RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 17 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Tanaman / Jenis buah
KD : 1. 1
– 1 . 2 – 2 . 3
– 2 . 4 – 2 . 10 – 3 . 2 – 4 . 2
– 3 . 6 – 4 . 6.
Materi : - Macam
– macam tananam jenis buah
- Melesarikan tanaman
- Berkreasi dengan bahan alam
- Berkebun
- Dapat bekerja kelompok
-
Mengucap terimakasih
- Pengenalan
bentuk – bentuk buah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Buah
– buahan ( miniatur / sungguhan )
-
Pensil
- Kertas
Karakter : Peduli sosial
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang macam – macam buah dan bentuknya
3. Berdiskusi tentang
manfaat buah bagi tubuh
4. Lomba
mengelompokkan buah – buahan dari plastik
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati macam-macam
buah yang disimpan di atas meja
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bertanya tentang macam-macam buah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait macam-macam buah yang diamati.
Apa warna macam-macam buah tersebut ?
Ada berapa macam-macam buah di atas meja ?
Apa manfaat dari buah ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai buah-buahan
- Guru memberikan pertanyaan
tentang buah-buahan.
· Apa manfaat buah-buahan?
· Apakah kamu suka makan buah-buahan?
· Bagaimana cara menanam buah
Jeruk?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat mengelompokkan buah
yang berbentuk bulat
- Anak dapat meniru
menulis nama-nama buah yang bentuknya bulat
- Anak dapat menceritakan cara
menanam buah jeruk
- Anak dapat menghitung buah jeruk
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku
yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sayur sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan macam buah-buahan
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan bentuk buah-buahan
|
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan manfaat buah bagi tubuh manusia
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menghitung jumlah buah dengan benar
|
|
|
|
|
|
Dapat
menulis nama-nama buah yang berbentuk bulat
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment