RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 10 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Kebersihan Badan
KD : 1. 1 –
2 . 4 – 3 . 4 – 4 . 4 – 3 .6 – 4 . 6 – 3
. 12 – 4 . 12 – 3 .14 – 3 14.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (menjaga kebersihan badan )
- Gerakan sederhana
- Tata cara mandi ,menggosok gigi
- Pengenalan alat – alat untuk menggosok gigi
- Huruf awal sama
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Peralatan menggosok gigi
- Sikat
- Kertas
- Pensil
Karakter : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang pentingnya kebersihan gigi
3. Berdiskusi
tentang cara menggosok gigi
4. Menirukan
gerakan menggosok gigi
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati sikat gigi, pasta gigi yang dibawa guru
secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya
tentang benda yang dipegang guru
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan
terkait benda yang dipegang guru.
Apakah kegunaan pasta gigi ?
Apakah kegunaan sikat gigi ?
Apakah kalian suka sikat gigi ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan
pengetahuannya mengenai peralatan untuk membersihkan gigi.
- Guru memberikan pertanyaan tentang macam-macam peralatan
untuk membersihkan gigi.
· Apa saja peralatan kebersihan gigi?
· Apa kegunaan kita menyikat gigi ?
· Berapa kali kita harus sikat gigi?
· Berapa jumlah sikat gigi yang ada ini?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menggosok gigi
- Anak dapat membuat sikat, pasta gigi denganplastisin
- Anak dapat membuat gambar dengan menjiplak sikat gigi
- Anak dapat menghitung jumlah sikat lalu menulis angkanya
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai kebersihan diri sendiri
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan tata cara menggosok gigi
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan dan mengelompokkan peralatan menggosok gigi
|
|
|
|
|
|
Dapat
menghitung jumlah sikat
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
bercerita akibat tidak menggosok gigi
|
|
|
|
|
Dapat
menggosok gigi dengan benar
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment