Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 9.2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 9 / 2
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Jenis Pakaian ( seragam sekolah )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 4 – 2 . 7 – 2 . 14  – 3 . 3 – 4 . 3 – 3  .5 – 4 . 5. 
Materi                              :   -      Bersyukur atas nikmat Tuhan (pakaian )
-          Gerakan sederhana
-      Kebiasaan mengucap terimakasih
-      Budaya antri
-      Memakai baju sesuai ukuran
-      Puzel        
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Puzel
                                           -  Baju , topi ,dasi
                                           -  Gambar baju
                                           -  Kertas
Karakter                          :   Disiplin                                               
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar seragam sekolah
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang seragam
6. Lomba mengancingkan baju
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar seragam sekolah secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah gambar tersebut ?
Gambar tersebut termasuk jenis pakaian apa ?
Siapa saja yang memakai pakaian tersebut ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai gambar pakaian.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang gambar pakaian.
·  Apa ciri-ciri baju seragam?
·  apa warna baju seragam?
·  Sebutkan bagian-bagian seragam?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat mengelompokkan baju seragam untuk sekolah
- Anak dapat mewarnai gambar baju sekolah
- Anak dapat menghitung baju
- Anak dapat menyusun puzzle untuk baju

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak





D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai hasil karya orang lain (baju)




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat mengelompokkan pakaian untuk sekolah




Dapat menghitung baju dengan benar




Keterampilan
Dapat mewarnai gambar baju seragam sekolah




Dapat mengikuti perlombaan secara sportif




Dapat menyusun puzel







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive