Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 6.2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
                             

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 6 / 2
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Lingkunganku / Sekolahku
KD                                  :  2. 1  – 2 . 3 – 2 . 6 – 2 . 9 – 3  . 1 – 4 . 1 –  3 . 15 – 4 . 15.      
Materi                              :   -      Kebersihan lingkungan sekolah
-          Berkreasi dengan berbagai media
-          Memakai seragam sekolah
-          Tolong menolong dengan teman
-          Menyanyi lagu Taman yang paling indah
-          Gerakan senam        
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar baju seragam
                                           -  Topi dan dasi
                                           -  Pensil
                                           -  Krayon
Karakter                          :  Peduli Lingkungan
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati sekolah
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Gerak dan lagu
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati bangunan sekolah dari luar
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang bangunan sekolah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait  yang diamati.
Siapa saja yang ada di sekolah ?
Anak yang bersekolah menggunakan apa ?
Kalau ada sampah di sekolah harus diapakan ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai lingkungan sekolah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang lingkungan sekolah.
· Bagaimana kebersihan lingkungan sekolahmu?
· ada siapa saja di sekolah ini?
· Apa warna baju seragam yang dipakai di sekolah?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat mewarnai gambar baju seragam
- Anak dapat menghitung dasi/topi
- Anak dapat menebali kata di bawah gambar sekolahku

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak


D. PENUTUP      
1.      Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan



E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mampu bekerja sama dan tolong menolong dengan teman




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan seragam yang dipakai untuk sekolah




Dapat menjaga kebersihan




Dapat menghitung benda dengan benar




Keterampilan
Dapat mewarnai baju seragam dengan rapi




Dapat menebali kata dibawah gambar







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive