam gambar tersebut ?
Ada berapa gambar yang ada di rumahmu ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai macam-macam alat kebersihan.
- Guru memberikan pertanyaan tentang macam-macam alat kebersihan.
· Apa saja peralatan kebersihan?
· Apa kegunaan jamu kunyit ?
· Apa saja yang diperlukan untuk kebersihan?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menirukan 3 urutan kata
- Anak dapat melengkapi kata pada gambar alat-alat kebersihan
- Anak dapat mencicipi jamu jawa dari kunyit
- Anak dapat bermain puzzle

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak




D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
        
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai hidup sehat




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan cara menjaga kesehatan




Dapat menceritakan cara buang air besar yang benar




Dapat membuat jamu jawa dari kunyit




Keterampilan
Dapat menyebutkan alat-alat kesehatan




Dapat melengkapi kata






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive