RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 5 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Rumahku ( ruangan –ruangan )
KD : 1. 2 – 2. 3 – 2 .4 – 2 . 9 – 3 . 6 – 4 . 6 –
3 . 9 – 4 . 9 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi : -
Menjaga kelestarian lingkungan rumah
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Penataan
ruang tamu
-
Gotong
royong membuat rumah
-
Konsep
bilangan
-
Pengenalan
ruangan – ruangan rumah
-
Gerakan
tari
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Balok - balok
- Buku gambar
- Kertas
- Pensil , krayon
Karakter : Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang kelestarian lingkungan rumah
3. Bercerita
tentang penataan ruang tamu
4. Bergerak
bebas sesuai irama musik
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati rumah yang ada
di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang rumah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait yang diamati.
Ruangan apa saja yang ada dalam rumah ?
Apa fungsi ruangan dalam rumah ?
Dimana ruangan kamu tidur ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai rumah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang rumah
yang ada di sekitar sekolah dengan rumah anak.
· Bagaimana bentuk rumah yang diamati?
· Apa warna rumah kalian?
· Ada berapa rumah yang didekat sekolah?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menyebutkan ruangan-ruangan
yang ada di rumah
- Anak dapat melipat kertas
menjadi bentuk rumah
- Anak dapat menjumlahkan gambar rumah
- Anak dapat melengkapi kata di bawah gambar
rumah
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menghargai
bahwa rumah adalah Karunia Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah
|
|
|
|
|
Dapat
melipat kertas menjadi bentuk rumah
|
|
|
|
|
|
Dapat
menghitung hasil penjumlahan dengan benda-benda
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
melengkapi tulisan dibawah gambar
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menjaga kelestarian rumah
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment