Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 4.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            
Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 4 / 5
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Lingkunganku / Keluarga
KD                                  :  2. 1 – 2.4 – 2 .11 – 3 . 1 – 4 . 1 – 3  .5 – 4. 5 – 3 . 9 – 4 . 9       
Materi                              :   -    Kebersihan lingkungan
-          Penataan lingkungan keluarga
-          Berkreasi dengan berbagai media
-          Menyanyi lagu kucingku
-          Mencari jejak
-          Pengenalan alat – alat  dalam keluarga
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Maze
                                            -  Plastisin
                                            -  Pensil
                                            -  Buku / kertas
Karakter                          : Cinta Damai

Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang membantu membesihkan rumah
3. Berdiskusi  tentang binatang piaraan
4. Menyanyi lagu kucingku
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar binatang peliharaan secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar hewan apa ini ?
Yang sebelah kanan gambar apa ?
Yang sebelah kiri gambar apa ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai hewan peliharaan.
- Guru memberikan pertanyaan tentang hewan peliharaan.
· Apa ciri-ciri gambar kucing?
· Apa ciri-ciri gambar kelinci ?
· Apa yang dimakan kucing ?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat mencari jejak gambar binatang peliharaan
- Anak dapat mengurutkan bilangan
- Anak dapat membuat bentuk dari plastisin
- Anak dapat menebali suku kata awal sama

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak






D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
                  
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Menghargai kasih sayang orang tua




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan tentang kegiatan di rumah




Dapat menceritakan tentang kegiatan binatang piaraan di rumah




Dapat mencari jejak gambar binatang piaraan




Keterampilan
Dapat membuat bentuk dengan plastisin




Dapat menebali suku kata awal sama







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive