Thursday, January 23, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 12.1


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 12 / 1
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Binatang / Hidup di air (jenisnya )
KD                                  :  1. 1–2.3–2. 5 –  3 . 2 – 4 . 2 – 3  . 6 – 4 . 6 – 3 .13– 4 .13 – 3 .15 – 4 .15.
Materi                              :   -      Macam – macam binatang hidup di air
-      Gambar binatang yang hidup di air
-      Cerita  pengalaman anak
-      Tidak menyakiti binatang
-      Konsep bilangan
-      Mau bermain dengan teman
-      Tertarik pada aktifitas seni                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Balok - balok
                                           -   Buku gambar
                                           -   Gunting
                                           -   Kertas
                                           -   Krayon
Karakter                          :  Rasa Ingin Tahu

Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar ikan
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang ikan
6. Menyanyi lagu ikanku
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar ikan secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kalian lihat ?
Ada berapa ikan pada gambar ?
Ikan hidup dimana ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai ikan.
- Guru memberikan pertanyaan tentang ikan.
·      Apa ciri-ciri ikan ?
·      Dimana tempat hidup ikan ?
·      Apakah ikan dapat hidup di akuarium?
·      Apakah kalian di rumah memiliki ikan?
Menyimpulkan
-       Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-       Anak dapat bercerita tentang ikan piaraannya
-       Anak dapat membuat berbagai bentuk ikan dari kertas
-       Anak dapat membuat aquarium dari balok-balok
-       Anak dapat mencari jejak menuju aquarium

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya


5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan jenis-jenis ikan




Dapat menyebutkan ciri-ciri binatang yang hidup di air




Dapat menceritakan binatang piaraannya




Keterampilan
Dapat membuat bentuk ikan dari berbagai media




Dapat membuat bentuk dari balok-balok







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive