RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 4 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Keluarga
KD : 2. 1 – 2.4 – 2 .11 – 3 . 1 – 4 . 1 – 3 .5 – 4. 5 – 3 . 9 – 4 . 9
Materi : -
Kebersihan lingkungan
-
Penataan
lingkungan keluarga
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Menyanyi
lagu kucingku
-
Mencari
jejak
-
Pengenalan
alat – alat dalam keluarga
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Maze
- Plastisin
-
Pensil
-
Buku / kertas
Karakter : Cinta Damai
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang membantu membesihkan rumah
3.
Berdiskusi tentang binatang piaraan
4. Menyanyi lagu
kucingku
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar binatang
peliharaan secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar hewan apa ini ?
Yang sebelah kanan gambar apa ?
Yang sebelah kiri gambar apa ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai hewan peliharaan.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang hewan peliharaan.
· Apa ciri-ciri gambar kucing?
· Apa ciri-ciri gambar kelinci ?
· Apa yang dimakan kucing ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat mencari jejak gambar binatang
peliharaan
- Anak dapat mengurutkan bilangan
- Anak dapat membuat bentuk dari plastisin
- Anak dapat menebali suku kata awal sama
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menghargai
kasih sayang orang tua
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan tentang kegiatan di rumah
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan tentang kegiatan binatang piaraan di rumah
|
|
|
|
|
|
Dapat
mencari jejak gambar binatang piaraan
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat bentuk dengan plastisin
|
|
|
|
|
Dapat
menebali suku kata awal sama
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment