Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 5.2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 5 / 2
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Lingkunganku / Rumahku ( ruangan –ruangan )
KD                                  :  1. 2 – 2. 3 – 2 .4 – 2 . 9 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 . 9 – 4 . 9 – 3 . 15 – 4 . 15.       
Materi                              :   -      Menjaga kelestarian lingkungan  rumah
-          Berkreasi dengan berbagai media
-          Penataan ruang tamu
-          Gotong royong membuat rumah
-          Konsep bilangan
-          Pengenalan ruangan – ruangan  rumah
-          Gerakan tari
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Balok - balok
                                           -  Buku gambar
                                           -  Kertas
                                           -  Pensil , krayon
Karakter                          : Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang kelestarian lingkungan rumah
3. Bercerita tentang penataan ruang tamu
4. Bergerak bebas sesuai irama  musik
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati rumah yang ada di sekitar sekolah
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang rumah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait  yang diamati.
Ruangan apa saja yang ada dalam rumah ?
Apa fungsi ruangan dalam rumah ?
Dimana ruangan kamu tidur ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai rumah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang rumah yang ada di sekitar sekolah dengan rumah anak.
· Bagaimana bentuk rumah yang diamati?
· Apa warna rumah kalian?
· Ada berapa rumah yang didekat sekolah?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menyebutkan ruangan-ruangan yang ada di rumah
- Anak dapat melipat kertas menjadi bentuk rumah
- Anak dapat menjumlahkan gambar rumah
- Anak dapat melengkapi kata di bawah gambar rumah

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak





D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
  KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Menghargai bahwa rumah adalah Karunia Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah




Dapat melipat kertas menjadi bentuk rumah




Dapat menghitung hasil penjumlahan dengan benda-benda




Keterampilan
Dapat melengkapi tulisan dibawah gambar




Dapat menceritakan cara menjaga kelestarian rumah






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive